Cara Perawatan Burung Kenari Untuk Lomba

Burung kenari termasuk juga dalam burung yang tidak mangkir dilapangan lomba, baik itu cuma untuk latihan bersama atau mungkin kontes kenari. Menyiapkan kenari untuk lomba sangat terpenting supaya hasil yang dapat didapat dapat optimal atau dapat juara. Burung kenari sebetulnya termasuk juga burung yang gampang perawatannya di banding burung kicau yang lain. Kenari juga memiliki tingkat stress yang rendah menjadi pemulihan waktu drop bertambah cepat. Menjadi kenari memiliki kelebihan sendiri, kita dapat memakai kelebihan ini untuk membuat kenari kita nanti.

Sesudah saya lihat sharing-sharing antar pemilik kenari serta membaca di beberapa rujukan karena itu bisa diambil kesimpulan jika untuk memperoleh kenari juara atau dapat keluarkan perform maksilam dari kenari karena itu kita mesti sesuaikan rawatan kenari berdasar pada ciri-ciri burung itu. Memang tidak sesaat untuk tahu ciri-ciri kenari kita. Kita butuh lakukan eksperimen perawatan yang pas pada kenari kita hingga didapat perawatan untuk kenari lomba yang pas dengan kenari kita. Untuk sedetailnya akan saya sediakan tahapannya supaya gampang dimengerti.

Perawatan Kenari Lomba

Untuk memudahkan dalam penyampaiannya saya buat tingkatan perawatan kenari lomba ini untuk beberapa babak. Awal mulanya memang tidak sesaat dalam membuat rawatan yang pas dengan sesuaikan kenari kita, contoh ada kenari yang sesudah dikasih kroto menjadi ngoceh selalu, ada yang sukanya telur puyuh serta beberapa macam. Kita cuma mesti sesuaikan dengan kegemaran kenari kita.

Lihat ciri-ciri kenari sebelum lomba

Jauh-jauh hari sebelum lomba lihat dahulu ciri-ciri kenari kita, kerjakan coba-coba perawatan atau istilahnya trial and error dahulu. Contoh kita beri telor puyuh apakah dampaknya kemudian, kita beri kroto apakah dampaknya sesudahnya. Saat birahi kita kerjakan beberapa langkah menangani kenari over birahi lihat langkah manakah yang sangat efisien untuk kenari kita. Apa dengan mandi teratur? Atau pemberian sayuran? Atau di gandeng dengan betina supaya kawin? Nah kita cocokkan dengan kenari kita mencari cara yang sangat efisien sama dengan ciri-khasnya. Sesudah tahu ciri-ciri kenari kita karena itu dapat dipadukan dengan perawatan kenari sebelum lomba yang banyak dipakai oleh kicau mania. Perawatan ini diawali h-7 atau satu minggu sebelum lomba kenari.

1. H-7 Kenari diisolasi dari lihat kenari lainnya atau dari dengar nada kenari lainnya. Kenari disendirikan dahulu.

2. Tiap-tiap pagi semprot kenari sampai basah, terkecuali waktu cuaca dingin lebih baik jauhi memandikan kenari. Baca : memandikan kenari dengan benar

3. Jemur kenari sampai kering bergantung berapa kuat kenari bertahan, cocokkan untuk semasing kenari.

4. H-3 sebelum lomba beri kenari buah Apel diselingi Kroto atau telur puyuh, cocokkan saja.

5. H-2 sampai H-1 sebelum lomba kenari janganlah dijemur semakin lama semestinya 30 menitan di panas yang tidaklah terlalu terik. Beri vitamin bila perlu.

6. 1 jam sebelum digantang beri telur puyuh atau kroto cocokkan dengan kenarinya.

7. Waktu di ajang lomba semprot kenari dikit, bila tampak birahi semprot sampai basah. Cocokkan penggantangan kenari dengan karakternya.

Kemudian kenari dapat di istirahatkan atau recovery sesudah lomba. Istirahatkan kenari lomba dengan memberi pakan yang disenangi serta vitamin. Lantas teruskan perawatan harian kenari yang biasa dikerjakan.

baca juga : karakter burung kenari

Sekian Perawatan Simple Untuk Kenari Yang Akan Dilombakan, Satu Kata Dari Kami “Jangan Pernah Berhenti Mencoba”.

Cara Perawatan Burung Kenari Untuk Lomba | admin | 4.5