Cara Merawat Burung Jalak Thailand Agar Rajin Bunyi Dan Gacor

Burung jalak kerak besar / myna (Acridotheres grandis) mempunyai tampilan seperti burung jalak kerbau, tetapi yang membedakannya ialah bentuk jambulnya yang lebih panjang. Di kelompok gacormania jalak kerak besar lebih populer dengan jalak Thailand.

 

 

Walau tidak termasuk juga burung asli Indonesia, jalak thailand seringkali ditemukan di beberapa pasar burung di Indonesia. Burung ini mempunyai lokasi yang menyebar di India, China, Thailand, serta Semenanjung Malaysia. Sekilas penampilannya tampak seperti jalak kerbau yang banyak dipelihara oleh beberapa gacormania Indonesia, bedanya terdapat pada jambulnya yang lebih memanjang. Dalam keadaan normal, panjang jambul jantan bisa sampai 30 cm, dalam keadaan breeding jambul bisa lebih panjang lagi.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Jalak Suren Pada Musim Hujan

Burung Jalak Thailand termasuk juga grup burung yang mudah dalam perawatannya, jalak Thailand juga gampang menyesuaikan dengan lingkungan yang baru, serta mudah jinak. Berikut langkah perawatan burung jalak Thailand supaya rajin bunyi dan gacor.

1. Pilih Burung Jalak Thailand yang berkelamin jantan.

2. Lakukan pemandian burung, dapat dengan semprot atau karamba, pada saat sekitar jam 7 atau jam 8 pagi. (Bila hujan janganlah memandikan burung). Kerjakan penjemuran 1-2 jam dan janganlah lebih. Penjemuran dapat dilakukan pada pukul 8-10 atau jam 9-11.

3. Untuk perawatan keseharian beri pakan beragam setiap hari untuk membuat burung lebih rajin berbunyi. Pakan terbagi dalam buah-buahan (pisang serta pepaya) serta Ekstra Fooding seperti serangga (jangkrik serta ulat hongkong). Jangkrik diberikan setiap pagi 3-5 ekor, serta sorenya 2-3 ekor jangkrik. Juga bisa lebih dengan ulat hongkong 1 sendok makan untuk 2-3 hari. Serta beri kroto satu minggu sekali. Anda dapat juga memberikannya nasi yang bermanfaat untuk penguat daya, sekaligus juga untuk memancing nada.

4. Sebab burung jalak termasuk juga burung yang kotor, anda mesti rajin bersihkan kandang serta perlengkapannya termasuk juga rajin memandikan burung. Perihal ini dapat dikerjakan saat burung itu dimandikan lalu selekasnya membersihkan kandang dari kotoran, serta ubah air minum dengan air bersih baru.

5. Burung jalak jambul Thailand mempunyai nada ledakan yang lebih keras daripada jalak kerbau biasa, suaranya bahkan juga begitu beragam. Karenanya tidak hanya lakukan perawatan teratur, Anda dapat lakukan pemasteran dengan teratur untuk bikin nada kicauan makin beragam. Lakukan pemasteran nada burung lainnya ke jalak thailand. Bisa memakai alat burung, yakni burung yang telah gacor atau dengan alat elektronik seperti HP, MP3 dan lain-lain. Bisa di kerjakan pagi setelah subuh sekitar jam 5 sampai jam 7. Serta sore hari sekitar jam 5 sampai jam 6.45.

6. Buat situasi rumah Gacor Mania tenang, tidak bising oleh suara motor, atau mesin-mesin yang bisa mengganggu. Karena itu bisa membuat stress burung yang masih belum gacor. Dan untuk membuat Burung Jalaka Thailand lebih fokus dalam mengeluarkan suara yang gacor.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Jalak Suren Malaysia/Kalimantan

Tips Sederhana Merawat Burung Jalak Thailand

  • Supaya burung Jalak Thaialand tidak lakukan salto, sebaiknya memakai sangkar yang sedang atau kecil. Bentuk sangkar yang baik untuk burung jalak thailand ialah segi empat.
  • Tenggeran untuk jalak thailand semestinya berdiameter 2cm, terbuat dari ranting yang kuat dan bertahan lama. Sebelum tenggeran di pasang di sangkar, mesti di periksa dulu apa sudah bersih serta tidak tajam.
  • Beri tempat air minum yang sedang, janganlah terlalu kecil serta besar, bila sangat besar akan di pakai mandi si burung dan jika sangat kecil Anda akan lebih sering mengisi ulang air minumnya.
  • Peletakan burung jalak thailand yang telah dewasa jangan terlalu tinggi, malah demikian sebaliknya jika masih tetap anakan letakkan sangkarnya yang cukup tinggi.
  • Sangkar burung jalak thailand yang masih liar semestinya tidak di gantung tetapi di tempelkan di dinding.
  • Sangkar semestinya diletakkan saling berjauhan dari burung yang sejenis atau tidak, supaya tidak saling melihat atau juga bisa di krodong.
  • Masteri burung dengan burung lainnya atau mp3.

Itulah perawatan sehari-hari burung Jalak Thailand agar rajin bunyi dan gacor. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Jalak Nias agar Gacor dan Pandai Bicara

 

Cara Merawat Burung Jalak Thailand Agar Rajin Bunyi Dan Gacor | admin | 4.5