Cara Mengatasi Burung Jalak Kebo Kurang Gacor

Jika Anda di waktu kecil seringkali bermain ke pematang sawah, lalu lihat beberapa kumpulan ternak kerbau, umumnya akan lihat beberapa ekor burung berwarna hitam dengan rambut klimis di dekat pangkal paruh atas kerbau. Burung itu seringkali bermain diatas badan kerbau, kadang memakan serangga yang melekat di badan kerbau. Sebab rutinitas itu, burung hitam itu diberi nama jalak kerbau (Acridotheres javanicus). Orang Jawa katakan jalak kebo, sedang orang bule mengatakan white-vented myna.

 

 

 

Dalam kesempatan ini, Gacor Mania akan membagikan panduan cara mengatasi jalak kebo yang kurang gacor. Banyak aspek pemicu yang dapat mengakibatkan burung jalak kebo atau type jalak yang lain jadi kurang gacor. Salah satunya yaitu keadaan burung kurang fit atau sakit, burung ingin masuk babak mabung, stress karena sangkarnya terjatuh, stress karena masalah binatang seperti kucing, tikus atau mentalnya “down” karena dengar nada burung lainnya yang lebih gacor dan lain-lain.

TIPS MENGATASI BURUNG JALAK KEBO KURANG GACOR

Berikut ini adalah langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi burung jalak kebo kurang gacor, yaitu sebagai berikut :

Kita mesti cek keadaan burungnya, apa di dasar sangkarnya ada pertanda bulu halus yang rontok, lihat keadaan bulunya apa telah terlihat kering serta beberapa ada yang nyerit? (jika iya, bermakna burung itu akan masuk babak mabung). Cek keadaan kotorannya, apa kotoran atau beraknya encer, berwarna putih, berdarah serta tunjukkan tanda-tanda berak yang tidak normal (Jika iya, bermakna keadaan burung itu tengah sakit). Cek juga latar belakangnya seandainya burung itu alami tanda-tanda stress.

Baca Juga : perawatan burung kenari musim hujan

Langkah yang dapat Gacor Mania lakukan untuk memulihkan keadaan burung kembali normal :

Letakkan burung dalam tempat yang tenang, beri penyembuhan dengan obat merk E-Bodre ditetes langsung ke mulutnya sesuai dengan dosis yang tercantum dikemasannya seandainya burung itu alami sakit atau kurang fit, beri ikut Vitamin Ebod Vit sekitar 5 tetes pada 50 ml air minumnya, sebab tidak hanya memiliki kandungan beberapa jenis vitamin yang diperlukan burung, Ebod Vit dapat juga menurunkan atau menyembuhkan stress pada burung.

Tips Perawatan Harian Burung Jalak Kebo

  1. Burung dimandikan tiap-tiap pagi lewat cara disemprot menggunakan sprayer atau bila sangat mungkin berilah cepuk supaya burung lebih bebas mandinya yakni pada seputar jam 07:00, bergantung keadaan atau lebih siang dikit bila keadaan hujan, serta janganlah lupa jika mandi dengan cepuk, mengambil cepuk kembali jika telah tuntas mandi.
  2. Campur ke air mandinya sampo JATI JAJAR yang berperan untuk melembutkan serta menghaluskan bulu (Sebab memiliki kandungan Aloe vera), menahan sekaligus juga memberantas kuman serta kutu (Sebab memiliki kandungan Desinfektan), dengan perbandingan 2 tutup botol untuk 1 liter air mandinya.
  3. Bila cuaca bagus, lakukan penjemuran saat kira-kira 1 jam serta bisa lebih lama lagi bila keadaan matahari tidak demikian cerah, tuntas dijemur lantas diangin-anginkan diteras.
    Siapkan makanan yang cukuplah seperti voer yang berkualitas.
  4. Beri Extra Fooding seperti jangkrik tiap-tiap pagi 2-3 ekor serta sore hari 2-3 ekor, juga bisa ditambah lagi ulat hongkong 1/2 sendok teh dan beri kroto. Pemberian pisang kepok atau pepaya yang telah diolesi madu harus juga dikerjakan.
  5. Yang tidak kalah terpenting ialah buatlah situasi di sekitar rumah jangan pernah burung terasa tidak nyaman atau terganggu, karena ada binatang seperti kucing, tikus serta kedatangan Manusia penggoda yang memang menyengaja merayu atau sebab tidak paham serta sekedar hanya ingin iseng, jadi jika dapat perihal semacam itu diupayakan untuk dijauhi demi kenyamanan burung, sebab akan punya pengaruh pada fisik serta psikis si burung tersebut serta otomatis akan memengaruhi seni serta kualitas nada serta ocehan burung.

Baca juga : cara merawat burung kenari agar rajin bunyi gacor

Tips Perawatan Burung Masuk Waktu Mabung

Mabung (moulting) atau rontok bulu ialah siklus alamiah pada unggas. Perawatan burung saat mabung jadi perihal yang sangat terpenting, karena kalau perawatan yang dikerjakan salah dapat menyebabkan burung jadi rusak. Saat mabung, metabolisme badan burung bertambah hampir 40% dari kondisi normal. Oleh karenanya, burung butuh mengkonsumsi nutrisi yang berkualitas baik dengan bagian makin besar dari kondisi normal. Jauhkan burung dari burung yang sejenis, karena bisa membuat proses mabung jadi terganggu. Dampak dari ini yakni ketidak seimbangan hormon pada badan burung. Proses mabung ikut berkaitan dengan hormon reproduksi.

Langkah perawatan burung jalak mabung

  1. Tempatkan burung di ruang yang sepi, jauh dari pekerjaan manusia. Semestinya burung makin seringkali di dalam kondisi dikerodong. Mandi cukuplah 1x dalam satu minggu dan jemur optimal 30 menit/hari.
  2. Pemberian bagian Extra fooding diberikan semakin banyak, karena begitu diperlukan untuk pembentukan beberapa sel baru dan buat perubahan bulu baru. Contohnya : setelan jangkrik dibikin 5 ekor pagi dan 5 ekor sore, kroto 1 sendok makan setiap pagi dan ulat hongkong 10 ekor tiap-tiap pagi.
  3. Berikanlah multivitamin yang berkualitas merk Ebod Vit yang digabung di air minum 5 tetes dalam 50 cc air minumnya.
  4. Memperbanyak pemberian buah pepaya, karena buah pepaya sangat mudah diolah sampai memperlancar proses metabolisme badan burung. Selain itu buah pepaya banyak mempunyai kandungan vitamin C yang bisa menolong meningkatkan ketahanan badan burung. Kerjakan pemasteran, sebab waktu mabung membuat burung banyak pada kondisi diam dan mendengar.
  5. Berikut waktu yang pas untuk mengisi macam suara lagu yang pas dengan yang kita kehendaki.
    Jika mabungnya telah beres, beri suplemen merk EBOD-JOSS untuk menahan burung macet bunyi serta percepat burung jadi gacor kembali.

Selamat mencoba, semoga berhasil.

Baca Juga : cara perawatan kenari gacor

Cara Mengatasi Burung Jalak Kebo Kurang Gacor | admin | 4.5