Cara Melatih Mental Burung Ciblek Kontes

Tidak hanya menjadi burung masteran, ciblek dada putih (daput) banyak dijaga kicaumania untuk dilombakan. Ciblek yang satu ini dipandang mempunyai mental lebih baik daripada ciblek dada kuning. Meskipun begitu, tiada perawatan yang pas, ciblek type apa pun akan tidak dapat kerja optimal.

Burung ciblek terdiri atas beberapa macam. Dua salah satunya sangat diketahui, yaitu ciblek dada putih (punggung abu-abu) serta ciblek dada kuning (pungung kecokelatan). Kedua-duanya mempunyai keunggulan serta kekurangan semasing.

Sampai kini, ciblek dada putih sangat banyak dicari kicaumania di beberapa daerah. Type ciblek ini dipercaya miliki mental bertanding yang lebih baik dibanding ciblek dada kuning. Ciblek dada putih ikut disukai sebab memiliki nada yang lebih lantang / kristal. Sebab fakta itu, harga market ciblek dada putih tambah tinggi dibanding type ciblek yang lain.

Ciblek dada putih mempunyai karakter gesit, atraktif serta tidak ingin diam. Bahkan juga burung yang telah jadi juga selalu berkicau selama seharian dengan beberapa suara tembakannya yang ciri khas.

Untuk memberi dukungan aktivitasnya, dan mengawasi kondisinya, jadi perawatan yang sesuai dengan mesti diaplikasikan. Di bawah ini beberapa perawatan yang dapat dikerjakan untuk mengawasi keadaan ciblek supaya masih aktif serta rajin berbunyi, dan bisa mengasah mentalnya supaya tetap siap tarung.

1. Burung mesti mendapatkan cahaya matahari pagi

Cahaya matahari pagi memiliki banyak faedah untuk semua makhluk hidup, tidak kecuali burung peliharaan. Ciblek yang teratur dijemur tiap-tiap pagi, ditambah lagi dengan diawali pengembunan, akan mempunyai keadaan fisik serta mental yang lebih baik dibanding awal mulanya.

Tidak hanya membuat penampilannya lebih kinclong, sebab bulu-bulunya lebih kuat serta mengkilap, penjemuran teratur pada pagi hari akan membuat burung jadi lebih rajin berbunyi.

2. Teratur mandi

Beberapa gacormania berasumsi, memandikan ciblek dada putih tidak butuh dikerjakan sehari-hari. Mereka yakini jika mandi yang sangat sering akan membuat tampilan ciblek dada putih semakin alami penurunan. Tidaklah heran jika ada yang memandikan ciblek kesayangannya cuma 2-3 kali satu minggu.

Sebetulnya hal itu bergantung dari keadaan serta ciri-ciri burung. Ciblek dada putih yang telah terlatih mandi teratur sehari-hari, ditambah lagi semenjak masih tetap trotolan / muda, pasti tidak akan terganggu penampilannya. Bahkan juga tidak dikit ciblek dada putih yang baru “panas” sesudah lebih dulu disemprot dengan dikit air.

Baca juga : 11 hal yang harus kamu ketahui agar burung ciblek menang kontes dilapangan

3. Pakan joss hasil optimal

Beberapa kali sudah omkicau.com memperingatkan jika burung yang aktif serta gesit memerlukan konsumsi pakan memiliki nutrisi tinggi. Pemberian pakan semestinya tidak tergantung pada merek-merek spesifik saja, akan tetapi butuh ikut diperhitungkan untuk bikin sendiri pakan racikan.

Tidak hanya pakan penting, pakan penambahan / extra fooding (EF) ikut harus dikasihkan sehari-hari, supaya keperluan gizinya cocok serta seimbang. Mengenai EF yang dapat dikasihkan sehari-hari pada ciblek adalah :

  1. Ulat hongkong sekitar 1-2 ekor, dikasihkan pada sore dan pagi hari. Anda bisa memberi ulat hongkong yang telah beralih warna jadi putih, sebab sisi kulitnya lebih lembut serta gampang diolah burung. Langkah membuat ulat hongkong supaya menjadi putih dapat dibaca di sini.
  2. Jangkrik kecil sekitar 2-3 ekor, dikasihkan pada sore dan pagi hari.
    Kroto bersih serta fresh sekitar 1 cepuk kecil dapat dikasihkan tiap-tiap pagi, atau beberapa waktu sekali. Kroto dapat memberikan penambahan stamina buat ciblek dada putih hingga masih aktif selama seharian.

4. Tempat gantangan memastikan mental burung

Saat akan menggantangkan sangkar yang berisi burung ciblek dada putih, Anda mesti memerhatikan banyak hal seperti berikut:

  • Tempat gantangan semestinya tidaklah terlalu rendah, tetapi tidaklah terlalu tinggi. Tempat yang baik ialah ada tidak jauh dari kepala kita, serta masih tetap dapat dijangkau tangan pemilik atau perawatnya.
  • Sangkar digantang dalam tempat aman serta jauh dari jangkauan binatang liar seperti tikus, kucing, musang, bahkan juga ayam.
  • Janganlah menggantang dua atau lebih burung semacam dengan bersisihan / berdampingan. Soalnya ciblek ialah burung teritorial. Bila sangat sering dengar atau lihat burung semacam, tampilan burung di lapangan jadi tidak optimal.
  • Jauhkan ciblek dari kehadiran burung teritorial lainnya seperti tledekan, murai batu, serta kacer, sebab ke-3 burung itu mempunyai karakter begitu agresif bila lihat burung lainnya ada sangat dekat dengan sangkarnya.
  • Jauhkan ciblek dari cendet serta srigunting, sebab kedua-duanya diketahui menjadi predator yang seringkali memangsa burung memiliki ukuran kecil di alam liar.

5. Pemasteran memberi dukungan kegacoran

Pemasteran dengan beberapa suara yang sesuai dengan dapat memberi dukungan kegacoran ciblek dada putih. Ditambah lagi burung ini miliki nada tembakan yang dimaksud ngebren.

Supaya burung rajin keluarkan nada tembakannya itu, pemasteran mesti teratur dikerjakan dengan memakai beberapa suara yang sama dengan karaktenya. Contohnya, saat ciblek rajin dimaster dengan nada tembakan burung lainnya yang rapat, pasti ia akan memiliki nada tembakan yang lebih beragam.

Semakin beragam nada yang dimilikinya, jadi mental burung akan tercipta semakin kuat. Dalam kata lainnya, ciblek dada putih dipandang telah mempunyai modal untuk bertanding baik untuk mengawasi lokasi atau untuk memperoleh perhatian pasangannya.

Download suara burung perenjak atau ciang – ciang

6. Vitamin membuat tokcer

Vitamin spesial burung kicauan dibikin untuk mengawasi kondisinya supaya masih sehat serta aktif, hingga membuat tetap rajin berbunyi. Banyak merk multivitamin yang tersebar di market.

Itu beberapa panduan perawatan serta mengasah mental burung ciblek dada putih. Dengan mengaplikasikan panduan itu, mudah-mudahan jagoan Anda dapat tampil lebih garang serta dengan nada lebih lantang.

Artikel Lainnya :

Cara Melatih Mental Burung Ciblek Kontes | admin | 4.5