Cara Ternak Burung Kenari Di Jamin Sukses

Negara kita mempunyai keanekaragaman flora serta fauna yang tidak terhitung banyaknya. Salah satunya fauna yang berada di negara kita ialah unggas. Unggas jadi salah satunya penopang kehidupan manusia. Ada yang untuk mengkonsumsi ada pula yang jadikan menjadi ‘peliharaan’.

Salah satunya unggas sebagai target beberapa kolektor ialah kenari. Burung kenari jadi salah satunya burung yang banyak yang berminat, hingga sering juga ‘petani’ yang membudidayakan burung kenari. Bahkan juga budidaya burung kenari dapat jadi salah satunya ladang pendapatan yang menjanjikan. Untuk dapat mendapatkan untung yang optimal, pembudidaya mesti tahu langkah ternak kenari yang benar.

Tidaklah heran mengapa beberapa orang banyak yang menyukai dengan burung ini, tidak hanya karena memiliki bentuk yang cantik juga suaranya yang merdu, membuat siapa saja yang dengarkan kicauannya juga bakal terasa nyaman serta damai. Buat anda yang ingin membudidayakan kenari atau ingin menekuni dalam usaha kenari, anda mesti tahu langkah ternak kenari dengan detil, dari mulai penentuan bibit, pemilihan type kelamin, karakter bawaan, hingga saat mereka kawin.

Kesempatan ini GACORMANIA akan mengupas dengan detil tentang langkah ternak kenari yang benar, terpenting untuk pemula. Langkah ternak kenari yang pertama yang perlu kita kerjakan ialah berteman dengan karakter burung kenari, di bawah ini tipikal burung kenari yang perlu anda kenali :

baca juga ; analisa ternak kenari 2018

  • Gampang Terangsang

Tipikal burung kenari yang pertama ialah gampang terangsang, menjadi anda sebaiknya janganlah pelihara satu type burung, karena dia juga bakal tersiksa, sama dengan anda jika jomblo bertahun-tahun ditambah lagi jika umur sudah ada hampir 30 tahun, tentulah cemas serta geliha, begitupun kenari. Burung ini begitu gampang sekali terangsang atau birahi, terpenting untuk burung jantan. Nah, karena burung ini begitu gampang birahi, karena itu pembudidaya akan gampang untuk mengembangbiakan kenari secara cepat, satu lelaki dapat melayani beberapa betina.

  • Burung Petarung

Karakter burung kenari setelah itu, di alam, burung kenari adalah burung petarung, diluar itu, kicauannya yang indah dengan nada melengking menjadi pembuktian jika burung ini ingin disadari kejantanannya. Nah, karena kicauan burung ini yang melengkinglah yang membuat beberapa kolektor kepincut untuk memilikinya.

  • Gampang Dijinakkan

Tipe burung kenari ialah begitu gampang dijinakkan. Jika dia telah kenal dengan empunya karena seringkali merawatnya, memberikan makan, minum, karena itu burung ini umumnya akan berkicau dengan keras waktu bertemu empunya. Burung ini begitu gampang menyesuaikan serta mengetahui sang empunya. Ciri-ciri berikut yang dipunyai oleh burung kenari yang akan tidak kita dapatkan dari type burung yang lainnya.

  • Tidak Mudah Stres

Ciri-ciri burung kenari yang begitu disenangi oleh breeder ialah tidak mudah stress, beda dengan kita yang banyak hutang, tentu mudah stress, oleh karena itu untuk menghilangkan stress kita memelihara burung. Walau burung kenari geser sana-sini, namun masih tetap saja tidak gampang stress. Walau geser sana-sini, burung ini selalu masih berkicau, berikut salah satunya argumen beberapa peternak burung atau breeder suka pada type burung kenari.

  • Gampang Beradaptasi

Jika barusan telah saya terangkan jika burung ini begitu gampang mengetahui empunya, walau burung ini type burung endemik dari Afrika serta Eropa. Akan tetapi karena kekuatannya menyesuaikan di lingkungan baru, karena itu burung kenari begitu wajar untuk diternakkan sekaligus juga dijaga.

  • Persiapan Kandang

Penentuan kandang juga jadi salah satunya perihal yang terpenting dalam ternak kenari. Perihal yang perlu anda lihat ialah kandang yang akan anda untuk jadikan rumah buat kenari mesti bebas dari masalah pemangsa. Untuk mengakali hewan-hewan pengganggu seperti semut, serangga atau hewan kecil yang lain anda dapat memakai kapur ajaib.Untuk sangkar burung yang besar, anda sebaiknya oleskan oli pada masing-masing kaki kandangnya. Untuk menahan serangan dari tikus, dapat tempatkan sangkar pada dinding. Akan tetapi kadang tikus juga dapat melalui celah yang kita buat, jalan keluarnya dengan menggunakan kandang yang kuat terbuat berbahan alumunium. Meskipun sebetulnya tikus cuma ingin ambil pakan kenari akan tetapi kita tidak bisa meleng, karena bisa jadi tikus memangsa kenari kita.

  • Umur Kenari Yang Baik Untuk Diternak

Buat anda yang ingin terjun dalam ternak kenari, butuh anda kenali jika umur baik kenari untuk dibudidayakana ialah 6 bulan untuk kenari betina serta umur 8 bulan buat kenari jantan. Akan tetapi untuk kenari yang bertubuh besar seperti Kenari Yorkshire, umur minimum ialah 1 tahun. Karena Yorkshire lebih lama waktu menuju birahinya. Pada umur tengah, tidaklah terlalu tu atau muda, umumnya betina siap bertelur serta jantan siap membuahi.

Beberapa ciri Kenari Siap Diternak

Dalam rentang 6 bulan untuk betina serta 8 bulan untuk pejantan, kita ju mesti lihat dengan kasat mata bagaimana beberapa ciri dari kenari itu, apa siap untuk dibudidayakan ataukah tidak, pada umumnya di bawah ini beberapa ciri kenari yang siap dibudidayakan:

  • Pertama, jika burung kenari jantan didekatkan ke kenari betina, karena itu si jantan akan mengejar-ngejar si kenari betina serta umumnya akan menabrak kandang ternak burung kenari dengan nada yang keras.
  • Untuk kenari betina, umumnya menggeleparkan sayapnya, karena itu tandanya si betina ingin untuk dikawinkan
  • Pada sore hari akan tampak ke-2 kenari jantan serta betina sama-sama melolohkan makanan ( tempat ke-2 kandang bersisihan )
  • Jika si burung kenari betina telah mulai bangun sarang, karena itu dapat diyakinkan si betina siap ternak.
  • Nah, jika kita telah lihat beberapa ciri seperti diatas, karena itu burung kenari itu telah siap untuk kita budidayakan selanjutnya. Bagaimana? Cukup sudah jelas bukan untuk langkah ternak kenari? Mari kita buat persiapan kandang serta perlengkapan yang diperlukan.

Baca juga : ciri kenari birahi dan ciri kenari siap dikawinkan

Proses Menjodohkan Burung Kenari

Langkah ternak kenari yang tidak kalah terpenting ialah proses perkawinan. Sesudah kita tahu beberapa ciri kenari yang siap kawin, sekarang waktunya kita untuk menjodohkan mereka. Proses menjodohkan kenari yakni kenari jantan serta betina di letakkan pada sangkar yang berlainan. Akan tetapi ke-2 sangkar itu mesti di taruh pada tempat yang bersisihan. Salah satunya kekeliruan ternak kenari yang seringkali berlangsung yakni beberapa peternak pemula buru – buru masukkan kenari jantan serta betina ke pada sebuah wadah.

Umumnya karena kurang tahu serta sangat cepat-cepat dalam mengawinkan kenari, banyak breeder yang tidak berhasil untuk mengawinkan burung ini. Karena kenari serta betina belumlah pasti pas keduanya. Karenanya ada proses penjodohan (menyimpan kandang kenari dengan berdampingan), karena itu kita bisa tahu persiapan kenari untuk dikawinkan.

Bila ke-2 kenari tidak pas kita masukan pada sebuah sangkar, karena itu ke-2 kenari itu akan ‘cekcok’. Jika berlangsung perkelahian di antara ke-2 kenari berjalan lama serta salah satunya kenari kalah, karena itu kita akan kesusahan dalam menjodohkan ke-2 kenari tersebut nantinya. Ditambah lagi bila kenari yang kalah ialah kenari jantan, karena itu si jantan akan trauma serta tidak berani mendekat pada betina. Dapat disebut jika berlangsung perihal semacam itu, karena itu penjodohan kenari kita tidak berhasil 70% untuk nantinya.

Gacor mania umumnya yang menjadikan satu ke-2 kenari pada sore hari supaya hasil lebih maksimal. Tujuan untuk menjadikan satu kenari pada sore hari ialah agar saat malam hari ke-2 kenari itu telah tenang serta rukun, hingga pagi hari telah berjodoh. Karena sesudah kenari itu berjodoh maka meminimalkan kemungkinan kenari yang bertanding serta sama-sama melukai. Walau demikian pemantauan dengan berkala masih butuh dikerjakan, karena kenari bisa bertanding setiap saat bergantung kecocokan.

Tidak ada ketentuan baku untuk beternak kenari. Kita bisa menjadikan satu ke-2 kenari setiap saat asal telah penuhi kriteria di atas. Akan tetapi banyak pakar ternak kenari yang menjadikan satu ke-2 kenari pada sore hari supaya hasil lebih maksimal. Tujuan untuk menjadikan satu kenari pada sore hari ialah agar saat malam hari ke-2 kenari itu telah tenang serta rukun, hingga pagi hari telah berjodoh. Karena sesudah kenari itu berjodoh maka meminimalkan kemungkinan kenari yang bertanding serta sama-sama melukai. Walau demikian pemantauan dengan berkala masih butuh dikerjakan, karena kenari bisa bertanding setiap saat bergantung kecocokan.

Sesudah ke-2 kenari itu tampak rukun, kita mesti memerhatikan isi sarang si betina. Mengambil serta ubahlah sarang yang kotor dengan yang bersih. Serta beberapa isi sarang kita taruh di basic sangkar, karena umumnya isi sarang yang berada di basic sangkar akan dipindah kembali pada dalam sarang. Untuk membereskan sarang supaya tampak elok, umumnya kenari betina senang mencabuti bulu halus kenari jantan atau bulu halus dari kenari betina sendiri. Bila didalam sarang telah ada bulu-bulu halus, karena itu tandanya tidak lama lagi induk betina akan bertelor. Untuk percepat proses bertelor serta kurangi kemungkinan luka karena bulu halus dicabuti, kita dapat masukkan kapas halus ke sangkar seperlunya menjadi alternatif bulu halus itu.

Langkah Tingkatkan Birahi Kenari

Agar kenari kita lebih gress, karena itu butuh memperoleh perlakuan spesial, seperti

  1. Memperbanyak makanan bergizi, seperti telor puyuh, vitamin serta lainnya
  2. Jemur kenari saat pagi hari untuk mengawasi kesehatan serta menahan stres
  3. Saat dijemur dekatkan ke-2 kandang kenari jantan serta betina, agar birahi kenari betina selekasnya naik
  4. Jika Anda mempunyai lebih dari satu pejantan dapat coba mendekatkan ke kenari betina untuk lihat bagaimana kecocokannya
  5. Kita jemur burung kenari kita tiap-tiap pagi hari, karena matahari pagi begitu baik untuk kesehatan serta turunkan tingkat stress burung. Saat menjemur, kita upayakan kita dekatkan selalu dua kenari yang tengah dijodohkan. Bila kita memiliki kenari jantan yang lainnya, sekali sekali bisa kita jemur dengan jantan yang lain, maksudnya supaya birahi kenari betina bisa bertambah.

Proses Pengeraman Telur Kenari

Untuk sampai menetas, kenari memerlukan waktu seputar 12-14 hari tergantung pada kondisi cuaca. Untuk memaksimalkan proses penetasan anda dapat memberi kehangatan buatan dengan cara memberi lampu bohlam 5 watt. Untuk proses penetasannya biasanya akan dikerjakan dengan bergantian satu telur sehari-harinya. Kami begitu menyarankan Anda untuk memisahkan indukan kenari jantan agar tidak mengganggu proses pemberian pakan oleh indukan betina. Akan tetapi, jika indukan kenari jantan tidak mengganggu karena itu bisa masih kita diletakkan di kandang.

Butuh saling kita kenali, tidak ada ketentuan baku tentang langkah ternak kenari, semua bergantung dari pengalaman serta tril error di lapangan, makin banyak pengalaman kita karena itu peluang untuk sukses akan makin besar.

Semoga berhasil dan ternak kenari anda sukses, baca juga : tips sukses ternak kenari

Cara Ternak Burung Kenari Di Jamin Sukses | admin | 4.5