5 Cara Membuat Burung Cepat Mabung

Banyak kicaumania yang ingin percepat waktu mabung burung rawatannya untuk beberapa kepentingan. Langkah yang dikerjakan begitu bermacam, dari mulai memberi pakan yang tidak biasa sampai membuat burung stres / ngedrop. Di bawah ini 5 langkah memaksa burung supaya mabung.

Sebagian besar spesies unggas (Aves), termasuk juga burung kicauan, mempunyai siklus alami berbentuk perubahan bulu lama ke bulu baru. Dalam proses perubahan bulu ini ada babak dimana bulu lama akan rontok atau sering dimaksud ngurak / mabung.

Siklus ini dapat berlangsung beberapa waktu sekali, bergantung spesies / type unggas itu. Proses perubahan bulu juga memerlukan waktu spesifik, yang tidak selamanya sama pada spesies yang satu serta yang lain.

Faktanya, ada banyak individu burung yang alami waktu mabung lebih lama dari burung-burung semacam. Hal seperti ini pasti menyiksa burung, hingga beberapa kicaumania sering lakukan usaha paksa untuk merontokkan bulu-bulu lama.

baca juga : cara alami mengatasi bulu tidak tumbuh botak

Akan tetapi, ada pula kicaumania yang berupaya lakukan cara-cara memaksa burung supaya mabung, walau belumlah masuk siklus alaminya. Hal seperti ini mereka kerjakan dengan beberapa argumen serta arah seperti berikut:

  1. Ganti bulu yang telah rusak dan tua.
  2. Lakukan setelan lagi dalam perawatan hariannya
  3. Untuk arah pemasteran.

Bila dilihat, ada cara-cara yang umum dikerjakan beberapa kicaumania dalam memaksa burung supaya mabung. Coba baca lima langkah memaksa burung supaya cepat mabung di bawah ini:

1. Ganti voer burung dengan voer ayam
Voer ayam mempunyai kandungan protein cukuplah tinggi. Bila burung teratur mengonsumsinya, karena itu dapat memunculkan dampak panas yang mengakibatkan bulu gampang rontok. Voer ayam yang biasa dipakai ialah 511 polos.

2. Memberi kombinasi susu bubuk
Susu bubuk dapat juga dipakai untuk memaksa burung supaya mabung. Bahan yang digunakan ialah susu bubuk putih yang digabung dengan voer yang biasa dikonsumsi burung. Menu ini dikasihkan sampai bulu burung rontok. Kemudian, perawatanya dikerjakan seperti biasa.

3. Mencampurkan telur bebek serta voer
Langkah lainnya yang umum dikerjakan ialah mencampurkan telur bebek serta voer. Telur bebek dipecahkan, lantas diambil kuning telurnya saja. Kemudian digabung dalam voer yang dikasihkan, lantas dianginkan sampai kering.

Kombinasi voer serta telur bebek dikasihkan sampai bulu-bulu burung mulai rontok. Kemudian, voer bisa dikasihkan kembali dengan utuh, tanpa butuh digabung lagi dengan telur bebek.

4. Aplikasikan full kerodong
Mengerodong sangkar dengan penuh (full kerodong) dapat juga memaksa burung cepat mabung. Sangkar dikerodong begitu ketat, kemudian burung dilewatkan ada di dalamnya untuk beraktvitias.

Tidak dikit juga kicaumania yang menjemur burung dalam keadaan full kerodong. Cara yang dimaksud therapy sauna itu dipandang cukuplah ampuh membuat bulu-bulu burung cepat ambrol. Umumnya, sebelum dijemur, kain kerodong lebih dulu disemprot air memakai hand sprayer.

5. Masukkan kulit jeruk dalam sangkar
Masukkan kulit jeruk ke sangkar, lalu dikerodong penuh, umum dipakai beberapa kicaumania di Thailand. Langkah tersebut dapat membuat burung cepat mabung. Dalam hal seperti ini, kulit jeruk disebarkan dibagian basic sangkar, kemudian dikerodong penuh.

Itu bermacam langkah yang dapat dikerjakan beberapa kicaumania untuk memaksa burung supaya mabung.

baca juga : ciri dan tanda kenari beres atau tuntas mabung

5 Cara Membuat Burung Cepat Mabung | admin | 4.5