Cara Membedakan Burung Jalak Bali Jantan Dan Betina

Burung Jalak Bali termasuk menjadi burung langka. Jalak bali mempunyai bulu putih bersih di sekujur tubuhnya dengan ujung sayap serta ekor berwarna hitam. Bagian menarik yang lain dari burung ini yakni kelopak matanya yang berwarna biru tua, dan jambul berbentuk helaian bulu yang membuat tampak begitu cantik.

 

 

Kekhasan yang dipunyai burung ini membuat beberapa orang terpikat ingin mempunyai atau membudidayakannya. Sebelum Anda membelinya atau belajar membudidayakan jalak bali, semestinya Anda belajar mengetahui manakah jalak bali jantan serta betina. Untuk Anda yang baru menekuni dengan dunia burung terutamanya jalak bali, akan berasa sulit dalam memperbedakan kelaminnya. Masalahnya burung ini akan tampak sama dengan kasat mata. Lain halnya dengan mereka yang sudah lama bergulat dengan jalak bali.

Baca Juga : Cara Membedakan Burung Jalak Suren Jawa Jantan dan Betina

Tersebut beberapa hal yang butuh Anda kenali untuk memperbedakan kelamin dari burung yang bernama latin Leucopsar rothschildi ini.

  • Pada umur 1 sampai 3 minggu, jalak bali jantan serta betina dapat dibedakan dari
    nada serta lebarnya piyik saat buka mulut waktu diloloh.
  • Di umur sebulan, jalak bali jantan serta betina dapat dikenali dengan memerhatikan
    badannya. Jalak bali jantan mempunyai tubuh yang relatif semakin besar serta agresif waktu
    berebutan makanan, sedang si betina condong mempunyai tubuh lebih kecil.
  • Jalak bali jantan ikut seringkali tampak menjadi burung perusuh yang akan mengusir temannya dari kandang lewat cara mematuknya.
  • Jalak bali jantan mempunyai lacur lebih panjang di kepala sisi belakang.
  • Jalak bali jantan terlihat lebih seram serta lebih gagah dibanding jalak bali betina. Selain itu, jalak bali betina akan tampak lebih feminin dan tidak seagresif jalak bali jantan.

Umumnya, bila pencinta burung malas untuk memerhatikan beberapa ciri yang telah dijelaskan, jalan pintasnya ialah langsung bertanya type kelamin burung itu pada penjual. Akan tetapi, banyak penangkar burung ataupun penjual yang tidak mempedulikan manakah kelamin jantan serta manakah kelamin betina. Pertimbangan itu diambil untuk hindari kekeliruan dalam membedakannya hingga tidak menyedihkan konsumen.

Baca Juga : Khasiat Jahe Untuk Burung Kontes agar Gacor di Arena Lomba

Dengan menjelaskan tidak paham pada jantan serta betina, penjual semacam ini masih tetap termasuk jujur. Bisa saja mereka memang tidaklah terlalu tahu atau tidak paham benar-benar langkah membedakannya. Akan tetapi, ada pula penjual yang condong lakukan promo. Ia akan menjelaskan dengan kepercayaan tinggi jika burung itu ialah jantan atau betina. Si penjual ikut tawarkan pengembalian bila nyatanya kelamin burung jalak bali itu tidak cocok pendapat.

Sebenarnya, tidak segampang itu mengembalikannya pada penjual atau penangkar. Permasalahannya, bila burung telah dirawat orang yang lain dalam tempo sebulan saja, jadi burung itu telah berlainan. Dapat jadi lebih gemuk atau lebih kurus. Bila burung yang telah Anda beli jadi lebih kurus dari mulanya, Anda akan sulit untuk mengembalikannya pada penjual atau penangkar.

Karena itu, langkah yang aman ialah kantongi pengetahuan untuk memperbedakan jantan serta betina lebih dulu sebelum beli burung ini. Anda pun butuh mengetahui siapa penjualnya. Anda begitu diwanti-wanti untuk beli jalak bali langsung di penangkarnya sebab mereka lebih kenal keadaan burung itu di banding mereka yang sebatas menjualnya. Fakta yang lebih kuat kembali, penangkar sah kantongi izin serta sertifikat dari BKSDA, hingga diyakinkan jual-beli itu dibawah kesepakatan hukum. Lain halnya dengan penjual burung yang ‘nakal’; tidak hanya mereka lebih pikirkan masalah untung rugi, mereka ikut tidak mempedulikan legalitas dari burung langka yang di jual.

Nah, siapkah untuk pilih burung jalak bali yang Anda gemari? Lihat legalitas serta langkah memperbedakan kelaminnya, ya. Semoga Bermanfaat.

Baca Juga : Hasil Dari Persilangan Burung Kenari

Cara Membedakan Burung Jalak Bali Jantan Dan Betina | admin | 4.5