Beberpa Penyebab Anak Kenari Mati

Saat-saat awal sesudah telur kenari menetas yakni pada minggu pertama kelahiran adalah waktu “gawat” buat piyik kenari. Hal seperti ini karena disebabkan memang pada masa- waktu itu adalah waktu rawan penuh masalah serta masalah. Karena itu pada saat ini begitu dibutuhkan perhatian tambahan full time 24 jam non stop dari si empunya burung kenari.Jika butuh kita bergadang nungguin sang jabang kenari.

Banyak masalah kematian piyik kenari ini tanpa diakui/di ketahui oleh pemiliknya apakah sebabnya. Sesudah menetas serta baru berusia 2 – 3 hari tidak diduga diketemukan dalam kondisi mati. Ada yang mati masih juga dalam keadaan fresh, ada pula diketemukan telah dalam kondisi gepeng serta hitam tubuhnya, bahkan bisa saja telah keluarkan berbau busuk. Ada pula yang hilang lenyap tidak pasti rimbanya.

Pemicu matinya piyik kenari pada umur awal ini sebabnya berbagai macam serta kasusnya juga berlainan. Nah, semoga dengan tahu pemicu matinya piyik kenari pada umur awal ini dapat menolong meminimalkan angka kematian piyik kenari kita.

Mengenai Aspek pemicu matinya piyik kenari pada umur awal ini diantaranya :

1. Aspek Induk Betina

Sang induk betina malas/tidak ingin meloloh piyik kenari yang barusan lahir.Sebabnya ada berbagai macam peluang.Memang demikian menetas sang piyik tidak langsung mohon diloloh induknya.Dia masih tetap memiliki kantong nutrisi bekal dari telur yang kelak akan mulai habis sesudah masuk hari ke-2.Nah, di hari ke-2 sang piyik baru terasa lapar serta mohon selekasnya diloloh induknya. Bila saat itu sang induk malas meloloh anaknya, karena itu alamat tidak baik buat keberlangsungan hidup sang piyik kenari itu. Beberapa saat selanjutnya memang piyik tidak langsung mati, tapi ia akan alami dehidrasi serta kelaparan yang nanti berbuntut pada kematian.

Sang induk betina mewarisi tingkah laku abnormal(paranoid?), contohnya piyikan mati di bunuh induknya sendiri karena sebab-sebab spesifik. Tentang hal seperti ini akan saya posting “Pemicu Induk Kenari Betina Membunuh Anaknya”

Sang induk betina hiper protektif, berarti sangat over dalam membuat perlindungan piyik kenari hingga dia tidak ingin turun/keluar dari sarang sebatas ambil makanan untuk anak-anaknya. Mengakibatkan piyikan kenari terlambat mendapatkan konsumsi makanan dari induknya hingga berbuntut pada kematian.

Sang induk asal-asalan hingga ada piyikan kenari yang tanpa menyengaja terinjak-injak oleh induk betina. Hal seperti ini terpenting berlangsung saat malam hari (situasi gelap).Baru esok harinya kita dapatkan piyikan kenari dalam kondisi mati.

2. Aspek Piyikan Kenari

Berlangsung tindakan sama-sama mencapai antar sesama piyik kenari dalam sarang.Hal seperti ini biasa berlangsung saat berebutan mohon lolohan dari induknya. Sebagai korban umumnya ialah piyik kenari bungsu atau yang menetas terakhir yang tentunya badannya sangat kecil/lemah. Berlangsung tindakan sama-sama berebutan mohon jatah lolohan dari induknya. Lagi-lagi sebagai korban ialah piyik kenari bungsu karena sangat kecil dia tetap kalah dalam memperoleh jatah lolohan. Tapi bila si induk betina dapat lakukan tindakan adil karena itu piyik bungsu tetap akan memperoleh jatah lolohan hingga terlepas dari kalah saingan. Piyik kenari lahir abnormal,prematur atau cacat yang mengakibatkan kematian.

3. Aspek Sarang

Lingkar sarang sangat sempit karena jumlahnya piyikan cukuplah banyak ( 4 ekor contohnya) hingga kurang muat serta piyikan sama-sama berdesak-desakan.Mengakibatkan piyikan kenari bungsulah yang nanti jadi korban. Bahan sarang kurang baik serta kurang memberi kehangatan/kenyamanan hingga piyikan terasa kedinginan/kurang hangat yang menyebabkan pada kematian. Bahan sarang kurang teratur rapi hingga ada salah satunya piyikan kenari yang tidak menyengaja terlilit kaki, kepala atau lehernya. Bila tidak selekasnya di ketahui serta teratasi pasti akan menyebabkan fatal/kematian. Sarang kotor tidak dibikin bersih dengan benar hingga jadi sarang kuman serta penyakit yang pada akhirnya piyikan kenari jadi tujuan terkena penyakit spesifik yang berbuntut pada kematian.

4. Aspek Lingkungan Sekitar

Berlangsung pergantian suhu/cuaca berlebihan serta dengan tidak diduga. Momen ini akan mengakibatkan dampak jelek buat keberlangsungan hidup piyikan kenari terpenting pada saat-saat gawat. Kondisi daerah seputar sarang yang kurang aman. Ada kehadiran satwa tamu tidak diundang seperti ular, kadal, tokek, cicak, semut, dll bisa menyebabkan matinya piyik kenari karena terserang/dimangsa hewan-hewan itu.

5. Aspek Pemilik Burung Kenari
Pemilik burung kenari lupa atau terlambat memberi makanan konsumsi untuk dilolohkan ke piyikan kenari. Pada saat lolohan piyik kenari, induk betina umumnya dikasihkan makanan penambahan seperti daun sawi putih/hijau serta telur rebus.Nah, bila pemilik burung kenari lupa tidak memberi makanan penambahan itu karena itu si induk betina akan kesusahan dalam meloloh anak-anaknya karena waktu itu piyikan kenari belumlah waktunya diloloh biji-bijian. Bila hal seperti ini tidak selekasnya dicermati karena itu bukan perihal tidak mungkin piyikan kenari akan selekasnya meninggal mengenaskan.
Pemilik burung kenari salah dalam memberi type makanan penambahan. Ini berlangsung pada beberapa peternak pemula yang masih tetap pemula serta belumlah mengetahui benar type makanan penambahan buat induk betina yang tengah meloloh anaknya.Contohnya diberi buah atau sayuran yang tidak biasanya dikasihkan. Tentunya makanan itu akan tidak dikonsumsi si induk betina serta tidak dilolohkan ke piyik kenari.

Solusi Yang dapat kami berikan hanya berupa :

  1. Kerjakan pengawasan serta perawatan intens full time 24 jam (minimum 12 jam) saat waktu gawat (1 minggu semenjak kelahiran piyik kenari).
  2. Beri konsumsi makanan penambahan yang sesuai dengan serta pas waktu jangan pernah terlambat.
  3. Tiap-tiap 3 jam sekali kerjakan kontrol keadaan piyik kenari dari beberapa hal yang tidak kita kehendaki.
  4. Kontrol keamanan,kenyamanan serta perlindungan kandang dari pergantian cuaca ekstrem
  5. Kerjakan pengamanan daerah seputar pada peluang hewan liar/predator.
  6. Mengawasi kebersihan sarang serta kandang kenari.

Semoga bermanfaat dan baca juga : perawatan ternak burung kenari norwich

Incoming search terms:

  • hobi hewan terpopuler
Beberpa Penyebab Anak Kenari Mati | admin | 4.5