Cara Menjinakkan Burung Jalak Suren Malaysia/Kalimantan

Seperti yang kita ketahui, jalak suren Malaysia/Kalimantan dan Jalak Suren India memang populer sulit untuk dijinakkan seperti Jalak Suren Jawa yang populer lebih gampang jinak serta mudah untuk dilatih. Fakta kenapa demikian, mungkin sebab jalak Suren jawa banyak diternakkan serta jarang yang kita dapatkan dipasaran jalak suren jawa hasil tangkapan rimba. Berlainan dengan jalak suren Malaysia/Kalimantan maupun India yang condong sampai sekarang ini belumlah terdengar penangkarannya.

 

 

Kebanyakan orang terpenting buat beberapa pengagum burung (gacor mania) tentu inginkan burung kesayangannya jinak dan gacor. Akan tetapi menurut opini banyak orang serta beberapa ahli kicau mania burung akan dapat gacor seperti burung Jalak Suren Kalimantan/Malaysia serta juga Jalak Suren India dapat jadi rajin bunyi serta gacor mesti dalam kondisi jinak lebih dahulu. Serta buat sebagian penghobi burung, mungkin ada yang belumlah mengerti bagaimana triknya membuat burung Jalak Suren Malaysia/Kalimantan mauapun Jalak Suren India supaya bisa cepat jadi jinak.

Baca Juga : Menjinakan Burung Kenari Dengan Hand Feeding

Pada artikel ini akan dijelaskan sedikit panduan mengenai bagaimana triknya supaya burung Jalak Suren Malaysia itu yang masih tetap liar dapat jadi jinak serta gacor, seperti beberapa tips yang telah dikatakan oleh beberapa ahli Gacor Mania yang telah pakar yang telah membagi pengalamannya tentang tata langkah melulutkan burung.

Untuk Menjinakkan jalak suren Malaysia/kalimantan, Gacor Mania dapat lakukakan beberapa cara, diantaranya :

1. Gantung di tempat terbuka

Menggantung sangkar burung di tempat terbuka serta jauh dari burung yang lain bisa percepat proses penyesuaian burung dengan lingkungan sekitaranya. Tempat terbuka dapat di halaman rumah atau tempat lainnya di luar gantangan umumnya. Yang terpenting burung dapat lihat kondisi sekelilingnya, hingga bertambah cepat menyesuaikan dengan situasi lingkungan di seputar rumah.

2. Gantung dalam tempat ramai

Banyak yang merekomendasikan, supaya cepat jinak, burung mesti digantung dalam tempat ramai atau banyak kegiatan manusia. Tapi, menurut Gacor Mania, perihal ini malah membuat burung semakin depresi serta tidak sudah sempat menyesuaikan dengan sekitar lingkungan.

Langkah tersebut dapat dikerjakan bila telah dikerjakan prakondisi lebih dulu, dengan mengaplikasikan cara pertama. Bila telah menyesuaikan dengan sekitar lingkungan rumah, baru cara ke-2 dapat diaplikasikan.

3. Memandikan burung

Memandikan burung lewat cara mandi basah (mandi sampai basah kuyup) dapat juga membuat jalak suren Malaysia bertambah cepat dijinakkan. Anda dapat menyemprot badan burung sampai basah kuyup, tapi juga bisa memandikan burung dalam tempat dipegang pemilik atau perawatnya. Langkah yang dimaksud paling akhir lebih efisien, serta seringkali dikerjakan orang-tua jaman dahulu saat memandikan perkutut yang masih tetap liar. Beberapa lovebird mania ikut sering mengaplikasikan langkah mandi semacam itu.

Triknya, burung yang dipegang di celupkan beberapa tubuhnya ke wadah berisi air (bak mandi). Tangan kita yang satunya membasuhkan air ke kepala serta badan burung dengan pelan-pelan serta lembut. Langkah semacam ini memang membutuhkan konsentrasi serta pengalaman. Buat yang tidak pernah memegang burung, juga bakal kaget waktu burung berupaya mematuknya, bahkan juga bisa sampai lepas.

4. Memanjakan burung lewat pakan

Sesudah ke-3 langkah diatas digerakkan, step selanjutnya ialah memberi pakan serangga (jangkrik, atau ulat hongkong, atau cacing tanah) langsung dari tangan kita, serta burung dalam tempat dipegang. Bila burung tidak ingin makan, ya janganlah diminta. Biarlah sesaat lamanya, lalu diulang kembali sampai burung betul-betul ingin mengambilnya langsung dari jari-jari Anda.

Selintas berkesan manja, tapi dengan cara itu akan terjaga kedekatan pada pemilik serta burung. Jika perihal ini dikerjakan teratur saat beberapa minggu, jalak suren Malaysia yang sebelumnya giras pasti akan beralih ciri-khasnya jadi sedikit jinak. Bila Anda berkelanjutan dalam melatihnya serta dikerjakan dengan terus-terusan, burung juga menjadi sangat jinak (jinak keseluruhan).

Jika telah jinak, burung semakin lebih rajin berbunyi, lebih gampang dirawat, lebih tahan pada depresi, serta tidak takut kembali lihat manusia yang lalu-lalang di sekelilingnya. Diluar itu, Anda juga dapat memaster jalak suren Malaysia dengan beberapa isian seperti jalak suren jawa. Akan tetapi, dengan catatan, burung dijaga semenjak anakan, atau minimum masih tetap muda.

Semoga Bermanfaat.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Jalak Kebo Agar Jinak

Cara Menjinakkan Burung Jalak Suren Malaysia/Kalimantan | admin | 4.5