Berapa Lama Kenari Mabung ?

Pada kesempatan ini saya coba share pengalaman mengenai menjaga burung kenari yang mabung atau bhs kerennya moulting. Banyak pemilik kenari bertanya-tanya waktu burung kesayangannya alami kerontokan bulu, berapakah lama kenari mabung?

Dari pengalaman saya menjaga kenari mabung (lokal, AF, AFS serta F1), dari mulai rontoknya bulu sampai semua kembali prima habiskan kira-kira lima sampai tujuh minggu bergantung dari langkah perawatan serta tingkat ketebalan bulu burung. Jadi, jika miliki kenari Yorkshire serta sekarang ini tengah mabung, mungkin saja dapat memakan waktu 2x lipat dari burung seri yang lain.

Bagaimana Ciri Kenari Mabung? Biasanya, kenari yang akan masuk waktu mabung akan alami penurunan tingkat kegacorannya. Burung yang biasa digantang untuk turut kontes akan alami penurunan performnya, seperti kerja burung kurang optimal, seringkali bengong (jeda), serta lagu yang dibawakan tidak selesai (putus-putus). Diluar itu, bulu juga agak kusam, tidak secerah awal mulanya, serta di ujung bulu sayap serta ekor mulai pecah ataukah tidak rapi.

Lalu bagaimana perawatan kenari mabung?? Sebetulnya menjaga kenari mabung lebih sederhana. Karena tak perlu memandikan, menjemur, serta mengobral (poiler). Burung cuma butuh dikerodong full sekalian kadang-kadang diawasi ketersediaan pakannya. Burung juga semestinya dijauhkan dari burung kenari gacor yang lain, hal seperti ini supaya burung sedikit ngoceh serta konsentrasi untuk mabung.

Tetapi menjaga burung mabung bukan bermakna cuma diberi biji-bijian saja, itu tega namanya. Hilang ingatan Burung dapat meningkatkan buah, sayuran serta telur puyuh menjadi tenaga tambahannya. Tapi tak perlu dikasih dengan berbarengan. Anda dapat memberinya dengan bergantian supaya burung tidak jemu.

Buat pemula, banyak yang tidak sabar menanti proses ini. Mereka seringkali menanyakan dalam hati, apa burungnya bisa di buka kerodongnya atau belumlah. Menurut pengalaman saya semacam ini (tetapi bukan bermakna semua burung sama). Pada minggu pertama serta ke-2, burung kenari mengawali mabungnya dengan merontokkan bulu sayap terlebih dulu, disusul bulu halus sisi dada serta punggung. (Rontokknya bulu bukan bermakna akan alami kebotakan secara detail, karena bulu yang sudah jatuh akan cepat digantikan dengan bulu baru).

Minggu ke-3 sampai ke empat, sesudah bulu sayap serta bulu halus jatuh, selang beberapa saat akan disusul dengan bulu ekor. Umumnya burung akan tinggalkan dua helai bulu ekor. Hal seperti ini ditujukan untuk keseimbangan burung itu saat melompat didalam sangkar. (Tetapi ada pula yang dirontokkan semua).

Butuh diingat, copotnya bulu akan cepat digantikan dengan bulu baru, menjadi saat bulu telah banyak yang rontok, begitu terpenting burung dikasihkan konsumsi nutrisi yang cukuplah. Hal seperti ini supaya perkembangan bulu jadi bagus, cepat serta prima.

Sesudah bulu sayap serta bulu halus telah rontok semua, paling akhir umumnya ialah bulu ekor diimbangi nyulamnya bulu pada bagian kepala. Menjadi, jika bulu ekor belumlah tumbuh full, bermakna masih tetap alami dorong ekor atau dalam bhs gaulnya dokor. Nah, waktu ekor sudah ada hampir full, Hilang ingatan Burung dapat menempatkan cepuk mandi didalam sangkarnya (janganlah dipaksakan untuk mandi semprot).

Nah, pada minggu ke lima sampai ke enam ini, burung telah sedikit merontokkan bulu, walau masih tetap ada banyak bulu halus yang jatuh. Burung umumnya telah mulai berkicau (ngeriwik). Tapi ini mengisyaratkan jika burung sesaat lagi tuntas waktu mabungnya.(Butuh diingat, janganlah menjemur saat burung masih tetap dorong bulu, karena bulu dapat melintir serta tidak tumbuh prima).

Begitupun sesudah semua bulu tumbuh prima. (jika saya tidak berani langsung menjemur, umumnya menanti satu sampai dua minggu). Apa bulu telah betul-betul tidak ada yang jatuh.? Jika anda meyakini, burung dapat teratur dimandikan setiap pagi dengan cepuk sekalian diangin-anginkan (janganlah dijemur dahulu).

Bila telah di rasa aman (bulu telah tumbuh prima serta tidak ada bulu jatuh) dapat dijemur setahap, dari mulai 10 menit sampai 15 menit serta selalu berlanjut serta kembali seperti rawatan sebelumnya.

baca juga : karakter burung kenari untuk berternak

Incoming search terms:

  • berapa lama kenari mabung
Berapa Lama Kenari Mabung ? | admin | 4.5