Cara Merawat Burung Jalak Sutra

Keluarga burung jalak yang ada di Indonesia hampir semua macamnya disukai. Terpenting oleh beberapa orang yang akan membuatnya menjadi burung kicauan atau menjadi burung peliharaan. Jumlahnya beberapa orang yang suka pada beberapa type burung jalak-jalakan sebenarnya bukan sekedar mengarah pada burung jalak yang asli datang dari Indonesia saja. Namun, burung jalak yang berasal migrasi dari negara lainnya juga masih banyak pula yang meminatinya.

 

 

Sedang, nama burung jalak yang bukan termasuk juga burung endemik Indonesia, akan tetapi dicari oleh banyak orang ialah burung Jalak Kapas Sutra. Burung Jalak Kapas sutra atau burung jalak Tiongkok yang mempunyai nama latin Sturnus Sturninus termasuk juga type burung jalak yang aslinya dari daratan Himalaya dan dari Tiongkok.  Triknya dengan mendatangi beberapa daerah yang tidak alami musim dingin Indonesia termasuk juga diantaranya.

Pada saat bermigrasi ke Indonesia, burung Jalak Tiongkok biasanya menempati banyak daerah. Seperti dalam Pulau Sumatera, Pulau Jawa, dan beberapa pulau kecil yang berada di sekitaran sunda besar. Biasanya, burung itu hadir pada bulan Oktober s/d bulan Maret lewat cara berkelompok atau dengan ramai-ramai atau ombyokan.

Baca Juga : Pakan Racikan Untuk Ciblek Gacor Ngebren Ngunci

Burung Jalak Kapas Sutra dalam arti asing diberi nama Purple Backet Starling atau Daurian Starling. Burung ini termasuk juga pada grup keluarga sturnidae atau keluarga jalak-jalakan.

Bila dibanding dengan burung jalak type yang lainnya, ukuran atau panjang badan burung ini tampak lebih pendek. Sedangakan untuk burung dewasa saja panjangnya kira-kira seputar 18 cm.

Ciri Fisik Burung Jalak Kapas Sutra

Mengenai untuk beberapa ciri fisik dari burung Jalak Kapas sutra ini ada ketidaksamaan pada jantan serta betinanya. Akan tetapi, untuk ukuran badannya tidak ada ketidaksamaan yang panjangnya cuma seputar 18 cm saja. Serta untuk burung jantan terlihat ada warna abu-abu di bagian kepala dan sisi dadanya. Serta di bagian perutnya berwarna putih jelas, punggungnya tampak berwarna hitam mengkilap yang diperlengkapi dengan kemilau dari warna ungu.

Sedang untuk sisi sayapnya berwarna hitam dikit kehijauan. Lantas untuk yang burung betinanya memang tampak warna abu-abu gosong di bagian atas tubuhnya. Serta di bagian tengkuknya ada bintik-bintik yang berwarna dikit kecokelatan. Lantas warna hitam di bagian sayap dan ekornya.

Pada saat ada di alam liar burung Jalak kapas ini umumnya ada di daerah pesisir yang mempunyai dataran rendah. Pada saat mencari makanan, biasanya burung Jalak Tiongkok mengarah ke serangga kecil, biji-bijian, buah-buahan. Dan cacing dapat jadi makanan favoritnya. Tidak cuma itu, burung Jalak kapas adalah type burung yang bisa hidup dalam kawanan yangmemiliki jumlahnya yang cukup besar.

Sedang untuk musim kawin buat burung Jalak kapas berjalan pada bulan Mei sampai dengan bulan Juni. Serta burung itu akan bangun sarangnya yang ada di pohon-pohon yang dilubangi untuk bersarang.

Baca Juga : Jenis Burung Yang Bisa Dikawinkan Dengan Burung Kenari

Langkah Merawat Burung Jalak Sutra

Sebab burung jalak kapas termasuk juga burung yang bermigrasi dari daerah lainnya atau dari negara yang lainnya. Oleh karena itu, perlakuannya harus juga dikit berlainan dengan burung yang berasal dari negara Indonesia. Namun, bersamaan dengan berjalannya waktu, burung type ini, biasanya akan terlatih hidup di lingkungan serta cuaca baru yang ada di Indonesia.

Jalak kapas Sutra suka dengan beberapa makanan yang sama macamnya dengan burung jalak lainnya. Contohnya seperti, serangga, cacing, kroto, buah-buahan. Dan untuk beberapa burung bahkan juga bisa dilatih mengonsumsi makanan berbentuk voer.

Buat anda yang akan pelihara burung jalak Sutra, anda mesti memerhatikan kebersihan badan dan kebersihan sangkarnya. Di Sehari-harinya burung ini mesti dimandikan dengan langkah semprot menggunakan air dingin atau dengan air hangat.

Itulah langkah sehari-hari merawat burung jalak sutra/ jalak kapas. Semoga Bermanfaat. Salam Gacor Mania.

Baca Juga : Tips mMerawat Burung Jalak Nias Bakalan Bagi Pemula

Cara Merawat Burung Jalak Sutra | admin | 4.5