5 Tips Merawat Burung Prenjak Kepala Merah Agar Cepat Gacor

Sahabat gacormania, Sudah pernahkah anda dengar burung prenjak kepala merah? Atau anda telah memiliknya? Burung prenjak kepala merah ialah burung yang mempunyai badan sekitar 10 cm serta populer dengan nama burung penjahit (common tailorbird) sebab kemampuannya dalam menjahit dedaunan untuk dijadikan sarang.

 

 

Prenjak kepala merah masuk dalam family ciscitolidae serta cukuplah banyak disukai oleh penggemar burung kicau. Suaranya yang nyaring serta melengking ialah ciri khasnya. Prenjak kepala merah dapat juga menirukan nada burung kicau lainnya. Nah, bila anda belumlah tahu dengan jelas mengenai prenjak kepala merah, anda sebaiknya baca artikel ini sampai akhir. Prenjak kepala merah yang rajin berkicau/gacor ialah yang sejenis kelamin jantan seperti burung kicau yang lain.

Buat anda yang belumlah tahu langkah membedakan prenjak kepala merah jantan serta betina, baca yang di bawah ini dengan saksama :

  • Prenjak kepala merah jantan mempunyai 2 bulu ekor yang lebih panjang dari bulu ekor yang lainnya.
  • Bulu ekor prenjak kepala merah betina lebih pendek dibanding prenjak kepala merah jantan.
  • Prenjak kepala merah jantan pasti mempunyai bulu berwarna abu-abu gelap di bagian dada.
  • Sedangkan prenjak kepala merah betina, di bagian dadanya berwarna abu-abu akan tetapi lebih terang.

Nah, untuk perawatannya anda mesti memerhatikan beberapa tips di bawah ini supaya prenjak kepala merah anda cepat gacor. Di bawah ini panduan menjaga prenjak kepala merah supaya cepat gacor :

1. Perawatan awal
Bila anda memperoleh burung prenjak kepala merah dari alam liar, maka gampang stress. Karena itu anda mesti membuatnya nyaman serta tenang supaya terlepas dari stress. Contohnya, janganlah langsung memandikannya, janganlah digantang/digantung ditempat yang ramai, dan sebagainya. Langkah perawatan prenjak kepala merah liar pada intinya sama juga dengan langkah menjaga burung kicau lainnya yang masih tetap liar.

2. Pemberian pakan
Prenjak kepala merah di habitat aslinya mengonsumsi ulat, serangga-serangga kecil, laba-laba, kroto. Nah, bila anda beli prenjak kepala merah yang belumlah ngevoer anda dapat menyiasatinya supaya prenjak ingin makan voer. Triknya campur voer serta kroto dengan bagian voer semakin banyak dibanding kroto. Kurangilah bagian kroto dari waktu ke waktu sampai prenjak kepala merah ingin makan voer murni. Itu berarti prenjak mau makan voer serta kroto. Jadi anda dapat memberi voer serta kroto dalam wadah yang berlainan. Kroto bagus untuk bikin prenjak kepala merah lebih gacor, sedang voer bisa memenuhi keperluan kalsium, vitamin, serta nutrisi buat prenjak kepala merah.

3. Pemberian extra food (EF)
Extra food prenjak kepala merah yang baik supaya cepat gacor ialah jangkrik serta ulat hongkong. Untuk jangkrik, beri 3 ekor setiap pagi serta 3 ekor setiap sore, tapi berikanlah sisi perutnya saja. Kaki serta kepala di hilangkan dahulu. Sedang untuk ulat hongkong, semestinya berilah ulat hongkong yang berwarna putih (ulat hongkong muda) serta janganlah kebanyakan.

4. Step penjemuran
Untuk step awal, jemurlah prenjak kepala merah pada pagi hari saat 1 jam. Sesudah berjalan 1 minggu, anda dapat meningkatkan waktu jemurnya jadi 2 jam. Cahaya matahari yang bagus ialah pada pukul 7-10 pagi.

5. Step pemandian
Untuk memandikan prenjak kepala merah, nantikan sampai prenjak tidak stress lagi. Menjadi step awal anda dapat menyemprotnya dengan sprayer serta menyimpan karamba di basic sangkar untuk memancing prenjak supaya mandi. Bila telah terlatih prenjak kepala merah akan mandi dengan sendirinya di karamba, sebab burung memiliki perasaan untuk mandi waktu terasa gatal/risih.

Tidak hanya beberapa tips diatas, yang sangat terpenting dalam menjaga prenjak kepala merah serta burung kicau yang lain ialah kecermatan, kesabaran, serta ketekunan. Kebersihan kandang harus juga dijaga, dengan membersihkannya setiap hari, termasuk juga tempat makan serta tempat minumnya.

Demikian info yang bisa gacormania berikan mengenai panduan menjaga prenjak kepala merah supaya cepat gacor, mudah-mudahan berguna buat anda. Serta terima kasih sudah membaca artikel ini. Baca selalu gacormania untuk memperoleh beberapa jenis info terpenting sekitar dunia burung serta perawatannya. Salam gacor, mudah-mudahan sukses!!!

Baca Juga : cara ternak burung kenari di jamin sukses

Incoming search terms:

  • audio prenjak kepala merah
  • Prenjak merah mabung
5 Tips Merawat Burung Prenjak Kepala Merah Agar Cepat Gacor | admin | 4.5