Burung Kenari Border

History Kenari Border

Kenari Border dalam bhs Inggris diketahui dengan nama Border Canary atau Border Fancy Canary serta mempunyai nama latin Serinus canaria. Julukan lainnya buat kenari border ialah “Wee Gem”, mungkin saja karena posturnya yang tampak serba bulat.

Kenari Border adalah salah satunya kenari dari type cumberland fancy. Kenari Border datang dari lokasi perbatasan pada Inggris serta Skotlandia. Menjadi salah satunya type kenari yang sangat popular didunia, tampilan kenari border lebih dinilai daripada nada kicauannya.

Kenari Border aslinya datang dari “Chopper canary” yang di kembangkan dengan selektif di Kepulauan Inggris seputar tahun 1700-an. Pada tahun 1889 dalam suatu pertemuan di Langholm, spesies burung itu dinamakan “border canary”, serta standard burung ini juga dibikin.

Kenari Border adalah salah satunya type burung kenari yang popular menjadi binatang peliharaan didunia. Burung yang umumnya berwarna kuning cerah ini termasuk juga type burung memiliki ukuran kecil. Panjang badan dewasanya cuma seputar 14 cm.

Kenari Border diketahui menjadi burung yang aktif, tidak galak, serta senang berkicau. Diluar itu, kenari type ini dikenal juga dapat dilatih untuk lakukan beberapa trick diluar kandang. Serta karena perawatannya yang sederhana, burung ini jadi salah satunya primadona burung peliharaan didunia.

Walau populer aktif, burung kenari condong lebih pemalu bila dibanding dengan type burung peliharaan yang lainnya. Menjadi, semestinya tidak mengandangkan kenari border dengan burung lainnya seperti parkit, lovebird, atau burung type yang lain yang condong lebih agresif.

Burung kenari border suka mandi. Menjadi memandikan burung ini sehari-hari malah membuat si burung suka. Meski begitu, burung ini tidak senang dengan kandang yang basah, lembab, atau dingin. Kenari Border suka juga berjemur, hingga biarkan terserang cahaya matahari itu baik. Akan tetapi janganlah menyimpan kandang kenari dibawah cahaya matahari yang terik serta tidak ada daerah untuk berteduh.

Beberapa ciri Burung Kenari Border

Sebelum kita mengulas mengenai Beberapa ciri Burung Kenari Border. Teman dekat kicau mungkin saja tidak tau jika Burung Kenari Boder itu mempunyai histori yang unik. Sebetulnya ada dikit catatan histori mengenai Burung Kenari Boder. Dijelaskan dalam salah satunya sumber jika kenari ini berevolusi dari kenari biasa di akhir era 17 sampai awal era ke-18 di perbatasan Inggris serta Skotlandia. Nama serta standarisasi dari Burung Kenari Border mulai diresmikan pada tahun 1889 di Langholm, suatu kota di perbatasan Inggris serta skotladia. Nama itu juga diresmikan berbarengan dengan berdirinya Border Fancy Canary Club pada 5 Juni 1890.

Beberapa ciri Burung Kenari Border salah satunya mempunyai bentuk badan bulat yang unik. Walau sebelumnya kenari ini mempunyai panjang badan seputar 4,5 inchi, sekarang ini ukurannya telah semakin besar, seputar 5,5 inchi atau 14 cm. Bulu dari Kenari Border biasanya berwarna kuning, akan tetapi mereka dapat juga diketemukan dengan bulu berwarna putih, kuning, hijau, coklat, dan sebagainya. Dalam arena kontes, umumnya burung yang mempunyai dikit unsur warna merah pada bulu condong didiskualifikasi.

Burung kenari border juga mempunyai nada yang lumayan bagus, dan cukuplah gampang untuk dimaster dengan beberapa nada masteran. Buat sahabat yang ingin memperoleh nada masteran kenari, karena itu dapat anda dapatlkan beberapa nada masteran kenari, salah satunya ialah nada kenari yorkshire, kenari holland, kenari f1 dan lain-lain. Karena Burung Kenari Boder adalah type kenari yang gampang dilatih atau dimaster, berhubung juga mempunyai nada yang bagus, karena itu tidak dikit yang mengikutsertakan kenari ini dalam beberapa even/kontes kenari. Lagu Kenari Boder ciri khas dengan nadanya yang berombak, hingga terdengar begitu merdu serta memikat. Hingga lumrah jika kenari yang satu ini jadi target beberapa kicau mania terutamanya penggemar burung kenari. Dari sisi perawatan, kenari border juga cukuplah gampang serta hampir sama juga dengan perawatan burung kenari biasanya.

Sudah pernahkah teman dekat kicau lihat serial film tweety? Si burung kecil berwarna kuning yang tetap dikejar-kejar oleh kucing. Ya, Burung kenari border sempat dibikin ciri-ciri dalam film “Tweety” yang bertubuh kecil, gesit, indah, berwarna kuning serta seringkali berkicau. Burung kenari border memang mempunyai badan yang kecil, tapi begitu indah. Ada asumsi jika Burung kenari border begitu serupa dengan kenari gloster, serta yang memperbedakan kedua-duanya ialah bentuk kepalanya.

Ciri-ciri Burung Kenari Border

Buat teman dekat kicau yang ingin atau tengah pelihara Burung Kenari Border begitu lah terpenting untuk tahu Ciri-ciri Burung Kenari Boder. Supaya peforma serta kesehatannya trus terbangun serta tidak gampang sakit. Di bawah ini beberapa Ciri-ciri Burung Kenari Border :

  • Condong pendiam serta pemalu, karena Burung Kenari Border sendiri lebih pasif.
  • Janganlah letakkan bersama dengan burung parkit, lovebird, serta hookbills. Karena ke-3 burung itu begitu agresif serta bisa membuat kenari border down/stress.
  • Dapat ditangkarkan bersama dengan type kenari lainnya, burung kutilang, serta hardbills yang lain.
  • Sehari-hari tetap mandi, menjadi buat anda yang ingin menangkar kenari border tetap siapkan karamba serta air sehari-hari. Karena kebersihan bulu ialah perihal utama untuk mengawasi bulu masih indah. Serta sesudah mandi janganlah lupa di jemur. Efektiifitas penjemuran ialah dari jam 7 sampai jam 10. Serta satu lagi janganlah lupa potong kuku kenari yang mulai memanjang.
    Keadaan lingkungan tidak bisa sangat dingin, basah serta berangin, karena akan mengganggu kesehatan serta peforma Burung Kenari Boder.
  • Saat lakukan penjemuran, karena itu siapkan juga tempat yang agak teduh buat kenari ini Kandang kenari bersama tangkringannya selalu harus dibikin bersih setiap hari, supaya kenari terlepas dari beberapa penyakit yang disebabkan oleh bakteri, jamur, kuman, ataupun virus Burung Kenari Border senang diletakkan di ruangan yang lega.
  • Diluar itu, janganlah lupa beri tangkringan dengan tinggi serta ukuran yang berlainan menjadi tempat tidur. Kandang juga semestinya ditempatkan ditempat yang tinggi hingga kenari dapat lihat kebawah pada kita waktu bernyanyi.

Perawatan serta Pemberian Pakan

Burung kenari senang diletakkan di ruangan yang lega. Diluar itu, janganlah lupa beri tangkringan dengan tinggi serta ukuran yang berlainan menjadi tempat tidur. Kandang juga semestinya ditempatkan ditempat yang tinggi hingga kenari dapat lihat kebawah pada kita waktu bernyanyi.

Makanan utama burung Border Fancy Canary ialah canary seed serta rape seed. Kenari juga semestinya dikasih vitamin dengan berkala. Diluar itu, beri sayuran hijau sehari-hari serta selingi dengan pemberian sotong.

Kenari suka juga mandi, menjadi beri tempat air spesial untuk mandi. Membersihkan sangkar dengan teratur, serta janganlah lupa potong kuku kenari yang mulai memanjang.

Perlakuan Khusus

Burung kenari ialah type burung yang tidak rewel. Akan tetapi, karena termasuk burung yang pemalu, lebih baik janganlah letakkan kenari bersama dengan burung parkit, lovebird yang dengan alami lebih agresif.

Kenari jantan butuh diletakkan dalam suatu kandang dengan spesial untuk mengawasi kualitas nada. Kenari jantan begitu peka pada daerah kekuasaan hingga bila ada dua kenari jantan diletakkan dalam suatu kandang, karena itu mereka akan berkelahi. Dalam kandang yang luas, Kenari Border dapat diletakkan bersama dengan burung kenari kutilang, serta burung kicau yang lain.

Perkawinan serta Reproduksi Kenari Border

Burung kenari pada umumnya gampang untuk dijodohkan serta dikawinkan. Proses perkawinan dapat berjalan dengan gampang bila Anda menyiapkan pakan yang berkualitas, pencahayaan yang cukuplah, dan mempersiapkan keadaan lingkungan yang tenang serta aman. Sediakan sangkar spesial untuk tempat kawin kenari. Bila telah masuk waktu bertelur, burung kenari betina umumnya membuahkan 3-6 telur dengan frekwensi 1 telur /hari.

Sekian Informasi Dari Gacor Mania Mengenai Burung Kenari Border, Semoga Bermanfaat.

Baca juga : cara perawatan kenari gacor

Burung Kenari Border | admin | 4.5