5 Manfaat Daun Kemangi Bagi Burung Kenari

Daun kemangi (Ocimum ×citriodorum) umum digunakan menjadi lalapan atau bahan menu masakan. Akan tetapi siapa sangka, daun yang mempunyai aroma begitu ciri khas ini dapat banyak dipakai gacormania untuk menangani burung yang birahi. Diluar itu, daun kemangi dapat juga menolong menangani burung masuk angin, bengkak, sampai tidak produktif.

 

 

Baca Juga : pakan burung kenari sehat

Kemangi adalah tanaman perdu yang bercabang banyak serta mempunyai penyebaran cukuplah luas di Amerika serta Asia. Di Pulau Jawa, kemangi/surawung banyak ditanam di kebun ataupun halaman rumah, bahkan juga tumbuh liar di tepi jalan.

KANDUNGAN GIZI DAUN KEMANGI

Daun kemangi mempunyai kandungan gizi, diantaranya ialah :

1. Vitamin A atau betakaroten, yang berperan menjadi pengontrol anti-bodi serta mendukung manfaat pandangan.
2. Vitamin C, berperan membuat kolagen alami pada kulit serta menjadi anti-oksidan.
3. Kolagen, yaitu senyawa yang diperlukan dalam semua jaringan badan.
4. Fosfor, begitu baik untuk perubahan/perkembangan tulang, menolong penyerapan gizi, dan mengatur kandungan asam-basa pada tubuh.
5. Magnesium,berperan memperlancar peredaran darah.
6. Flovanoid serta eugenol, berperan menjadi anti-oksidan alami untuk menahan serta menghalangi penyebaran jamur.

Kandungan yang ada dalam daun kemangi itu sangat baik untuk burung kicauan. Beberapa gacormania sering memakainya untuk menangani burung yang over birahi (OB). Seperti diketahui, OB akan membuat burung banyak tingkah, seperti mencabuti bulunya sendiri, agresif, sampai tidak ingin bunyi.

Baca Juga : cara mengobati kenari sakit mencret

MANFAAT DAUN KEMANGI UNTUK BURUNG KENARI

Selain untuk mengatasi OB atau over birahi, adapula manfaat lainnya dari daun kemangi untuk burung kenari. Diantaranya ialah :

1. Menyembuhkan masuk angin

Seperti manusia, burung dapat juga masuk angin. Gejalanya diantaranya, burung seringkali meningkatkan bulu-bulunya, kurang aktif berjalan, serta kotorannya condong berair.

2. Menolong tingkatkan reproduksi

Daun kemangi memiliki kandungan zat cineole, eugenol, serta mycrene yang dapat meningkatkan manfaat organ-organ reproduksi burung. Akhirnya, burung yang diternak lebih siap untuk dibuahi serta berkembang biak, hingga semakin produktif.

3. Menjadi anti-radang

Zat eugenol yang terdapat dalam daun kemangi dapat juga menolong menahan/menyembuhkan peradangan.

4. Memperlancar peredaran darah

Kandungan isoflavin yang biasa didapati pada kacang-kacangan juga ada dalam daun kemangi. Isoflavin bermanfaat memperlancar peredaran darah, hingga dapat menahan serta mengurangi kekuatan stres pada burung, dan menolong meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada burung.

5. Menyembuhkan bengkak karena gigitan serangga

Daun kemangi dapat juga dipakai untuk menangani permasalahan gigitan serangga yang dihadapi burung. Triknya, lumatkan beberapa helai daun kemangi lewat cara dikunyah atau digesek tangan, lalu ditempelkan di bagian badan burung yang terserang gigitan serangga.

LANGKAH MENGOLAH DAUN KEMANGI

Dibawah ini terdapat beberapa langkah mengolah daun kemangi yang bisa dilakukan gacormania, diantaranya ialah :

1. Memberi daun kemangi dengan utuh

Memberi daun kemangi berbentuk utuh umumnya dikerjakan gacormania hanya pada type burung yang suka memakan dedaunan, seperti kenari, finch, serta parkit.

2.Merebus daun kemangi

Satu ikat daun kemangi di rebus sampai airnya mendidih. Sesudah didinginkan, air rebusannya disaring serta diberikan pada burung sebagai pengganti air minumnya untuk sementara waktu (selama saat therapy).

3. Mencampurkan daun kemangi serta air pana

Sediakan satu gelas air panas.. Sesudah itu celupkan beberapa helai daun kemangi, lantas diamkan sampai air menjadi dingin. Sesudah disaring memakai saringan, air kemangi siap diberikan pada burung sebagai pengganti air minumnya (selama saat therapy).

EFEK SAMPING

Walau jarang ditemukan, akan tetapi tiap-tiap pakan yang dikonsumsi terlalu berlebih pasti akan memberi resikonya. Pemberian daun kemangi yang terlalu berlebihan (berbentuk utuh/air minum) di khawatirkan dapat menurunkan tingkat kesuburannya. Oleh karenanya, pemberian daun kemangi ini sesekali saja atau biosa seminggu sekali, atau saat burung masih tetap memiliki masalah.

Baca Juga : ciri kenari birahi dan ciri kenari siap dikawinkan

5 Manfaat Daun Kemangi Bagi Burung Kenari | admin | 4.5