Cara Merawat Burung Jalak Kebo Agar Jinak

Pelatihan dengan teratur pada jalak kebo (Acridotheres javanicus) akan membuat burung itu dapat mengetahui majikan serta apakah yang dilatih. Burung ini banyak dicari oleh praktisi burung sebab begitu gesit. Pemilik mesti memerhatikan beberapa aspek bila ingin melatih serta menjaga jalak kebo dengan jinak.

 

 

Berikut Cara-Cara Menjinakkan Jalak Kebo

1. Pemilik Memerhatikan Kesehatan Jalak Kebo

Pemilik mesti memerhatikan keadaan yang berlangsung pada burung jalak kebo. Perawatan pada jalak kebo yang sehat serta yang tengah dalam kondisi yang sakit kondisi sakit berbeda. Perihal ini menjadi hal yang perlu dilihat supaya proses perawatan serta penjinakkan berjalan dengan baik. Oleh karenanya pemilik mesti tahu mengenai beberapa hal tentang burung terpenting mengenai jalak kebo. Perihal ini akan memudahkan proses perawatan.

2. Pemilik Memerhatikan Usia Jalak Kebo

Beberapa pencinta burung semestinya tetap memerhatikan usia dam waktu hidup dari binatang yang akan dipeliharanya. Bila ingin proses penjinakkan terunggul jadi lakukan semuda mungkin. Penentuan pada jalak kerbau yang masih tetap mempunyai usia yang muda semakin lebih cepat untuk menyesuaikan serta mengetahui lingkungan yang tidak cocok dengan habitat atau lingkungan aslinya. Perihal ini terpenting untuk dilihat oleh pemilik burung jalak kerbau bila ingin hasilnya berjalan dengan lancar sebagaimana pecinta merpati yang mengaplikasikan langkah pilih burung merpati balap.

Baca Juga : tips ampuh merawat burung prenjak

3. Pemilik Memerhatikan Lingkungan Tempat Latihan

Pemilik semestinya mempersiapakan tempat yang akan dikerjakan perawatan dan kursus supaya jalak kebo jadi jinak. Tempat tersebut mesti nyaman serta tenang. Tempat yang diambil semestinya terlepas dari lalu lalang binatang predator contohnya seperti kucing. Lingkungan yang dipersiapkan ikut semestinya terlepas dari bisingnya kendaraan bermotor serta kegiatan manusia yang akan mengganggu proses penjinakan.

Bila proses penjinakkan telah mulai dikerjakan di luar jadi semestinya hindari kehadiran pohon-pohon teduh di sekelilingnya. Perihal ini terpenting supaya burung jalak kebo tidak kabur dari tempat kursus.

4. Pemilik Tidak Melatih Waktu Terik Matahari

Pemilik ikut harus memerhatikan waktu kursus serta perawatan. Perihal ini begitu penting dalam menjalin kedekatan pada burung serta pemilik. Pemilik semestinya tahu waktu burung aktif. Pemilik ikut semestinya hindari untuk beraktivitas kursus di luar ruang ketika siang hari atau pada siang hari yang terik, tidak sama dengan waktu aktif burung.

Bila hal itu dikerjakan jadi burung akan rawan untuk alami depresi. Depresi yang berlangsung akan membuat burung kehilangan konsentrasi pada saat perawatan serta penjinakkan. Perihal ini akan beresiko sebab bisa turunkan ketahanan badan burung. Burung yang alami stres akan rawan pada penyakit serta kematian.

5. Pemilik Tidak Melatih Waktu Matahari Tenggelam

Pemilik ikut semestinya tidak melatih burung saat matahari mulai terbenam seperti langkah pelihara burung kenari. Pemilik mesti memahami bila burung saat hari mulai malam akan alami penurunan potensi indera penglihat. Perihal ini akan kurangi konsentasi mereka tehadap apakah yang di ajarkan. Pada saat itu ikut burung jalak kebo akan alami kesusahan untuk terima serta lakukan apakah yang di ajarkan oleh sang pemilik. Pandangan serta pengetahuan mengenai pola hidup jalak kebo penting juga untuk didapati sebelum lakukan perawatan serta kursus seperti.

6. Pemilik Lakukan Pemberian Makan

Saat sebelum dikerjakan kursus semestinya pemilik memahami untuk memberi makan sekali. Perihal ini supaya burung jalak kebo tidak kelaparan lalu alami kehilangan konsentrasi seperti langkah pelihara burung beo. Pemilik harus juga mengingat jika jalak kebo ialah mahluk hidup yang mempunyai proses badan serupa dengan manusia.

Baca Juga : perbedaan burung prenjak lumut jantan dan betina

7. Pemilik Mengusung Makanan Sebelum Kursus

Saat dikerjakan kursus, pemilik akan megangkat sisi makanan burung jalak kebo. Perihal ini dikerjakan sesudah pemberian pakan pada jalak kebo di rasa cukuplah. Jalak kebo akan konsumsi makanan dengan cukuplah serta sama dengan kapasitasnya, demikianlah dikerjakan oleh beberapa binatang. Waktu penghindaran 3 sampai 4 jam akan membuat burung kembali lapar.

Perihal ini sebagai peluang pemilik untuk lakukan pendekatan. Pemilik bisa memberikan makan dengan memakai tangannya. Keadaan burung yang tengah lapar akan digunakan untuk mematuh intruksi yang dikasihkan oleh pemilik. Burung semakin lebih gampang untuk menuruti apakah yang diinstruksikan. Jadi ini ialah panduan tepat yang banyak dikerjakan oleh beberapa pemilik jalak kebo supaya mempunyai burung jinak yang bisa main di luar kandang.

8. Melatih Di luar Sangkar

Perihal pertama yang bisa di ajarkan padanya pada burung jalak peliharaan baru ialah keluar serta masuk dari sangkar. Pemilik bisa lakukan perihal ini dengan tempatkan makanan di tangan. Burung jalak kebo dilatih untuk masuk serta keluar sangkar. Biarlah jalak untuk mendekati pemiliknya. Jalak kebo akan keluarkan beberapa suara spesifik saat kursus. Perihal ini akan begitu baik untuk melatih nada burung juga. Burung jalak yang lapar akan selalu ikuti pemiliknya dimanapun pergi. Kerjakan hal itu dengan berulangkali.

9. Melatih Burung Jalak Kebo Di luar Sangkar

Perihal yang perlu dikerjakan setelah itu melatih jalak kebo di luar sangkar. Bila jalak kebo sudah tahu tangan pemilik perihal ini akan gampang untuk dikerjakan. Penentuan tempat semestinya ada di ruang. Perihal ini akan memudahkan bila jalak kebo ada di luar kendali pemilik. Kerjakan perihal ini dengan tekun dan sabar. Jalak kebo muda akan cepat sekali menyerap serta terima yang diinstruksikan oleh pelatih.

Oleh karena itu terpenting untuk lakukan kursus kembali saat burung alami lapar. Biarlah jalak kebo ikuti pemilik dimanapun pergi dengan makanannya di tangan. Waktu keluarkan semestinya dikerjakan dengan perlahan-lahan. Janganlah keluarkan burung, biarlah burung keluar dengan mengeksplor sisi ruang. Membuka tutup dari sangkar dengan perlahan-lahan.

10. Melatih Dengan Lakukan Siulan

Pemilik dapat juga lakukan kursus dengan menyebut burung melalui siulan yang ciri khas. Perihal ini akan membuat burung kenal nada pemilikinya serta siulan akan tunjukkan pakan. Pakan yang dikasihkan bisa berbentuk ulat hongkong atau voer yang dikit ditebarkan di bagian tangan. Pemilik dapat juga lakukan macam dengan penyebaran di sekitar lantai. Burung jalak kebo yang lapar akan dengan selekasnya mendekati pakan yang disiapkan oleh pemilik.

11. Melatih Di luar Ruang

Pemilik semestinya lakukan kursus saat 3 sampai 4 kali. Bila dikerjakan berulang serta pemilik telah meyakini, pemilik bisa mengajaknya ke luar ruang untuk dilatih. Kerjakan dengan meyakini serta biarlah burung mengeksplor lingkungan.

12. Bersihkan Sangkar

Perihal ini begitu penting untuk mengawasi kesehatan burung. Kerjakan lewat cara yang teratur saat pelihara burung jalak kebo.

Itulah informasi cara merawat burung jalak kebo agar jinak. Semoga Bermanfaat.

Baca Juga : cara memilih prenjak lumut bakalan dan perawatannya

Cara Merawat Burung Jalak Kebo Agar Jinak | admin | 4.5