Cara Menjodohkan Burung Kenari

Burung kenari mempunyai kicauan yang terdengar merdu, mempunyai warna bulu yang begitu indah, dan postur badan yang relatif kecil tapi demikian seimbang.

Beberapa penggemar burung kicauan tentunya telah tahu mengenai burung kicauan yang satu ini. Bahkan juga hingga saat ini burung kenari jadi satu diantara burung yang seringkali di cari oleh kicau mania, hingga di market dijual dengan harga yang tinggi.

Oleh karenanya, membudidayakan burung kenari adalah jalan keluar untuk beberapa orang yang akan melakukan bisnis. Terutama usaha jual beli burung.

Untuk beberapa pemula dalam melakukan bisnis jual beli burung kenari, tentunya mesti ketahui cara-cara dalam membudidayakan burung ini.

Untuk hal yang paling perlu didalam beternak burung kenari satu diantaranya yakni bagaimana caranya menjodohkan kenari serta mengawinkan burung kenari supaya cepat berkembangbiak.

Budidaya Burung Kenari
Membudidayakan burung kenari termasuk juga kesempatan usaha yang demikian bagus saat ini. Walau demikian terlebih dulu mesti Kita tau lebih dahulu tentang bagaimana caranya mengawinkan kenari dengan benar.

Agar peroleh bibit yang unggul sebab hal semacam ini memanglah langkah awal dari satu usaha budidaya burung Kenari yang perlu di kerjakan.

Burung Kenari termasuk juga satu diantara type burung yang miliki ukuran badan kecil dan mempunyai warna yang berbagai macam. Untuk keunggulan beda kenari ini yaitu termasuk juga satu diantara type burung yang miliki nada yang demikian nyaring.

Dengan keunggulan yang dimiliki Burung Kenari tentunya juga akan memikat beberapa penggemar burung kicau hingga membuatnya jadi burung peliharaannya.

Umumnya ketika mulai beternak kenari diawali dari langkah pilih dari indukan burung kenari. Tentunya jadi peternak kenari harus juga benar benar ketahui seperti apa indukan yang pas untuk diternak.

Tetapi, ini termasuk juga opsional atau pilihan untuk peternak kenari waktu pilih indukan. Sesuai sama tekad peternak kenari menginginkan pilih indukan dari type kenari yang mana.

Disarankan dalam pilih indukan kenari harus juga senantiasa memerhatikan mutunya. Serta yang banyak di cari dari beberapa pengagum kenari.

Agar dapat berhasil dalam beternak kenari, jadi mesti ada step penjodohan kenari betina dengan kenari jantan. Untuk langkah menjodohkan kenari lebih dahulu mesti tau bagaimana ciri kenari yang telah siap kawin.

(baca juga : perbedaan burung kenari jantan dan burung kenari betina)

 

Ciri Kenari Jantan serta Betina Siap Kawin


Saat ini untuk membudidayakan Kenari masih tetap terhalang dengan sulitnya mengawinkan burung kenari. Sebab terlebih dulu mesti di buat persiapan dulu indukan yang sudah siap untuk dikawinkan.

Sebelumnya kita pilih indukan yang favorit, baiknya Kita telah dapat membedakan pada Burung Kenari jantan dan brung kenari betina.

Untuk yang belum juga dapat membedakan type kelamin burung kecil serta cantik ini bisa pelajari lebih dahulu pada yang lebih kuasai.

Jika telah peroleh indukan untuk pejantan dan betina, lalu butuh di buat persiapan keadaan fisik dan mentalnya dengan baik. Fisik dan mental adalah kunci paling utama kesuksesan mengawinkan Burung Kenari.

Lalu untuk keduanya mesti prima. Bila satu diantara belum juga dapat tercukupi jadi perkawinan itu belum juga dapat di kerjakan.

Di bawah ini adalah tanda-tanda kenari jantan serta betina yang sudah siap untuk dikawinkan :

Kenari Jantan
Untuk burung jantan yang sudah siap kawin biasanya indentik dengan kebiasannya diantaranya rajin dalam berkicau atau kenari telah gacor.

Biasanya dapat diliat saat burung kenari jantan berkicau sambil turunkan ke-2 sisi sayapnya.

Umumnya pada burung kenari jantan yang sudah siap kawin, jadi suaranya juga akan makin lantang daripada umumnya. Lalu juga disertai dengan irama yang terdengar panjang, dan tidak terputus-putus.

Kenari yang jantan yang sudah siap kawin pada umumnyajuga diikuti dengan pergerakan naik turun sangkar bila didekatkan dengan burung kenari betina.

Kenari Betina
Pada burung kenari betina yang sudah siap kawin biasanya tampak bimbang atau gelisah ketika dengarkan nada kicauan dari burung kenari jantan.

Saat mendegarkan nada burung kenari jantan berkicau biasanya kenari betina mengepakkan ke-2 sayapnya sembari berbunyi dengan nada kecil atu mencicit.

Kenari yang betina yang sudah siap kawin biasanya juga kerapkali mengangkut daun-daun yang sudah kering, kertas, dan bulu yang rontok. Atau semacam benda dengan struktur lembut serta tidak tebal manfaat dibawa ke atas.

Serta untuk sisi fisik kenari betina diikuti lewat cara mencermati kelaminnya. Bila kelamin pada burung kenari betina membengkak atau tampak memerah, jadi pertanda burung kenari itu telah siap kawin.

 

Langkah Menjodohkan Kenari


Langkah menjodohkan kenari yang pertama kalinya yakni mesti ketahui type kelamin dari semasing burung kenari itu. Tiap-tiap type burung kenari pasti miliki keunikan dari kelamin spesifik.

Langkah menjodohkan kenari yang setelah itu yaitu mempersiapkan kandang yang cocok untuk kenari dan terlindung dari bahaya serangga maupun binatang predator.

Dalam menjodohkan kenari jantan dan betina, terlebih dulu anda bisa mencermati sinyal tanda yang didapatkan oleh keduanya ketika sudah siap untuk sistem perkawinan.

Berbagai langkah menjodohkan kenari yaitu mendekatkan sangkar burung burung jantan dan burung betina dengan saat yang lama. Serta baiknya yaitu 3 hari.

Ketika sistem perjodohan ini, disarankan juga mempersiapkan makanan yang pas untuk burung kenari anda.

Tetapi dengan ukuran yang cocok saja, sebab jika kenari sangat gemuk juga akan menghalangi dalam sistem perjodohan.

 

Langkah Mengawinkan Burung Kenari


Tau tentang umur burung kenari yang telah siap untuk dikawinkan termasuk juga satu diantara hal yang demikian perlu dalam langkah mengawinkan kenari.

Burung Kenari yang telah siap untuk diternak usia yang baik yaitu 6 bln. untuk burung kenari yang betina. Sedang 8 bln. untuk burung kenari yang jantan.

Walau demikian sebagian kenari yang ukuran badannya besar seperti yorkshire miliki umur 10 bln. untuk siap dikawinkan.

Untuk ciri burung kenari yang berhasil pada rangka perjodohan itu salah satunya yakni kenari jantan juga akan sering berkicau atau telah gacor.

Serta pada saat bertengger sisi kakinya juga akan sering bergerak bertukaran. Lalu kenari betina juga akan mengepakkan sisi sayapnya serta kadang-kadang berlaku menungging yang berarti tandanya minta kawin.

Setelah lihat sinyal pertanda, langkah mengawinkan kenari untuk pemula diantaranya yaitu mengambul kenari jantan serta betina dengan menempatkannya pada kandang besar dengan sekat di bagian tengahnya.

Langkahnya yaitu dengan ambil kenari jantan yang telah ada pada sangkar gantung. Lalu memasukkannya kedalam kandang box yang telah diisi kenari betina tetapi jangan pernah burung tertukar.

Jika kenari itu telah berjodoh jadi kenari jantan dan kenari betina juga akan sama-sama meloloh. Setelah itu juga akan berlangsung perkawinan pada burung kenari jantan dan betina.

Sistem ini bisa menelan saat yang singkat hingga berhari-hari lamanya. Untuk burung kenari betina yang telah bertelur terlebih dulu, sistem ini juga akan jalan secara cepat. Walau demikian demikian sebaliknya untuk burung kenari betina yang belum juga sempat bertelur.

Incoming search terms:

  • cara ternak kenari gunung
  • jenis kenari larquedz
  • kenari mata merah tips merawat
  • keunggulan kenari crest
  • keunggulan kenari larquet
  • olx kenari rootbrand
  • suara kenari vs lovebird
Cara Menjodohkan Burung Kenari | admin | 4.5