Cara Ternak Burung Jalak Kebo

Jalak kebo adalah salah satunya spesies burung yang mempunyai ukuran sedang seputar 25 cm, bulunya berwarna abu abu tua serta mempunyai jambul pendek. Burung jalak kebo ikut mempunyai nada yang merdu hingga banyak dicari orang untuk jadikan burung hias atau burung peliharaan. Burung jalak kebo sekarang susah didapati di alam sebab jumlahnya penangkapan yang dikerjakan oleh manusia dan keadaan alam di Indonesia sendiri yang banyak alami rusaknya.

 

 

Dalam kesempatan ini Gacor Mania akan bagikan panduan tentangĀ  langkah penangkaran jalak kebo yang bisa dikerjakan oleh siapapun tentu saja dengan ketelatenan serta kesabaran supaya dapat membuahkan banyak keturunan serta keuntungan. Yuk baca keterangan selengkapnya seperti berikut.

1. Pilih Indukan yang Baik

Sebelum lakukan langkah penangkaran jalak kebo perlu untuk diketahui terlebih dulu bagaimana ciri serta ciri-ciri induk yang baik supaya nanti bisa membuahkan keturunan yang baik juga. Cirinya adalah mempunyai badan yang tegap serta pandangan mata tajam, mempunyai nafsu makan tinggi, badan tidak cacat, bulu yang cemerlang warnanya, dan bebas dari kisah penyakit. baik jantan serta betina mempunyai prasyarat yang sama dengan yang sudah diterangkan.

Baca Juga : Tips Sukses Ternak Kenari

2. Umur Pas untuk Kawin

Burung jalak kebo dewasa yang telah siap atau telah saatnya untuk dikawinkan serta dikembangbiakkan adalah yang berusia minimum 2 tahun di mana pada umur itu dia telah mempunyai birahi yang kuat serta potensi untuk bertelur dan mengerami yang ideal. Bila anda inginkan burung jalak kebo yang selekasnya dapat untuk dikawinkan belilah sepasang yang berusia minimum 2 tahun.

3. Pembuatan Sangkar

Buat persiapan sangkar berbentuk kandang yang permanen dengan besar baik seputar 80x100x180 cm yang terbuat dari kawat dengan menempatkan ranting menjadi tempat tenggera di tengahnya. Berikan semen pada alas kandang supaya nyaman serta tidak lembab. Buat persiapan ikut kotak untuk tempat sarang burung yang di dalamnya dikasih jerami untuk kelak saat burung jalak kebo sudah bertelur.

4. Tempat Sangkar

Sangkar mesti ditempatkan dalam tempat yang sepi serta sunyi, jauh dari bising manusia atau kehidupan moderen, ikut jauh dari polusi serta pencemaran. Lingkungan yang tidak aman akan membuat depresi serta punya pengaruh pada perkembang biakkan dan nafsu makannya. Dia ikut akan tidak ingin bertelur, jadi usahakan supaya mendapatkan tempat yang tenang dengan masih mendapatkan supply sinar matahari pagi yang sehat.

5. Langkah Mengkawinkan

Bila telah mempunyai sepasang jalak kebo jadi saatnya untuk mengkawinkan, pisahkan kedua-duanya terlebih dulu pada sangkar yang berlainan dalam tempat yang bersisihan supaya sama-sama kenal, bila mereka berhubungan dengan sama-sama melihat serta sama-sama bersiul pertanda mereka sudah suka pada keduanya serta selekasnya gabungkan pada sebuah kandang supaya mereka berkawin.

6. Waktu Bertelur

Burung jalak kebo yang sudah bertelur akan menempatkan telurnya serta mengerami pada tempat yang awal mulanya sudah anda siapkan. Usahakan untuk mengawasi keadaan seputar supaya masih tenang serta terproteksi dari predator hingga dia dapat bertelur serta mengerami dengan baik. lengkapi tetap supply nutrisinya supaya dia tidak lapar karena bila dia lapar saat mengerami dia dapat jadi agresif.

Baca Juga : 10 Cara Budi Daya Burung Ciblek Kristal

7. Perawatan Anak Jalak Kebo

Saat telah mempunyai anak jadi anda bisa memberikannya makanan yang lebih halus seperti hewan bergizi yang dihaluskan seperti bubur serta tempatkan di dekat kandang, biarlah indukan itu yang menyuapinya, terkecuali bila indukan terasa kesusahan anda bisa membantunya dengan menyuapi makanan ke anaknya memakai lidi.

8. Type Pakan

Pakan yang terunggul untuk dia adalah yang datang dari alam seperti jangkrik, ulat bambu, ulat jerman, serta voer. Beri dengan bergantian supaya tidak jemu serta mempunyai nutrisi yang seimbang. Beri makanan lewat cara yang disiplin supaya dia mempunyai jam makan serta rutinitas yang masih dan mempunyai metabolisme yang bagus.

9. Penjemuran serta Kesehatan

Burung jalak kebo yang sudah dewasa bisa dijemur tiap-tiap pagi saat matahari pagi cemerlang hangat atau sebelum terik supaya dia mendapatkan vitamin alami yaitu vitamin D yang begitu berguna untuk kesehatan serta kesehatannya. Kerjakan sehari-hari terkecuali bila cuaca tidak sedang berteman seperti saat tengah hujan lebat atau angin kencang.

Kerjakan mencegah dari beberapa hama serta penyakit, yang bertindak dalam perihal ini teurama adalah kesehatan serta kebersihan, baik kebersihan badan burung tersebut ataupun kebersihan kandnag serta lingkungannya. Membersihkan kandangnya keseluruhannya sekurang-kurangnya satu minggu 2x dengan diguyu air serta dibikin bersih dengan sabun dan dijemur sesudahnya supaya betul-betul tidak ada peluang untuk kuman berkembang biak.

Membersihkan juga tempat makan serta minumnya sehari-hari karena sisi itu bila dalam kondisi kotor dapat juga mengakibatkan kuman serta bakteri gampang berkembang hingga burung jadi gampang terular penyakit kulit seperti jamur atau flu. Pastika keadaan kandang jauh dari lembab supaya bebas hama serta penyakit.

10. Pemandian serta Perlindungan

Burung jalak kebo ialah type burung yang begitu sua mandi, di alam bebas dia terlatih bermain riang dengan air di sungai. Mandikan jalak kebo sekurang-kurangnya dua hari sekali supaya tubuhnya fresh serta bebas dari kuman, mandikan lewat cara diguyur dengan perlahan-lahan dengan air bersih yang fresh serta gosok bulunya dengan lembut supaya kotoran serta debu keluar. Sesudahnya keringkan serta jemur.

Burung jalak kebo tidak senang didekatkan dengan hewan lainnya meskipun hewan itu termasuk juga type burung yang sama dengannya. Bila anda mempunyai burung type lainnya jadi janganlah mendekatkan mereka ditambah lagi membuatnya pada sebuah kandang, karena akan membuat mereka berkelahi sebab burung jalak kebo memang condong tidak dekat dengan burung type lainnya.

Untuk pemanenan burung jalak kebo bisa dilakukan saat berat badannya sampai ukuran yang diinginkan pasar serta telah dapat berkawin, jual lewat cara masih membuatnya satu atau berpasangan sebab burung jalak kebo condong berbentuk setia serta suka berkawin cukup dengan pasangannya saja.

Demikian artikel tentang langkah penangkaran jalak kebo. Semoga Bermanfaat.

Baca Juga : Tips Ternak Burung Jalak Nias

Cara Ternak Burung Jalak Kebo | admin | 4.5