Burung Siap Lomba

Sering penghobi burung terasa kesal sebab tidak diduga saja burungnya secara tiba-tiba menjadi “ngedrop”. Burung tak akan dapat tampil seperti biasanya di area kontes burung, walau dia belum pernah merubah perlakuan pada si burung, baik dari bagian makanan, mandi-jemur, ataupun pemberian extra feeding. Kemudian pada akhirnya satu dua bulu burung mulai berjatuhan. Ah, nyatanya burung kesayangannya masuk waktu ngurak, yaitu rontok bulu, menjadi sisi proses dari mabung (molting ).

 

 

Sesudah demikian lama mabung, burung tidak juga kunjung sembuh. Jangankan keluarkan tembakan andalan, bahkan untuk bunyi juga belumlah ingin seperti orang yang demo bicara diam seribu bahasa. Serta nyatanya, masalah seperti itu banyak kita temui. Nyatanya juga, banyak diantara kita yang belumlah mengerti apakah itu proses mabung. Serta jika itu berlangsung, kapan burung siap lagi untuk dipertunjukkan atau dikonteskan di ajang lomba serta sampai hasil optimal?

Terkait dengan masalah itu, di bawah ini saya tunjukkan satu grafik yang memvisualisasikan “siklus performance burung” yang saya mengambil dari web David De Souza (www.shama.com.sg) yang menurut saya begitu bagus menjadi tips kita, kapan burung kita siap dilombakan. Siap lomba dalam makna si burung itu telah melalui waktu ubah bulu trotol, mabung I atau sekurang-kurangnya sesudah mabung II.

Burung rata-rata mabung satu tahun sekali, bahkan juga ada yang lebih dari 1 tahun belumlah mabung sebab aspek makanan, suhu, serta cuaca di sekelilingnya. Berdasar pada “siklus performance burung” itu, jadi dapat kita jabarkan seperti berikut:

1. Waktu Mabung (Molting Periode)

Waktu mabung burung menghabiskan waktu seputar 3,5 bulan. Jika ada kelainan pada burung itu, waktu mabung dapat menghabiskan waktu sampai 4 bulan. Akan tetapi dalam rata-rata 3 sampai 4 bulan, umumnya mabung telah beres jika burung yang mabung kita perlakuan dengan baik, dalam hal seperti ini: mandi, jemur, serta makanan porsinya sama dengan waktu mabung. Pada saat burung mengalami masa mabungnya kondisi burung tersebut akan mengalami drop / tidak fit jangan untuk berbunyi di lapang berbunyi di rumah juga kadang-kadang.

 

2. Waktu Siap Tarung (Ready for Contest Period)

Selesai mabung, burung masuk keadaan fisik yang sempurna serta siap di turunkan ke ajang latihan mapun lomba. Waktu ini kira-kira saat 6 bulan, diawali semenjak selesai mabung (atau 3,5 bulan sesudah masuk waktu ngurak/rontok bulu). Periode ini ialah waktu sangat baik untuk turunkan burung ke ajang lomba. Tentunya dengan catatan jika burung kita sehat serta diakukan dengan cocok dalam soal perawatan hariannya, dari mulai pakan, mandi-jemur dan lain-lain. Dengan perawatan yang cocok, tidaklah heran jika kita seringkali lihat ada burung juara yang demikian tuntas waktu mabung telah dapat menyapu lagi predikat juara.

Baca juga : download gratis suara burung kenari terbaru

3. Keadaan puncak (Top Form Period)

Waktu ini diawali pada bulan ke-6 sampai bulan ke-9 dari, serta adalah the best time untuk mengontestkan burung kita. Menjadi saat 3 bulan ini, burung dalam keadaan puncak (top performance).

4. Waktu Sebelum Mabung (Out of Form Before Molting Period)

Waktu sebelum mabung, sekurang-kurangnya diawali bulan ke-10. Semestinya burung tidak dilombakan atau distirahatkan. Menjadi ada 6 bulan dimana burung kurang vit, 3 bulan persiapan mabung + 3 bulan mabung. Pada periode 3 bulan persiapan mabung, banyak burung yang masih tetap dapat merampas gelaran juara. Pemilik betul-betul mengistirahatkan burung jika keadaan ngurak telah riil.

semoga tulisan ini dapat membantu teman-teman yang sering kontes burung.

Burung Siap Lomba | admin | 4.5