Cara Memasang Dan Memotong Ring Burung Kenari

Pemasangan ring pada burung kenari dikerjakan ketika anakan kenari berusia 5 – 10 hari. Bila pemasangan ring dikerjakan sesudah kenari remaja/dewasa serta dipaksakan akan mengakibatkan luka pada kaki burung, bahkan juga bisa berbuntut pada kematian. Jika ring dipasangkan pada kenari remaja/dewasa dengan ukuran diameter ring semakin besar tentunnya bisa jadi, tetapi berefek kurangi keyakinan pada breeder serta buat burung tersebut akan mengganggu jari-jarinya karena cincin akan tetap jatuh ke bawah diatas jari-jari burung.

Tehnik pemasangan ring atau cincin pada pada kaki kenari :

1. Anakan kenari berumur 5 – 10 hari.
2. Sediakan ring/cincin yang akan dipasangkan.
3. Pegang anakan kenari se-fleksibel mungkin saja (tulang masih tetap riskan patah)
4. Input terlebih dulu ke-3 kaki depan pada ring, sesudah ke-3 jari depan masuk, jari ke empat ditarik keluar serta dengan perlahan-lahan ditarik keatas sampai semua jari kaki masuk.(lihat jati diri ring janganlah terbalik)
5. Jika ukuran kaki anakan kenari agak besar, semestinya pemasangan dibantu dengan memoleskan kaki serta ring dengan ; hand bodi atau baby oil atau minyak tawon.
6. Bila pemasangan ring sudah tuntas, perhatikan anakan kenari yang sudah terpasang ring/cincin
saat 1 minggu supaya ring/cincin tidak turun keluar. Hal seperti ini terpenting karena kegiatan anakan kenari bisa kelarkan ring/cincin tapi cuma hanya pergelangan jari, jika hal seperti ini berlangsung secepat mungkin input kembali ring itu keposisi sebelumnya. Bila hal seperti ini di biarlah akan menyebakan cacat permanen pada jari sesudah kemari besar di bagian jari kaki kenari.

Langkah memotong ring pada kaki burung kenari :

Dalam keadaan spesifik, contohnya kaki burung muncul kerak atau jadi membesar, karena itu cincin atau ring burung hasil penangkaran akan memunculkan masalah yang serius. Oleh karenanya ring semacam itu mesti dipotong.

Dalam memotong cincin atau ring burung ini tidak bisa sembarangan. Karena, kecerobohan dapat menyebabkan fatal pada kaki burung.

Pemotongan cincin atau ring dapat menggunakan tang pemotong kawat biasa bila ring memiliki bahan logam tipis. Jika tebal, bisa kita pakai kikir besi karena pemakaian tang akan tidak bisa disebabkan berefek kaki burung akan turut terpotong, begitu halnya pemakaian gergaji sama berefek juga. Untuk hindari kemungkinan cacat pada kaki burung, saya lebih senang menempatkan ring yang memiliki bahan logam tipis.

Langkah pemotongan
Berdasarkan pengalaman sampai kini, alat pemotong logam cincin burung yang efisien ialah kikir besi. Tapi apapun alatnya, yang lebih terpenting lagi ialah triknya.

Jika ring atau cincin burung longgar, tarik ring ke atas dahulu, lalu kaki burung diplester melingkar. Lalu turunkan ring pada tempat sebelumnya (di samping luar kaki yang telah diplester). Kemudian rekatkan lagi plester di kaki burung di bagian atas serta bawah ring. Arah pemlesteran ini ialah membuat perlindungan kaki burung dari peluang kikir meleset saat digesek-gesekkan kelak.

Bila ring ketat melekat di kaki hingga tidak tersisa ruangan untuk pemasangan plester diantara ring serta kaki burung, karena itu pasangkan melingkar saja plester dibagian atas serta bawah ring.

Langkah selanjutnya ialah pegang burung serta tempatkan kaki burung pada jari kita dengan tempat demikian rupa hingga sisi ring menghadap ke tempat termudah buat kita untuk menggeser-geserkan kikir.

Geser-geserkan kikir searah kaki burung (arah menyilang/potong ring) di bagian yang telah kita pilih. Kerjakan hal tersebut tidak dengan marathon. Berarti, jika kurun waktu satu menit ring belumlah putus, berhenti dahulu. Jika Anda teruskan, bisa2 kaki burung menjadi 1/2 masak karena ring yang digesek kikir terus-terusan bisa menjadi panas. Jika butuh, tetesi ring dengan air. Sesudah dingin, teruskan lagi gesek kikirnya.

Sesudah satu bagian ring putus, kerjakan hal sama untuk bagian demikian sebaliknya. Karena, jika yang putus cuma satu bagian, tetap harus akan tidak dapat di buka dengan gampang dengan tang atau alat apa pun tanpa memunculkan resiko besar tergoresnya kaki burung atau pecahnya tulang kaki burung.

Baca juga ; cacing membawa penyakit burung kenari

Cara Memasang Dan Memotong Ring Burung Kenari | admin | 4.5