Cara Mengatasi Mabung Kenari Yang Lama Lebih Dari Biasanya

Peristiwa yang barangkali sempat kita alamani saat menjaga burung ialah saat menjaga burung ketika mabung (molting), terpenting pada Burung Kenari, dengan waktu mabung yang tidak normal seperti rutinitas burung yang lain yang memang benar ada saat-saat spesifik yang dihadapi oleh semasing type burung.

Untuk burung kenari memang agak dikit lebih lama bila dibanding dengan mabungnya burung type lainnya, seperti murai batu, kacer, cucak ijo, pleci, jalak suren serta burung type lainnya dengan perbandingan bila waktu mabung kenari rata-rata pada 4 – 6 minggu, akan tetapi ada pula yang sampai 7 minggu, sedang burung type lainnya seperti murai batu, kacer, cucak ijo, jalak suren serta yang lain bertambah cepat dengan rata-rata pada 3, 4, atau s/d 5 mingguan.

Akan tetapi jika waktu mabung burung kenari lainnya dari rutinitas biasanya, dalam makna melewati batas waktu normal, karena itu pantas dipertanyakan apa ada kekeliruan pada perawatan kita sehari-harinya atau mungkin memang benar ada unsur atau aspek keturunan. Bila memang satu diantara hal itu berlangsung karena itu sebaiknya lebih sabar dalam menjaga burung kenari itu saat mabung (molting) tak perlu meremehkan keadaan burung itu. Serta beberapa hal yang butuh dikerjakan saat dalam waktu perawatan burung kenari waktu mabung salah satunya ialah:

  • Tutup sejumlah besar sangkar (3/4 sisi) Dengan keredong, atau bisa dengan juga full keredong namun masih tetap memberi hawa untuk aliran hawa serta pernapasan serta tak perlu sering-sering di buka terkecuali untuk memberi makanan serta menukar minumannya.
  • Kurangi mandi serta jemur serta cuma seperlunya saja
  • Memberi makanan yang mangandung banyak protein, seperti telur puyuh, kecambah / tauge fresh dan tidak kalah pentingnya mesti dikasihkan obat-obatan atau vitamin yang banyak di jual di took-toko burung untuk percepat tumbuhnya bulu-bulu baru sesudah tuntas mabung.
  • Serta saat mabung, tempatkan burung /menggantung burung ditempat yang aman, nyaman serta tenang, dan sedapat mungkin dijauhkan dari sesama type burung kenari.

Keinginan kita atas usaha saat menjaga burung kenari yang tengah mabung ialah bulu lama selekasnya rontok dan digantikan serta tumbuh dengan bulu-bulu baru yang menyebabkan berlangsung kehidupan baru pada burung setetalah mabung. Bahkan juga ada sebagaian saran dari kicau mania yang menyampaikan jika, memaster burung dengan isian-isisn yang kita harap ialah saat burung cocok tuntas dari waktu mabungnya.

Demikian serta mudah-mudahan berguna.

Baca Juga : cara membuat kenari gacor setelah beres mabung

Cara Mengatasi Mabung Kenari Yang Lama Lebih Dari Biasanya | admin | 4.5