Cara Merawat Burung Jalak Suren Pada Musim Hujan

Burung jalak suren ialah salah satunya type burung yang mempunyai nada nyaring serta tingkat kecerdasan begitu mempesona. Seperti pada beo, jalak suren ikut mempunyai potensi dalam menirukan nada manusia walau tidak sepintar burung beo.

 

 

Jalak suren memang jadi salah satunya type burung popular di Indonesia yang bahkan juga lebih popular dibanding type burung jalak yang lain serta seringkali diikutsertakan dalam kontes atau arena kejuaraan lainnya.

Terdapat beberapa type jalak suren yang popular, akan tetapi di Indonesia sendiri, jalak suren jawa ialah type yang sangat popular. Dalam pelihara jalak suren ini memerlukan langkah pemeliharaan yang lebih spesifik waktu musim hujan agar keadaan kesehatan jalak suren bisa masih fit saat musim hujan itu. Saat musim hujan, keadaan hawa yang lembab bisa menjadi tempat subur kuman dan bakteri penyakit yang dapat membahayakan burung jalak suren.

Baca Juga : Perawatan Burung Kenari Musim Kemarau Panas

Keadaan badan jalak suren yang lembab dapat juga turunkan kesehatan burung dengan drastis sekaligus juga mengakibatkan kutu serta tungau dapat berkembang biak dengan cepat pada badan burung. Di bawah ini Gacor Mania miliki penjelasan komplet mengenai langkah menjaga jalak suren pada musim hujan yang dapat Anda kerjakan dengan teratur di dalam rumah.

1. Merubah Agenda Mandi

Menjaga jalak suren pada musim hujan harus juga dirubah tidak seperti memandikan burung waktu musim kemarau. Jika jalak suren biasa dimandikan dengan bak keramba yang berisi air penuh, jadi saat musim hujan cuma butuh di isi 1/2 saja. Ini mempunyai tujuan supaya burung tidak seutuhnya membasahi badan waktu mandi.

Diluar itu, bila jalak suren tidak ingin mandi, jadi janganlah dipaksakan sebab pada intinya burung ini mempunyai insting tentang keperluan mandi. Cuaca mendung saat musim hujan sebagai pemicu penting burung ini jadi malas mandi. Pastikan juga untuk mengeringkan bulu burung setelah mandi lewat cara dijemur bila ada cahaya matahari atau dapat memakai handuk lembut dan hair dryer menggunakan temperatur rendah untuk pastikan bulu burung jalak suren masih dalam kondisi yang kering serta tidak lembab.

2. Menjemur Jalak Suren

Menjemur jalak suren saat musim hujan begitu penting untuk mengawasi kesehatan burung. Waktu musim hujan, timbulnya sinra matahari akan tambah lebih dikit dibanding dengan musim kemarau. Waktu tampak cahaya matahari walau sesaat, selekasnya jemur jalak suren itu supaya bisa memperoleh cahaya matahari yang cukuplah sehari-harinya.

3. Lihat Kelembapan

Tidak hanya mengawasi burung jalak suren masih hangat saat musim hujan, panduan ternak parkit yaitu pemanasan sangkar ikut berperan untuk bikin hawa di sekelilingnya masih dalam kondisi yang kering hingga kelembapan dapat dikurangi. Bila tingkat kelembapan sangat minim, jadi dapat mengakibatkan kulit burung jadi kering, bulu ringkih dan permasalahan pernapasan burung yang makin terganggu. Untuk menangani permasalahan kelembapan, anda dapat memberikan pelembab elektronik serta ditempatkan pada sangkar burung.

4. Tambahkan Pemanas Aman

Memberikan type pemanas yang aman sangat diperlukan saat musim hujan supaya keadaan burung dapat masih hangat. Butuh dilihat bila burung mempunyai skema pernapasan yang begitu peka hingga janganlah memakai pemanas yang memunculkan asap sebab dapat beresiko serta mematikan buat burung.

Langkah terunggul untuk menghangatkan badan jalak suren menjadi alternatif matahari ialah memakai lampu neon atau lampu yang memiliki kandungan ultraviolet tidak hanya memiliki kandungan vitamin D. Pemakaian lampu ini makin terpenting dikerjakan saat malam hari karena suhu hawa akan makin dingin. Tidak hanya lampu, anda dapat juga memakai lilin biasa tiada pewangi untuk dinyalakan di seputar kandang supaya meningkatkan kehangatan hawa terutamanya waktu malam hari.

Baca Juga : Tips Mengatasi Kenari Mabung Tidak Tuntas

5. Tambahkan Ekstra Fooding

Memberikan pakan penambahan atau tambahan fooding sangat terpenting dikerjakan supaya kesehatan burung dapat terbangun dengan baik sekaligus juga meningkatkan kehangatan pada burung. Anda dapat memberikan 2 sampai 3 ekor jangkrik tiap-tiap sore dan pagi hari dan memperbanyak bagian ulat hongkong dan kroto.

Semua makanan penambahan ini mempunyai kandungan protein yang cukuplah tinggi hingga dapat memberikan kehangatan pada badan burung saat musim hujan. Tambahan fooding lainnya yang dapat dikasihkan pada jalak suren ialah belalang serta cacing tanah yang adalah sumber protein baik untuk jalak suren terutamanya untuk dikasihkan saat musim hujan.

6. Membersihkan Kandang Dengan Teratur

Pastikan kebersihan kandang saat musim hujan akan kurangi jumlahnya bakteri dalam kandang hingga jalak suren tidak mudah diserang kuman penyakit. Seperti yang kita kenali, saat musim hujan jadi keadaan hawa serta kandang akan makin lembab serta seringkali basah hingga bersihkan kandang mesti dikerjakan sehari-hari dengan teratur. Perihal ini harus juga dikerjakan dalam langkah menjaga jalak kebo agar jinak dalam sekejap serta terlatih berhubungan dengan manusia atau pemiliknya.

7. Kerodong Sangkar Burung

Bila hawa saat musim hujan makin dingin, jadi sangkar dapat dikerodong selama seharian untuk kurangi udara dingin itu. Diluar itu, letakkan ikut sangkar pada tempat yang hangat di rumah seperti ruangan tamu atau ruangan keluarga agar burung masih hangat.

8. Jauhi Memakai Atap Seng

Jauhi ikut memakai bahan seng untuk bahan atap kandang sangkar burung jalak suren karena dapat tingkatkan kandungan depresi pada burung jalak suren. Waktu hujan tengah turun, jadi nada tetes air hujan yang jatuh ke seng akan memunculkan nada bising yang begitu keras hingga mengganggu kenyamanan burung. Jauhi memakai seng menjadi atap kandang burung dan jauhi menempatkan kandang jalak suren dibawa seng yang dapat memunculkan nada berisik itu terutamanya dalam langkah menjaga jalak suren anakan.

9. Lihat Minum serta Pakan

Pemberian minum dan pakan pada jalak suren harus juga dilihat saat musim hujan. Voer mesti ditukar tiap-tiap 3 hari sekali serta semakin lebih bagus bila ditukar sehari-hari yang seringkali dikerjakan dalam langkah penangkaran burung jalak bali. Sedang untuk air minum mesti ditukar sehari-hari serta janganlah lupa bersihkan wadah pakan dan minum menggunakan sikat untuk menghilangkan kuman serta bakteri yang melekat pada wadah itu.

Jauhi memberi tambahan food yang telah basi seperti jangkrik atau ulat hongkong yang sudah mati karena akan tingkatkan resiko penyakit pada jala suren. Beri tetap minuman dan makanan bersih pada jalak suren sehari-hari agar lebih tahan pada virus penyakit.

Baca Juga : Resep Bergizi Untuk Pakan Kenari Sehat

10. Tambahkan Multivitamin

Vitamin harus juga dikasihkan saat musim hujan bila pemberian voer dan tambahan food masih tetap di rasa kurang memenuhi. Diluar itu, bila pakan yang dikasihkan kurang beragam, jadi multivitamin dapat juga dikasihkan untuk memenuhi keperluan nutrisi jalak suren. Pemberian vitamin untuk jalak suren ini umumnya digabung dengan air minum yang harus juga ditukar sehari-hari.

11. Lihat Peletakan Kandang

Walau kandang jalak suren telah dipindahkan ke rumah waktu musim hujan, akan tetapi peluang ada banyak ruang yang masih tetap mempunyai perputaran angin sangat kencang. Untuk menangani perihal ini, anda dapat memakai tisu serta selotip untuk tutup ruang samping kandang atau sangkar hingga burung akan terproteksi dari tiupan angin dingin yang sangat kencang saat musim hujan yang dapat juga dikerjakan pada langkah menjaga perkutut.

12. Beri Buah-Buahan

Beberapa macam buah seperti delima tinggi sekali akan anti-oksidan serta bioflavonoid dan ubi jalar dan labu yang memiliki kandungan beta karoten serta begitu baik untuk dikasihkan pada burung jalak suren. Memberi beberapa macam buah untuk burung jalak suren sangat dianjurkan untuk meningkatkan sumber vitamin yang begitu baik untuk tingkatkan skema kebal badan burung jalak suren.

Diluar itu, beberapa macam buah yang begitu baik dikasihkan pada jalak suren salah satunya ialah apel, pisang dan pepaya. Untuk type apel yang umumnya dikasihkan pada jalak suren ialah apel merah, sedang untuk type pisang yang biasa dikasihkan pada jalak suren ialah pisang kepok putih.

13. Pakai Humidifier

Memakai humidifier dalam ruang begitu penting untuk menghangatkan ruang saat musim hujan termasuk juga dalam langkah pelihara burung kenari. Humidifier ini akan pastikan suhu dalam ruang tidaklah terlalu lembab ikut tidaklah terlalu kering. Akan tetapi waktu memakai humidifier ini, yakinkan telah sama dengan habitat asli burung supaya tidak mengganggu kesehatan burung.

14. Atasi Nada Burung Memiliki masalah

Bila nada burung jalak suren terganggu serta umumnya memang umum berlangsung saat musim hujan, jadi dapat ditangani dengan memberi air putih yang dicampur dengan sedikit garam. Larutan ini dapat dikasihkan pada burung jalak suren yang mempunyai nada serak atau kurangi sakit pada tenggorokan jalak suren.

Langkah menjaga jalak suren pada musim hujan memerlukan langkah pemeliharaan yang berlainan saat musim kemarau. Tingkat kelembapan akan makin bertambah begitupun curah hujan yang membuat perkembangan bakteri makin subur hingga mesti ditangani dengan baik. Kerjakan cara-cara di atas agar kesehatan jalak suren anda masih terjaga dengan baik saat musim hujan.

Demikian artikel tentang cara perawatan burung Jalak Suren pada musim hujan. Semoga Bemanfaat.

Baca Juga : Cara Memasang dan Memotong Ring Burung Kenari

Cara Merawat Burung Jalak Suren Pada Musim Hujan | admin | 4.5