Cara Merawat Ciang-Ciang Agar Rajin Bunyi dan Ngebren

Burung ciang-ciang adalah type burung yang mempunyai postur badan mini akan tetapi populer menjadi burung petarung yang sejati (fighter). Burung ini mempunyai nada tembakan yang dapat memekakan telinga dengan suara kicauannya yang tinggi. Beberapa burung ciang-ciang umumnya gampang dimaster dengan type burung lainnya. Keunikan nada ciang-ciang yakni seringkali keluarkan ngebren atau suara tembakan. Suara tembakan yakni suara keras yang di keluarkan burung dengan tempo nada yang tidak demikian rapat. Sedang makna dari ngebren yakni suara burung ciang-ciang yang di keluarkan dengan tempo rapat, tinggi serta cukuplah keras. Untuk menjaga ciang-ciang keluarkan nada ngebren tidak gampang, butuh perawatan berkelanjutan serta sabar.

 

 

Baca Juga : 3 tips merawat burung ciang-ciang agar gacor setiap hari

Supaya bisa mempunyai burung ciang-ciang yang rajin bunyi serta bermental kuat, kita mesti menjaga burung itu dengan baik. Nah buat anda beberapa ciang-ciang mania, peru tahu apa langkah menjaga ciang-ciang supaya rajin bunyi hingga jadi salah satunya burung yang membesarkan hati.

Aspek dalam perawatan ciang-ciang supaya rajin berbunyi yakni mesti berkelanjutan. Dari mulai pengembunan, mandi, penjemuran, pemberian pakan, pemberian tambahan fooding serta pemberian vitamin. Bila anda menjaga ciang-ciang cuma setengah-setengah jadi burung jelas akan tidak gacor serta ngebren.

Memiliki ciang-ciang yang ngebren rapat serta ngacor ialah harapan tiap-tiap penghobi burung kicau. Ditambah lagi jika sampai tahu burung rawatannya dapat masuk juara dalam arena perlombaan. Hal itu adalah kebanggaan, sebab sekarang ini makin banyak diselenggarakan perlombaan untuk kelas burung ciang-ciang.

Dalam soal perawatan ciang-ciang yang utama yakni kita mesti tahu makanan harian serta tambahan fooding supaya burung anda ingin ngacor serta ngebren. Nah apa sich makanan yang membuat burung ciang-ciang ingin ngebren?

Pakan Harian Ciang-Ciang serta Tambahan Foodingnya :

  1. Jangkrik kecil atau juga bisa jangkrik yang telah dewasa lantas dipotong sisi sayap, kepala dan kakinya.
  2. Kroto.
  3. Ulat (ulat kandang atau ulat hongkong).
  4. Voer memiliki tekstur lembut.
  5. Susu bubu (menjadi kombinasi voer).

Sebetulnya makanan saja kurang cukuplah untuk bikin burung ciang-ciang anda gacor serta ngebren dengan stabil. Oleh karena itu kita mesti tahu langkah menjaga ciang-ciang yang baik serta benar.

Langkah Merawat Ciang-ciang Harian

  1. Perihal pertama yang perlu anda kerjakan yaitu dengan memberi 3 ekor jangkrik kecil saat pagi atau sore hari
  2. Tidak hanya jangkrik, anda dapat juga memberi 3 ekor ulat hongkong yang berwarna putih pada burung Ciblek dengan memotongnya terlebih dulu. Beri pakan ulat ini saat pagi atau sore hari sekali.
  3. Untuk pakan alami berbentuk kroto fresh anda sebaiknya beri sekitar dua atau 3x dalam satu minggu.
  4. Pakan buatan dapat berupa voer lembut. Bukan sekedar voer anda bisa memberikan 2 sachet susu bubuk paket kecil.
  5. Jemur burung Ciang-ciang anda minimum 2 jam dalam satu hari. Penjemuran dapat dilakukan pada pagi hari sebelum dimandikan atau juga bisa sesudah burung dimandikan.
  6. Mandikan burung dengan basah kuyup. Triknya dengan mempersiapkan mangkuk kecil berisi air serta biarlah burung bereksplorasi dengan air dalam mangkuk itu.
  7. Siapkan lingkungan yang nyaman aman serta tenang. Dalam pengertian supaya burung ditempatkan pada tempat yang berjauhan dengan burung predator atau burung semacam supaya keadaan emosinya tidak terganggu.
  8. Kebersihan kandang atau sangkar. Mempunyai sangkar burung yang bersih akan enak dilihat mata serta membuat burung Ciang-ciang anda akan terbangun kesehatannya.
  9. Lakukan pemasteran dengan teratur. Faedah memaster Ciang-ciang dengan teratur akan membuat burung anda ngebren serta gacor. Langkah pemasteran yakni setelah burung anda di mandikan serta di jemur.
  10. Melatih fisik Ciang-ciang lewat cara di umbar. Pengumburan burung berguna supaya burung anda sehat dengan fisik serta mental. Kerjakan pengumbaran satu minggu 2 kali.
  11. Tempel burung Ciang-ciang jantan dengan burung yang masih tetap muda / burung betina minimum 2x dalam satu minggu dengan waktu kira-kira dua jam. Perihal ini mempunyai tujuan untuk mengasah mental sang burung.
  12. Lakukan Testing ke lapangan. Bawalah burung Ciang-ciang anda ke arena perlombaan untuk melatih mentalnya. Anda dapat mengikutkannya dalam arena latber atau latpres di seputar rumah anda.
  13. Berdoa serta masih berkelanjutan.

Demikian penjelasan tentang langkah menjaga Ciang-ciang supaya rajin bunyi. Menjaga Ciang-ciang adalah salah satunya hal terpenting yang perlu dilihat beberapa pemelihara burung, sebab dengan perawatan yang baik serta benar kita akan mempunyai burung kualitas unggul seperti yang kita inginkan. Semoga Bermanfaat.

Baca Juga : tips memilih burung kenari untuk lomba

Cara Merawat Ciang-Ciang Agar Rajin Bunyi dan Ngebren | admin | 4.5