Ciri Burung Jalak Bali

Indonesia negeri di garis khatulistiwa ini mempunyai banyak kelebihan, tidak cuma dengan kekayaan alam serta panoramanya yang menarik. Di tanah air terkasih Indonesia ini, kita dapat juga temukan beberapa ratus satwa endemis nan cantik. Diantaranya ialah burung Jalak Bali. Curik Bali atau yang lebih diketahui dengan nama Jalak Bali, adalah salah satunya spesies burung cantik endemis Indonesia. Burung dengan nama ilmiah Leucopsar rostchildi ini cuma bisa diketemukan sebarannya di seputar Bali.

 

 

Jalak Bali diketahui serta banyak disukai orang sebab kicauannya yang merdu serta tampilan fisiknya yang indah. Akan tetapi, hal itu jugalah yang membuat burung ini jadi target beberapa pemburu liar. Di habitat aslinya, kehadiran burung Jalak Bali begitu riskan oleh perburuan yang mengakibatkan kerusakan serta meneror kelangsungan spesies burung cantik ini di alam.

Baca Juga : Ciri-Ciri Burung Ciblek Sawah

Karenanya ada faktor-faktor yang meneror kelangsungan hidup Jalak Bali itu, populasinya juga jadi amat sedikit. Di alam liar Taman Nasional Bali Barat (TNBB), jumlahnya Jalak Bali yang ada cuma sampai 81 ekor saja. Menjadi hewan yang statusnya dilindungi, Jalak Bali memang dilarang untuk diperjualbelikan terkecuali burung yang dibuat dari penangkaran generasi ke-3. Jadi, Anda juga masih tetap dapat pelihara burung ini, seandainya mendapatkannya lewat beberapa cara yang legal.

Akan tetapi, sebelum membelinya, ketahui dahulu beberapa ciri burungnya agar Anda tidak salah pilih ditambah lagi tertipu penjual. Berikut beberapa ciri burung Jalak Bali:

1. Ukuran

Jalak Bali mempunyai ukuran badan yang relatif kecil, panjangnya tidak lebih dari 25 cm. Burung jantan serta betina mempunyai ukuran tubuh yang berlainan, walau sedikit susah untuk memperbedakan ukuran kedua-duanya. Akan tetapi, pada umumnya burung Jalak Bali jantan mempunyai bentuk badan yang semakin besar serta mempunyai kucir yang lebih panjang dibanding burung betina.

2. Bulu

Ciri yang sangat tampak dari burung Jalak Bali ialah warna burunya. Sejumlah besar tubuhnya didominasi dengan bulu berwarna putih bersih yang menarik, terkecuali di bagian bulu ekor serta ujung-ujung sayapnya yang mempunyai warna hitam.

Baca Juga : Ciri Burung Jalak Suren Sakit

3. Jambul

Burung Jalak Bali mempunyai beberapa helai bulu jambul yang indah, baik pada type kelamin jantan ataupun betina. Jambul ini akan berdiri tegak serta tampak jelas tampak jika burung itu tengah berkicau. Akan tetapi, jambul ini juga kadang-kadang diperlihatkannya walaupun sedang tidak berkicau.

4. Mata

Beberapa ciri setelah itu yang ciri khas pada Jalak Bali ialah dibagian matanya. Burung Jalak Bali mempunyai mata yang berwarna coklat tua. Lantas di daerah seputar kelopak matanya ada sisi yang tidak berbulu dengan warna biru tua yang begitu ciri khas.

5. Paruh

Jalak Bali mempunyai paruh berupa runcing dengan panjang kurang lebih 2 sampai 5 cm, dengan bentuk yang ciri khas. Di bagian atas paruh ada sisi yang meninggi serta memipih dengan tegak. Paruhnya berwarna abu-abu kehitaman dengan ujung berwarna kecokelatan.

6. Kaki

Jalak Bali mempunyai sepasang kaki yang kekar untuk berdiri tegap serta kuat mencengkeram. Kakinya berwarna abu-abu kebiruan dengan 4 jari jemari (1 jari ke belakang serta 3 ke depan).

7. Telur

Burung Jalak Bali mempunyai telur yang berupa oval berwarna hijau kebiruan dengan ukuran rata-rata berdiameter pada 2-3 cm.

Itu info mengenai beberapa ciri ciri khas yang ada di burung Jalak Bali, salah satu type burung cantik asli Indonesia. Dengan mengetahui beberapa ciri itu, Anda juga bisa beli burung yang pas. Semoga Bermanfaat. Salam Gacor Mania.

Baca Juga : Anis Merah Over Birahi

Ciri Burung Jalak Bali | admin | 4.5