Cara Merawat Burung Kenari Agar Rajin Bunyi Gacor

Kenari termasuk juga satu diantara type burung kicauan terpopular didunia. Walau pamornya dalam lomba burung kicauan di negeri kita masih tetap dibawah murai batu serta lovebird, jumlah pengagum kenari tetaplah termasuk paling banyak. Hal semacam ini karna harga nya yang relatif murah, stock cukup berlimpah, serta perawatannya cukup gampang hingga menarik ketertarikan beberapa pemula untuk memeliharanya. Di bawah ini panduan menjaga kenari bakalan supaya rajin berbunyi.

Pada umumnya, kenari terdiri dari tiga type : postur, warna, serta nada. Karenanya, bila Anda menginginkan memeliharanya, pastikan type kenari yang sesuai sama hasrat. Jika Anda suka pelihara kenari karna tampilan serta warnanya, pastikan kenari type postur atau warna. Bila suka dengan suaranya, tentukan saja kenari bertipe penyanyi.

Walau perawatan kenari dipandang cukup gampang, tetaplah saja memerlukan perhatian sendiri supaya burung jadi rajin berbunyi. Untuk penuhi keperluan pakan hariannya, Anda dapat memberi kombinasi biji-bijian, buah serta sayuran, dan pakan penambahan/extra fooding (EF) seperti telur rebus atau egg food.

Supaya burung kenari jadi lebih rajin berbunyi, dibutuhkan alur rawatan serta pemberian pakan seperti berikut :

 

1. Lakukan pemasteran

Bila tertarik dengan kenari isian, jadi pemasteran jadi langkah yang pas untuk buat nada kicauannya lebih beragam. Pemasteran baiknya dikerjakan waktu kenari masih tetap berusia begitu muda. Ketika tersebut mereka relatif memiliki banyaknya waktu untuk pelajari lagu-lagu baru.
Pemasteran biasanya dikerjakan dengan memakai bebrapa nada burung yang berkarakter seperti nada ngerol atau tembakan, yang semuanya bergantung pada selera semasing.

 

2. Buat burung nyaman

Terdapat beberapa hal yang dapat memengaruhi rajin serta tidaknya burung berbunyi, salah nya ialah rasa aman serta nyaman. Sebagian keadaan di bawah ini dapat buat kenari terasa tidak nyaman, hingga tidak sering keluarkan nada kicauannya :

Pakan serta air minum kurang di perhatikan. Umpamanya kenari senantiasa kekurangan pakan atau air minum, karena yang memiliki malas ganti atau menaikkan pakan/air minum itu.
Sangkar sangat kotor, hingga jadi sarang bakteri atau parasit yang lalu menginfeksi burung serta mengakibatkannya tidak sering berbunyi.
Tempat atau tempat menggantang sangkar seringkali terserang polusi udara. Umpamanya polusi yang keluar dari asap pembakaran sampah atau knalpot kendaraan bermotor.
Burung terus-terusan digantang ditempat yang seringkali didera angin kencang atau ada dekat sumber angin seperti kipas angin, blower, atau kompresor AC.
Burung senantiasa terganggu oleh hadirnya binatang beda seperti kucing, tikus, atau hewan predator yang lain.

Kenari senantiasa ada di dekat sangkar burung beda yang bertemura keras, umpamanya poksay jambul.
Menggantung sangkar kenari ditempat yang sangat lembab dapat juga mengakibatkan burung malas berbunyi serta relatif rawan sakit.

 

3. Pelihara lebih dari satu burung

Untuk memancing supaya kenari jadi lebih rajin berbunyi, Anda dapat pelihara lebih dari satu burung dirumah. Dengan hal tersebut, kenari juga akan terpancing untuk sama-sama bersahut-sahutan.

 

4. Beli burung yang telah bunyi

Berikut yang perlu diperhitungkan banyaknya kicaumania sebelumnya beli kenari. Banyak kicaumania tertarik beli kenari bakalan karena harga nya tambah lebih murah. Tetapi menjaga burung bakalan hingga rajin bunyi memerlukan saat lumayan panjang, terlebih kenari baru juga akan pecah nada saat telah berusia 6 bln. atau lebih.

 

5. Beri pakan dengan tidak berlebihan

Berikan pakan terlalu berlebih juga akan beresiko kurang baik pada tampilan serta kesehatan kenari. Terkecuali dapat buat burung gemuk, pakan yang terlalu berlebih akan buat kenari malas bunyi serta lebih memerhatikan pakannya. Untuk hasil yang baik, beri pakan biji-bijian dalam ukuran yang pas, umpamanya 1/3 cepuk pakan.

 

6. Teratur memberi EF

Terkecuali pakan paling utama berbentuk biji-bijian, kenari harus juga memperoleh nutrisi dari pakan penambahan/extra fooding (EF) dengan teratur. EF yang dapat diberi yaitu buah serta sayuran.

Supaya akhirnya maksimum, pakan penambahan itu dapat dihidangkan dengan beragam. Umpamanya buah serta sayuran dipotong kecil-kecil serta digabung jadi satu, lalu dimasukkan dalam cepuk sendiri.

 

7. Beri egg food

Egg food atau soft food umum diberi pada kenari untuk menaikkan staminanya. Egg food dapat berbentuk potongan telur rebus yang digantung dalam sangkar harian, atau telur rebus yang diracik dengan beberapa bahan yang lain.

Untuk memancing kenari supaya lebih rajin bunyi, pakan racikan egg food bisa diberi tiap-tiap sekian hari sekali, jadi pengganti pakan paling utama (bijian) pada hari itu. Diluar itu, Anda dapat juga mencampurkan pakan bijian kedalam pakan racikan egg food itu.

 

8. Beri daun-daunan hijau

Telah bukanlah rahasia sekali lagi bila kenarimania di Indonesia sering memberi daun yang datang dari tanaman liar jadi alternatif pakan tambahannya. Daun-daunan dari tanaman krokot, mengkudu, dsb diakui dapat buat nada kenari jadi lebih jernih/kristal, hingga dapat membuatnya bertemura lebih terlepas saat berkicau.

 

9. Mandi, jemur, serta jagalah kebersihan

Yang tidak kalah perlunya, Anda mesti senantiasa rajin melindungi kebersihan sangkarnya. Sangkar yang bersih buat burung terlepas dari masalah tungau atau parasit yang dapat menyerangnya. Kenari yang terinfeksi tungau pasti akan tidak dapat berkicau dengan baik, bahkan juga jadi malas berbunyi. Bersihkan sangkar dapat dikerjakan ketika kenari tengah dimandikan.

Mandikan kenari lewat cara disemprot atau memakai bak mandi kecil yang ditempatkan dalam sangkar. Ketika memandikan burung, kita dapat sekalian bersihkan sangkar dari kotoran.

Sesudah mandi, jemur kenari dibawah cahaya matahari, tanpa ada butuh disiapkan pakan, terkecuali pakan penambahan yang berbentuk daun-daunan.

Saat menjemur yang baik yaitu pagi sampai siang hari sebelumnya jam 10. 30. Sesudah cahaya matahari di rasa telah cukup terik, pindahkan kenari ke tempat yang lebih teduh sembari memberi pakan biji-bijian.

 

10. Beri suplemen tambahan

Bila keperluan pakan senantiasa terpenuhi sehari-hari, jadi kenari juga akan jadi lebih aktif serta rajin berkicau. Untuk lengkapi keperluan nutrisinya, Anda juga butuh memberi suplemen penambahan yang dapat menolong merangsang burung supaya lebih rajin berbunyi.

Cara Merawat Burung Kenari Agar Rajin Bunyi Gacor | admin | 4.5