Cara Mengobati Kenari Sakit Mencret

Dalam pelihara kenari kadang kita menjumpai beberapa masalah kenari yang mempunyai permasalahan dengan pencernaannya yakni burung kenari mencret, kotoran seperti air, serta berak kapur (putih seperti kapur) kadang juga diketemukan kotoran warna hijau pekat. Penyakit ini diberi nama Fowl Cholera atau nama lainnya berak hijau, berak kapur, serta mencret. Penyakit ini umumnya juga menyerang merpati yakni dengan nama berak hijau. Pemicu utamanya ialah bakteri yang banyak berkembang dalam kandang atau keadaan kandang yang tidak bersih hingga burung dengan tidak menyengaja mencapai atau mengonsumsi kotorannya yang melekat dengan makanan atau air minum.
Umumnya bila kenari telah terserang penyakit ini karena itu bila kita lihat sisi temboloknya karena itu makanan akan tidak turun. Ini ialah bentuk dari ketahanan badan kenari, maksudnya supaya makanan yang sudah tercemar bakteri tidak terserap oleh badan oleh karena itu kotoran yang keluar semakin lebih cair kandang putih atau hijau yang memiliki kandungan empedu.

Untuk menahan supaya burung kenari terlepas dari mencret serta serangan bakteri jahat ini yaitu dengan membersihkan tetap kandang serta tempat minum serta tempat pakan dan tangkringan burung kenari. Memang umumnya dari kita umumnya malas bersihkan kandang ditambah lagi bila burung yang dijaga telah terlalu banyak. Oleh karenanya kita butuh mengawasi jumlahnya kenari yang dijaga supaya semua tertangani dengan baik. Lantas bagaimana bila kenari kita telah terlanjur terserang mencret-mencret serta berak kapur? Sebelum menyembuhkan pasti kita telah memahami apakah pemicu penyakit ini, sebabnya yakni karena bakteri. Jalan keluar yang sangat pas untuk menyembuhkan penyakit ini yaitu dengan memberi obat-obatan yang memiliki kandungan antibiotik.

Menyembuhkan Kenari Berak Hijau
Langkah awal yang perlu dikerjakan untuk menyembuhkan kenari sakit berak ijo adalah :

1. Pisahkan yang tengah sakit dengan kenari yang lain. Penyakit ini begitu menyebar.

2. Membersihkan tempat pakan serta aksesori kenari di tempat terpisah serta bersihkan dengan sabun.

3. Bila kenari tidak ingin makan serta murung berikanlah makanan yang begitu disukainya. Jika kenari saya senang kroto serta telur puyuh.

4. Beri obat yang memiliki kandungan antibiotik pada kenari. Obat-obatan ini dapat didapat di toko pakan atau toko burung dengan merk seperti birdbloon, tetra chlor, serta birdy-cillin lainnya sebagainya. Untuk dosisnya dapat disaksikan dibagian paket.

5. Jemur kenari sampai jam 10 pagi.

6. Kerjakan ini sampai kenari sehat serta kotoran telah normal kembali.

Demikian ialah langkah menyembuhkan kenari sakit kolera yang tengah alami permasalahan ini dapat jadi rujukan untuk menyembuhkan kenarinya.

baca juga : kenari merah red factor

Cara Mengobati Kenari Sakit Mencret | admin | 4.5