Cara Menyembuhkan Kenari Cacingan

Burung kenari anda tampak lebih kurus serta kurang bergairah? Makan banyak serta terpenuhi tapi badannya tetap harus tampak kurus kering (nyilet). Bila alami perihal yang demikian kemungkinan besar kenari anda terserang cacingan. Cacingan pada unggas memang sering berlangsung ditambah lagi buat unggas yang biasa nempel ke tanah. Untuk burung kicau seperti kenari walaupun tidak mencapai tanah dengan cara langsung tapi cacing dapat masuk melalui manakah saja, seperti air, makanan, serta kandang yang lembab. Bahkan juga menurut artikel ilmiah beberapa cacing dapat menebar melalui hawa karena cacing banyak diketemukan ditempat yang beriklim tropis seperti Indonesia.

Kembali pada kenari cacingan, kenari yang terserang cacing bila dilewatkan bisa jadi menyebabkan kematian karena kenari tidak dapat menyerap nutrisi dari tubuhnya tetapi terserap oleh cacing. Cacing di dalam badan burung kenari dapat juga tumbuh serta menggerogoti organ dalam kenari serta dapat menyebabkan kematian. Cacing juga sifatnya dapat menyebar, bila berlangsung kontak langsung dengan unggas lainnya bahkan juga pada manusia juga.

Menyembuhkan Kenari Cacingan
Bila burung kenari anda telah positif terserang cacingan atau alami pertanda seperti di atas karena itu mesti lakukan beberapa aksi tersebut.

1. Pisahkan kenari cacingan dari kenari lainnya atau janganlah di taruh bersisihan.

2. Beli obat cacing (merk terserah ada ascaristop, Anti Cacing, Herbolan, dan lain-lain) yang memang dipakai untuk burung. Pemberian obat dapat digabung pada air minum atau langsung bisa diteteskan pada kenari. Bila memakai obat cacing manusia semestinya lihat dosisnya. Bila ingin memakai obat cacing yang alami bisa jadi, tapi membutuhkan waktu yang lumayan lama serta mesti tekun. Obat lami untuk cacingan dapat memakai biji pepaya, daun pepaya, lempuyang dan lain-lain. Pemberiannya silakan ditata sendiri, apa airnya atau dibuat menjadi serbuk saya berikan pada pemiliknya.

3. Saat penyembuhan hentikan dahulu pemberian sayuran serta buah.

4. Beri tetap air masak yang telah masak atau lebih baik air paket.

5. Dengan teratur membersihkan sangkar serta aksesori kandang supaya terlepas dari kotoran.

Cacing memang alami pada burung serta unggas serta datangnya periodik umumnya. Tapi jika terlalu berlebih itu yang butuh dijauhi. Usaha mencegah supaya kenari kita tidak diserang cacingan dapat kita kerjakan salah satunya :

1. Jagalah air minum kenari, beri cuma dari sumber yang bersih. Pakai air paket yang asli bila perlu.

2. Beri pakan yang bersih, sayurnya yang fresh serta dicuci dahulu.

3. Membersihkan kandang jangan pernah kandang kotor atau lembab karena bisa saja sumber cacing berkembang biak.

4. Jemur kandang serta kenari dengan teratur.

Nah mudah-mudahan artikel mengenai menyembuhkan kenari cacingan dapat menolong rekan-rekan gacormania semua yang tengah alami cacingan.

baca juga : cara perawatan kenari gacor

Cara Menyembuhkan Kenari Cacingan | admin | 4.5