Cara Merawat Burung Jalak Suren Malaysia/Kalimantan

Jalak suren kalimantan (Gracupica contra floweri) memang tidak seperti burung jalak suren jawa. Burung ini condong berkicau dengan nada aslinya, dimana beberapa gacormania seringkali jadikan nada asli itu untuk memaster burung kicauan di dalam rumah. Mengenai jalak suren jawa lebih menguasai dengan beberapa suara isian / masterannya. Karenanya, Anda dapat menjaga jalak suren Malaysia/kalimantan menjadi burung master, walau dibutuhkan usaha penjinakan lebih dulu mengingat karakter serta ciri-khasnya yang liar/giras.

 

 

Kenapa jalak suren kalimantan lebih liar dibanding jalak suren jawa? Jawaban sangat logis ialah sejumlah besar jalak suren jawa yang berada di market adalah burung hasil penangkaran. Bisa disebutkan, breeding jalak suren jawa telah sampai keadaan baik, hingga beberapa penggemarnya jarang memperoleh burung ini dari tangkapan rimba.

Tapi tidak demikian dengan jalak suren kalimantan. Selama ini, burung yang tersebar di market didominasi hasil tangkapan rimba. Tidaklah heran bila ciri-khasnya lebih giras.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Kenari Agar Rajin Bunyi Gacor

Karakter Jalak Suren Malaysia/Kalimantan

Selintas, tampilan jalak suren kalimantan serupa dengan jalak suren jawa. Perbedaan penting terdapat dibagian atas kepalanya, sebab ada bulu-bulu berwarna putih dengan corak garis putih yang begitu rapat dengan pangkal sampai sisi tengah paruhnya yang berwarna oranye kemerahan.
Selebihnya, warna bulu dibagian badan yang lain sama. Nah, di sinilah beberapa pelaku pedagang nakal sering mengibuli calon konsumen. Sebab harga jalak suren Jawa tambah mahal, mereka menyemir sisi atas kepala jalak suren Malaysia/Kalimantan hingga jadi hitam, sama dengan jalak suren Jawa.

Akan tetapi ada satu perihal yang tidak dapat dikerjakan pelaku pedagang nakal itu. Ke-2 ras jalak suren ini miliki Perbedaan warna pada pangkal paruhnya, serta ini dapat jadi tengara buat calon konsumen supaya tidak tertipu tingkah mereka. Pangkal paruh jalak suren kalimantan berwarna oranye kemerahan, sedang jalak suren jawa putih gading.

Kurangnya jumlahnya penangkar jalak suren kalimantan mengakibatkan stock di market lebih didominasi burung hasil tangkapan alam. Karenanya, pemilik burung mesti melulutkannya lebih dulu. Walau sebenarnya tidak gampang untuk bikin burung ini jinak.

Pakan yang dikasihkan hampir sama dari pakan jalak suren jawa ataupun type jalak yang lain seperti jalak putih, jalak kerbau, jalak nias, dan lain-lain. Burung dari keluarga jalak-jalakan adalah pemakan semua (omnivora), dari mulai buah-buahan, serangga, ikan kecil, katak, bahkan juga kadal.

Nada asli jalak suren kalimantan yang ngerol membuat lebih spesial dibanding jalak suren jawa yang lebih didominasi nada isian. Tidak hanya ngerol, nada jalak suren kalimantan ikut kencang, walau monoton. Oleh sebab itu type nada seperti berikut, jadi burung itu seringkali dipakai untuk temani burung kicauan yang lain, serta sekaligus juga jadikan menjadi burung master.

Baca Juga : Cara Perawatan Burung Kenari Untuk Lomba

Perawatan jalak suren kalimantan

Perawatan jalak suren kalimantan diawali dengan pemberian buah seperti pepaya serta pisang, yang diselang-seling tiap-tiap 1-2 hari sekali. Buah-buahan selalu harus ada, mengingat banyak jalak suren kalimantan yang ingin makan voer. Kalau nantinya telah ngevoer, pepaya serta pisang selalu harus disiapkan sehari-hari supaya burung rajin berkicau.

Serangga yang dapat dikasihkan diantaranya jangkrik, dengan bagian 3-5 ekor /hari, serta dikasihkan dalam dua step (sore dan pagi). Ulat hongkong cukuplah 1 ekor / hari, sedang cacing tanah 2 kali dalam satu minggu.

Jalak suren malaysia/kalimantan suka pada mandi. Jadi, janganlah kaget bila air dalam wadah minum cepat sekali habis sebab digunakannya untuk mandi. Karenanya, kebersihan air minum selalu harus dijaga. Setiap saat lihat air telah kotor, selekasnya ubah dengan air baru.

Penjemuran dapat dikerjakan saat 1-1,5 jam, walau burung ini kuat dijemur terlalu lama. Tapi bagian penjemuran yang terlalu berlebih dapat menyebabkan tidak baik. Penjemuran baiknya diawali seputar jam 07.000 sampai jam 09.00.

Semoga Bermanfaat.

Baca Juga : Perawatan Kenari Gacor Setelah Beres Mabung

Cara Merawat Burung Jalak Suren Malaysia/Kalimantan | admin | 4.5