10+ Cara Budi Daya Burung Ciblek Kristal

Burung ciblek yang disebut burung kicau memiliki ukuran kecil ini mempunyai beberapa macam sebutan seperti burung ciblek kapas, ciblek kuning serta ciblek kristal berlainan dengan budidaya burung anis merah yang termasuk juga type burung tengah.

Baca Juga : 5 hal penting yang harus anda ketahui sebelum kontes kenari

Ciblek kristal mempunyai ciri fisik seperti bulu sisi punggung berwarna hitam agak kebiruan, bentuk badan baik memanjang, nada tembakan yang bening, rapat serta panjang, bulu dibagian dada sampai pangkal ekor berwarna putih polos serta warna abu abu di seputar leher berupa seperti kalung.

Sedang untuk budidaya burung ciblek kristal sebetulnya hampir sama dengan ciblek lainnya seperti yang akan gacormania bahas di bawah ini.

Persiapan Kandang Budidaya
Untuk persiapan awal budidaya ciblek kristal, kandang jadi salah satunya perihal yang begitu terpenting. Ukuran minimum kandang yang dapat dipakai ialah 60 cm x 90 cm x 90 cm. Isi sisi dalam kandang dengan tanaman semak supaya tampak seperti alam aslinya. Bila ada lebih dari 1 pasang ciblek kristal, gunakanlah kandang dengan konstruksi tertutup pada satu kandang dengan kandang yang lain. Yakinkan tempat kandang jauh dari masalah baik nada bising atau binatang yang lain.

Pilih Indukan
Dalam semua budidaya type burung seperti langkah pelihara burung murai, pilih indukan jadi salah satunya aspek terpenting yang perlu dikerjakan. Pilih indukan dalam budidaya ciblek kristal juga jadi perihal terpenting supaya hasil anakan juga berkualitas. Untuk ciri jantan berkualitas ialah sehat serta tidak mempunyai cacat badan, telah jinak, mempunyai nada yang telah mengkristal, badan besar, memiliki karakter fighter tinggi, memiliki nada tembakan serta telah berusia lebih dari 1 tahun. Sedang untuk indukan betina ialah sehat serta tidak mempunyai cacat badan, agresif, telah berusia lebih dari 6 bulan.

Memperbedakan Type Kelamin Indukan
Untuk memperbedakan pada ciblek kristal jantan dengan betina, ada cara-cara yang dapat dilakukan yaitu dengan melihat ciri ciri fisik dari indukan yang berlainan dengan ciri ciri pleci merapi.

  • Ukuran badan ciblek kristal jantan semakin besar dari betina.
  • Kicauan ciblek kristal lebih aktif dibanding betina.
  • Ekor ciblek kristal jantan lebih panjang serta warna sayap yang lebih gelap dibanding betina.
  • Ciblek kristal jantan memiliki warna paruh bawah putih dengan ujung hitam atau hitam menyeluruh. Sedang untuk betina mempunyai paruh bawah yang berwarna putih pucat.
  • Burung ciblek kristal memiliki kuku yang tampak kusam saat muda sedang untuk betina mempunyai kuku yang tampak bersih.

Penjodohan Ciblek Kristal
Untuk proses penjodohan ciblek kristal, burung ciblek kristal jantan serta betina dapat didekatkan pada kandang yang berlainan saat 1 hari apabila masih tetap belumlah ada tanggapan jadi jauhkan lebih dulu agar tidak sama-sama lihat seperti langkah budidaya parkit mata merah. Ulangilah langkah yang sama di hari selanjutnya serta imbuhkan dengan EF yaitu 1 sendok teh ulat hongkong saat pagi hari, 1/2 sendok makan kroto pada siang hari serta 2 ekor jangkrik untuk sore hari.

Calon indukan yang telah sama-sama menanggapi tampak dari ke-2 burung yang berkicau sama-sama bersahutan dengan irama yang cocok. Akan tetapi janganlah langsung dikumpulkan dalam kandang yang sama serta jagalah jarak pada indukan tetapi masih dapat sama-sama lihat serta kadang-kadang dijauhkan kembali. Kerjakan langkah tersebut berkali kali sampai sama-sama berjodoh.

Baca Juga : tips ampuh merawat burung prenjak

Persiapan Sarang Ciblek Kristal
Untuk persiapan sarang ciblek kristal yaki tempat bertelur atau sarang dapat menggunakan gelas plastik atau dapat juga memakai kotak kayu yang seukuran sama juga dengan gelas.
Isi wadah itu dengan serat nanas atau rumput kecil kering serta dapat juga daun cemara yang telah dikeringkan.

Pakan Induk Waktu Pengeraman
Telur ciblek kristal akan menetas setelah 11 hari pengeraman serta jagalah ketenangan supaya burung tidak terganggu. Imbuhkan dengan EF yaitu 6 ekor ulat hongkong saat pagi hari yang dapat didapat dari budidaya ulat hongkong, 1 sendok teh kroto pada siang hari serta 2 ekor jangkrik atau 2 sendok teh sampah jangkrik untuk menahan birahi selama saat pengeraman.

Proses Pengeraman
Ciblek kristal betina akan mengerami telur setelah sejumlah 2 sampai 3 butir. Induk jantan mesti selekasnya dipisahkan pada sangkat yang lain bila betina telah tampak mengeram karena bila betina dengar nada jantan, jadi betina akan keluar serta tidak mengerami telur tiap-tiap dengar nada jantan berlainan dengan ciri ciri burung merpati ingin bertelur.

Ciblek kristal betina akan mengerami telur pada 12 sampai 14 hari. Waktu anak pertama telah menetas, janganlah satukan dahulu induk jantan serta membantu dengan memberi pakan berbentuk potongan jangkrik atau kroto tiap-tiap 1 jam sekali. Aoabila semua telur telah menetas serta anakan berusia 5 hari, jadi piyikan dapat dikasih lolohan ulat hongkong warna putih serta indukan jantan dapat dikumpulkan kembali supaya bisa menolong meloloh anakan ciblek.

Penyapihan Piyik Ciblek Kristal
Penyapihan piyikan ciblek kristal dapat dikerjakan setelah 4 sampai 5 hari yaitu panen awal sebab bila disapih setelah berusia 5 hari, akan tingkatkan resiko piyik yang dibuang induk sebab tingkat birahi ciblek tengah labil.

Pakan Anakan Ciblek Kristal
Setelah disapih, piyikan ciblek kristal yang berusia 8 hari dapat dikasih pakan berbentuk kroto fresh yang digabung dengan serutan kalk yang dapat dibeli di apotik sekitar 1 butir kalk yang dapat digunakan pada 7 sampai 10 hari yang tentu saja berlainan lewat cara menjaga burung flamboyan. Setelah berusia di atas 8 hari, jadi piyikan dapat dikasih pakan penambahan yaitu voer yang diencerkan hingga berupa adonan yang digabung dengan serutan kalk dan kroto fresh.

Supaya tulang piyikan dapat makin bertambah kuat, jadi dapat dikasihkan sekitar 5 sampai 7 kali dalam bagian kecil. Setelah berusia 22 hari, piyikan umumnya bisa makan sendiri hingga dapat dikasihkan kroto fresh pada tempat pakan piyikan yang digabung dengan voer kering. Setelah berusia 1 bulan, piyikan baru dapat dikasihkan pakan berbentuk voer.

Pakan Harian serta EF Ciblek Dewasa
Berlainan dengan pakan ciblek kristal anakan, pakan ciblek kristal dewasa dapat dikasih jangkrik yang telah dibuang sisi kepala, sayap serta kakinya yang dapat juga dikasihkan untuk pakan dalam langkah pelihara burung murai. Sedang pakan lainnya yang dapat dikasihkan salah satunya ialah:

  • Voer memiliki tekstur lembut
  • Kroto
  • Ulat kandang atau ulat hongkong
  • Susu bubuk untuk kombinasi voer

Menangani Induk Mengonsumsi Telur
Terdapat beberapa pemicu indukan ciblek kristal mengonsumsi telurnya sendiri yang baru ditetaskan seperti kekurangan fosfor serta kalsium. Untuk menangani hal itu, beri penambahan mineral serta vitamin pada induk burung seperti Orbitd atau juga bisa menggunakan pakan spesial untuk memenuhi keperluan nutrisi induk. Tempatkan juga sarang pada tempat yang lebih gelap serta terlindung dari sinar. Kandang juga tidak bisa ditempatkan sangat dekat dengan lantai serta ketinggian optimal ialah 2 mtr. dan kurangi pemberian EF bila burung tampak over birahi.

Baca Juga : tips sukses ternak kenari

Pemasangan Ring
Untuk anakan ciblek kristal yang telah berusia pada 10 sampai 15 hari bisa dipasangi dengan ring kode yang bermanfaat untuk mengetahui burung hasil tangkaran waktu di pasarkan seperti dalam langkah menjaga kacer akan. Semakin lebih baik bila menggunakan ring yang telah didaftarkan pada komune atau perkumpulan agar dapat mendapatkan nomer ID yang akan dipasang pada ring itu hingga gampang dikenali waktu dibutuhkan.

Menangani Ciblek Kristal OB
Ada banyak ciri dari ciblek kristal yang OB atau over birahi salah satunya ialah seringkali keluarkan nada waktu sendirian atau waktu dengar ciblek kristal yang lain, seringkali menggigit serta membawa pakan sekalian kadang-kadang keluarkan nada kecil dan tampak seringkali mencabuti bulu. Untuk menangani ciblek kristal yangs edang OB, ada cara-cara yang dapat anda kerjakan seperti langkah turunkan birahi lovebird betina di bawah ini:

  • Kurangi atau hentikan pemberian serang berprotein tinggi seperti jangkrik serta ulat hongkong.
  • Teratur memandikan burung waktu pagi, siang serta sore dan therapy mandi malam 1 sampai 2 kali dalam satu minggu.
  • Imbuhkan mentimun untuk pakan ciblek yang dapat digantung dalam kandang atau diperas serta dikasihkan menjadi minum.

Perawatan Harian Ciblek Kristal
Dalam budidaya ciblek kristal juga memerlukan perawatan harian yang bermanfaat untuk mengawasi kesehatan dan kualitas dari burung seperti langkah pelihara burung kenari. Tahapan-tahapan yang perlu dikerjakan sehari-hari salah satunya ialah:

  • Jemur ciblek kristal sekurang-kurangnya 2 jam satu hari yang dapat dikerjakan saat pagi sebelum mandi dan setelah mandi.
  • Waktu memandikan ciblek kristal yakinkan supaya semua tubuh basah kuyup lewat cara memakai keramba.
  • Yakinkan tempat budidaya aman serta tenang dan jauh dari predator supaya emosi burung tidak terganggu.
  • Membersihkan kandang secara teratur untuk mengawasi kesehatan ciblek kristal.
  • Latih fisik ciblek kristal lewat cara umbar supaya fisik serta mental burung dapat terbangun dengan baik sekitar 2 kali dalam satu minggu.
  • Untuk mengasah mental, tempel ciblek kristal jantan dengan burung muda atau betina sekurang-kurangnya 2 kali satu minggu dengan waktu seputar 2 jam.

Menangani Penyakit Ciblek Kristal
Dalam budidaya ciblek kristal juga sering burung terkena penyakit yang memerlukan perlakuan berlainan. Beberapa macam penyakit yang seringkali dihadapi seperti penyakit pada burung nuri serta langkah mengatasinya dapat anda lihat berikut ini.

  • Stres: Berlangsung sebab salah perawatan, lingkungan serta kandang yang bila dilewatkan akan membuat burung mati dengan tanda-tanda seperti tidak ingin makan, tidak ingin berkicau serta seringkali menabrak dinding kandang. Untuk mengatasinya, beri vitamin anti stres, kerodong dan letakkan pada ruang jauh dari kebisingan sekalian dikasihkan EF.
  • Kaki abuh: Kaki abuh dapat berlangsung sebab benda tajam, tangkringan tidak nyaman serta gigitan serangga dengan tanda-tanda seperti jalan tampak pincang, kaki abuh serta mengeras. Untuk menangani penyakit ini, kompres kaki burung dengan kompres hangat dengan teratur serta beri EF dan multivitamin.
  • Berak kapur: Berak putih seperti warna kapur dapat tampak dari keadaan burung yang makin lemah serta kotoran berupa cair warna putih yang tampak seperti kapur karena disebabkan kualitas pakan jelek serta kebersihan tidak dijaga. Untuk mengatasinya, membersihkan kandang secara teratur serta imbuhkan pakan berkualitas.

Itu penjelasan dari gacormania mengenai langkah budidaya burung ciblek kristal yang bisa anda kerjakan. Semua langkah di atas mesti ditangani dengan telaten serta teratur supaya hasil anakan ciblek dapat berkualitas serta mempunyai harga jual yang tinggi serta menguntungkan. Mudah-mudahan bermanfaat. Terimakasih. Salam Gacor Mania.

Baca Juga : 12 manfaat daun kangkung untuk burung kenari

10+ Cara Budi Daya Burung Ciblek Kristal | admin | 4.5