Cara Ternak Burung Jalak Suren

Nama burung jalak suren tentu saja tidak asing kembali di telinga beberapa pencinta unggas. Salah satunya burung yang eksotis dengan warna hitam serta putih ini memang dengan gampang menarik beberapa penggemarnya. Tidak cuma eksotis, tetapi burung ini termasuk juga ke salah satunya type burung yang suka berkicau.

 

 

Sekarang ini, tidak gampang temukan jalak suren di alam bebas sebab macamnya yang mulai langka. Untuk menanganinya, seringkali orang pilih untuk lakukan ternak jalak suren. Jika Anda tertarik, di bawah ini ada banyak tehnik dalam lakukan budi daya jalak suren.

Baca Juga : 11 Hal yang Harus Kamu Ketahui agar Burung Ciblek Menang Kontes Dilapangan

1. Pilih Calon Indukan

Dalam pilih calon indukan jalak Suren, umur yang sangat produktif ialah waktu burung berumur 1 sampai 2 tahun. Yakinkan untuk pilih calon indukan yang sehat, jinak, serta tidak terserang penyakit supaya proses reproduksi berjalan dengan lancar.

2. Membuat Kandang Penangkaran Jalak Suren

 

Sebetulnya tidak ada ukuran mutlak untuk bikin terkadang penangkaran jalak suren. Namun, pilih kandang dengan ukuran 80-100 cm (lebar depan) x 90-150 cm (panjang ke belakang) x 180-250 cm (tinggi).

Langkah Menjodohkan Indukan Jalak Suren

Apabila Anda ingin menjodohkan indukan jalak suren, semestinya masukan dahulu ke kandang penangkaran. Ini ialah step awal perjumpaan pada ke-2 burung serta menahan perkelahian waktu diletakkan di kandang penangkaran. Akan tetapi, kerjakan perjumpaan pada ke-2 indukan pada sangkar yang berlainan tetapi ditempatkan bersisihan. Di bawah ini ada banyak langkah untuk menjodohkan jalak suren:

  1. Letakkan calon indukan ke sangkar yang terpisah serta tempatkan sekat salah satunya.
  2. Mengatur tempat wadah pakan dalam sangkar dengan jarak yang bersisihan.
  3. Mengatur tempat tempat menempati burung searah garis lurus serta bersisihan.
  4. Tunggu dalam beberapa waktu ke depan. Jika ada nada kicauan sama-sama bersahutan serta tidur mulai bersisihan, sinyal berjodoh juga mulai tampak. Sesudah itu, membuka sekat antarsangkar.
  5. Berharap diingat jika burung yang telah akur serta tidak menyerang keduanya belumlah pasti akur waktu diletakkan pada sebuah kandang.
  6. Jika ada salah satunya burung yang menyerang, semprotkan air pada burung itu. Akan tetapi, bila langkah tersebut masih tetap gagal, Anda butuh menempatkan sekat pembatas kembali. Ulangilah langkah diatas tiap-tiap 3 hari sekali sampai burung tidak sama-sama menyerang.
  7. Jika Anda terasa jalak suren telah berjodoh, setelah itu letakkan betina ke kandang penangkaran serta nantikan sampai burung tampak tenang.
  8. Dekatkan sangkar burung jantan ke sangkar penangkaran yang telah dihuni betina. Jika ke-2 burung sama-sama bersahutan serta betina tidur menempati pada sangkar jantan, diyakinkan kedua-duanya sudah berjodoh.
  9. Masukan sang jantan ke sangkar penangkaran dengan perlahan-lahan. Sore hari ialah waktu yang pas untuk masukkan burung jantan ke kandang penangkaran. Waktu itu biasa dipakai burung untuk beristirahat hingga kedua-duanya sama-sama tenang serta tidak menyerang keduanya.
  10. Lihat ke-2 burung waktu tidur. Jika mereka bersisihan, kemungkinan telah berjodoh. Kerjakan hal sama pada esok harinya. Akan tetapi, jika masih tetap berlangsung perkelahian, semestinya mengeluarkan ke-2 burung dari sangkar penangkaran serta ulangilah proses perjodohan dari pertama.

Pakan Untuk Indukan Jalak Suren

Pakan untuk indukan ialah perihal terpenting yang perlu dilihat jika Anda ingin lakukan ternak jalak suren. Cukupilah semua keperluan pakan indukan, baik pakan penting atau pakan penambahan.

Pilih voer berkualitas menjadi pakan penting serta pakan tambahan berbentuk ulat Hong Kong, jangkrik, atau pisang kepok. Jika proses perkawinan sukses, indukan jalak suren akan bertelur dalam kurun waktu satu minggu.

Nah, itu tips gampang buat pemula yang tertarik lakukan ternak jalak suren. Mudah-mudahan bermanfaat dan berhasil !!!

Baca Juga : 5 Hal Penting yang Harus Anda Ketahui Sebelum Kontes Kenari

Cara Ternak Burung Jalak Suren | admin | 4.5