12 Manfaat Daun Kangkung Untuk Burung Kenari

Pada kesempatan sebelumnya, kita telah mengulas mengenai manfaat daun singkong dan daun kemangi untuk kenari yang begitu banyak khasiatnya. Selain daun ubi singkong dan daun kemangi, adapula daun kangkung yang juga banyak manfaatnya bagi burung kenari, beberapa periset mengatakan sebenarnya daun kangkung kenyataannya bagus untuk kenari yang tengah alami suaranya yang serak/macet. Nah dibawah ini akan gacormania ulas mengenai manfaat daun kangkung bagi burung kenari.

 

 

Baca Juga : 7 manfaat jagung muda untuk burung kenari

MASALAH PADA BURUNG KENARI

Perihal yang utama ialah bagaimana bila kenari yang tengah kita pelihara ada masalah dalamhal kurang nafsu makan atau kenari yang dahulunya seringkali bunyi terus macet serta tidak kencang lagi.  Ada banyak masalah yang butuh anda cermat, yaitu:

a. Kenari terkena penyakit yang menyebabkan suaranya menjadi serak atau hilang.

b. Kenari tidak sempat dikerodong waktu malam hari, jadi mengalami kondisi yang sama pada manusia yaitu masuk angin.

c. Kenari diserang infeksi pada bagian tenggorokannya, lebih dikarenakan infeksi tungau kantung hawa.

d. Air belum pernah di ganti hingga mengakibatkan tempat penampungan air di kandang jadi lumutan, dan tidak sengaja terminum oleh kenari serta menyebabkan kenari lemas serta lesu.

Langkah mengatasainya:

  • Bila kenari terkena penyakit serta menyebabkan suaranya menjadi serak anda dapat memberi multivitamin atau vitamin tambahan.
  • Anda sebaiknya memakaikan kerodong pada malam hari. Sebab tidak hanya mengawasi kenari terserang serangan nyamuk, kerodong juga berperan membuat perlindungan dari sinar terang serta kenari akan tidur pulas pada malam hari.
  • Karena kantung hawa begitu penting serta punya potensi sekali untuk kenari mengeluarkan nada kicaunya, anda sebaiknya menghindarklan kenari dari hawa yang berlebih misalnya kipas angin, ventilasi hawa ataupun angin ribut yang kencang.
  • Bersihkan tempat minum dalam sangkar kenari 2 kali mdalam satu minggu.

Baca Juga : harga burung kenari september 2018

MANFAAT DAUN KANGKUNG BAGI BURUNG KENARI DAN LANGKAH PENYAJIANNYA

1. Mengatasi Insomnia

Kangkung mempunyai kandungan unsur sedatif, bermakna bisa buat kenari mengantuk dan membuatnya bisa tidur dengan pulas. Perihal seperti ini karena selenium dan zinc yang ada didalamnya bisa membuat syaraf kendur serta enjoy. Langkah penyajiannya:

  • Anda sebaiknya memberikannya pada kenari waktu sore hari sekitar jam 17.00-17.30

2. Anti Racun

Kangkung memiliki ciri-ciri anti racun, karena itu bermanfaat untuk mempermudah sakit pada pembuluh vena pada kenari, karena kangkung juga tinggi kandungan serat. Langkah penyajiannya:

  • Anda dapat memerikan daun kangkung saat pagi hari sekitar jam 07.30-08.00 sesudah di mandikan.

3. Memiliki Kandungan Zat Besi

Sayuran air ini mengandung zat besi sekitar 2,5 mg per 100 gramnya, jadi baik untuk meningkatkan hemoglobin dan bisa menghindari atau mengurangi anemia. Bila anda memberi sehelai daun kangkung itu=0,05 mg yang terkandung zat besi di dalamnya. Langkah penyajiannya:

  • Bila kenari tengah kurang zat besi atau begitu rawan sekali pada penyakit, anda dapat memberi 3x dalam 1 minggu di pagi hari.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh Terhadap Virus Flu

Kangkung kenyataannya sangat kaya vitamin C, jadi kangkung adalah penangkal serangan influenza yang sangat baik. Bahkan di ketahui jika kandungan vitamin C dalam kangkung lebih tinggi daripada buah-buahan. Langkah Penyajiannya:

  • Bagi kenari yang tengah alami serak/hilang nada, anda dapat memberinya 2/3 helai daun kangkung, tidak hanya penangkal virus daun kangkung ini dapat juga meningkatkan kekebalan tubuh bagi kenari. Diberikan setiap sore dan pagi hari 2x dalam seminggu.

5. Menyehatkan Penglihatan

Tidak hanya berperan menjaga kekebalan tubuh, kangkung juga sangat tinggi vitamin A, yakni nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan mata kenari. Vitamin A adalah anti-oksidan yang berguna untuk menahan serangan radikal bebas pada kornea mata kenari. Langkah Penyajiannya:

  • Beri kenari 3 helai daun kangkung di siang hari pada jam 12.00-12.30 setiap hari, bila tidak ada waktu, bisa memberikannya 1/2x dalam satu minggu tetapi pada siang hari.

6. Anti Parasit Usus

Kangkung yg dikonsumsi mentah dapat mengeluarkan fasciolopsis buski, yaitu cacing parasit dalam usus kenari yang bisa menyebabkan fasciolopsiasis. Langkah Penyajiannya:

  • Bila kenari mencret anda dapat memberi 4 kali satu minggu (2hari beruntun) sebab kangkung banyak mengandung serat yang baik untuk pencernaan kenari.

7. Obat Tapal

Kangkung berfungsi untuk mengatasi penyakit kulit seperti sisa gigitan nyamuk pada kaki kenari.

8. Keracunan

9. Mengobati Sembelit

10. Mengobati Cacingan

11. Mengobati Penyakit Kuning dan Persoalan Liver

12. Obat Untuk Membantu Relaksasi Serta Tidur

 

Baca Juga : khasiat sayuran sawi untuk burung kenari 

12 Manfaat Daun Kangkung Untuk Burung Kenari | admin | 4.5