Cara Mengatasi Dan Merawat Kenari Birahi

Burung kenari adalah salah satunya burung sebagai pujaan buat beberapa penggemar burung. Hal tersebut karena burung kenari memiliki warna bulu yang indah dan memiliki nada yang begitu merdu. Hewan peliharaan ini datang dari Kepulauan Canary yang ada dekat dengan Samudra Atlantik. Akan tetapi burung kenari yang berkembang waktu itu bukan burung kenari yang berasal asli dari Kepulauan Canary. Burung kenari sudah lakukan persilangan saat bertahun-tahun hingga kemudian tidak ada burung kenari asli Kepulauan Canary. Nah, ada satu permasalahan yang sering hadir pada burung kenari yakni ketika birahinya tinggi serta tersebut akan diterangkan beberapa hal mengenai langkah menjaga serta menangani kenari birahi tinggi.

Cara Mengatasi Dan Merawat Kenari Birahi

Burung kenari adalah burung yang bila birahi maka dapat menghadirkan permasalahan pada pemiliknya. Karena burung kenari yang birahi akan tidak keluarkan nada serta akan tetap menabrak-nabrak jeruji sangkar dengan cemas. Hingga bila burung yang tengah birahi diikut masukkan dalam perlombaan burung berkicau karena itu peluang untuk menang akan tidak berlangsung. Hal seperti ini bermakna menghadirkan permasalahan buat pemiliknya kan? Diluar itu ada banyak efek negatif yang akan diakibatkan bila kenari birahi seperti:

1. Burung kenari yang birahi bila diikut masukkan dalam perlombaan karena itu akan tidak memperoleh juara karena burung kenari dalam keadaan yang tidak tenang dan menabrak jeruji sangkar.

2. Burung kenari jantan yang sangat birahi akan begitu sulituntuk dijodohkan atau dikawinkan, karena burung kenari jantan yang terasa begitu birahi sehinggaakan menguber kenari betina lewat cara yang kasar.

3. Burung kenari yang birahi akan tidak membunyikan nada merdunya baik di rumah ataupun didalam perlombaan.

4. Burung kenari betina yang sangat birahi akan berefek jelek, ditambah lagi bila burung kenari betina tengah dalam proses mengerami telurnya. Telur itu akan seringkali dibiarkan serta telur tidak berhasil menetas.

Itu beberapa efek negatif yang akan diakibatkan bila burung kenari sangat birahi. Bila burung kenari yang tengah birahi tidak selekasnya diakukan maka dapat berdapak begitu jelek. Oleh karena itu perlu untuk diketahui juga beberapa cara ampuh menangani serta menjaga burung kenari yang birahi. Tersebut cara-cara menjaga serta menangani kenari birahi tinggi yakni:

1. Memandikan burung kenari dengan seringkali dibanding hari umumnya saat tidak birahi. Bila umumnya memandikan burung kenari 1 minggu sekitar 2 kali karena itu kesempatan ini memandikannya 1 minggu 3-4 kali.

2. Beri makanan penambahan berbentuk mentimun sehari-harinya, karena mentimun bisa kurangi birahi pada kenari.

3. Kurangi makanan burung kenari yang berbentuk apel, telur puyuh rebus dan kroto semut. Makanan itu bisa menyebabkan birahi bisa makin bertambah. Hingga lebih baik dihentikan pemberian makanan itu terlebih dulu. Bila burung kenari telah dalam keadaan yang konstan karena itu makanan itu telah bisa dikasihkan kembali.

4. Pemberian biji niger juga semestinya janganlah dikasihkan terlebih dulu. Karena biji niger bisa menyebabkan birahi pada burung kenari. Berilah biji niger bila burung kenari telah dalam keaadaan yang konstan.

5. Kurangi waktu untuk menjemur burung kenari, karena makin hangat tubuh burung kenari karena itu tingkat birahi akan makin tinggi. Bila umumnya kenari dijemur saat 2 jam /hari karena itu semestinya burung kenari dijemur cuma 1 jam saja /hari.

Beberapa pemilik burung kenari semestinya tahu dan pelajari beberapa hal tersebut. Dengan tahu langkah menjaga serta menangani kenari birahi tinggi, karena itu beberapa pemilik burung kenari akan tidak bingung atau salah dalam ambil sikap. Itu beberapa info yang pantas di ketahui serta mudah-mudahan berguna.

baca juga : perbedaan burung kenari jantan dan burung kenari betina

Cara Mengatasi Dan Merawat Kenari Birahi | admin | 4.5