Ciri Burung Jalak Kebo Jantan Yang Masih Muda

Walau berkesan sangar dengan bulu tubuhnya yang berwarna hitam, akan tetapi jalak kebo atau jalak hitam masih tetap jadi pilihan banyak pemelihara burung. Proses perawatannya yang gampang serta kicauannya yang cukuplah beragam jadi fakta beberapa orang menjatuhkan pilihan pada burung yang mempunyai nama latin acridotheres javanicus ini. Untuk makannya anda tinggal menyiapkan voer, jangkrik, kroto, ulat hongkong, serangga, dan buah-buahan seperti buah pepaya. Beberapa jenis makanan yang umum serta gampang didapat dan murah harga nya.

Burung ini mendapatkan nama jalak kebo sebab memang dia suka menempati diatas badan kerbau serta memiliki jalinan yang sama-sama menguntungkan atau dimaksud ikut simbiosis mutualisme dengan kerbau. Di mana saat menempati dia ikut mencari serta mengonsumsi kutu yang berada di badan kerbau. Jalak kebo mendapatkan makanan serta badan kerbau bersih dari kutu yang mengganggu. Sama-sama menguntungkan kan?

 

 

 

 

Baca Juga : 10 karakter burung kenari

Tidak hanya warna hitam atau ungu kehitaman yang menguasai semua tubuhnya ada bercak putih pada bulu tubuhnya yang akan tampak jelas waktu Jalak kebo terbang. Diluar itu ekor serta tunggirnya juga berwarna putih. Jalak kebo memiliki ukuran badan tengah yakni seputar 25 cm hingga tidak menyusahkan atau menyusahkan saat dijaga. Burung ini dapat juga dikenali dari jambulnya yang pendek. Dia umumnya hidup dalam grup kecil yang sejumlah sekitar 4-6 ekor. Untuk menemukannya tidaklah terlalu susah sebab menyebar di Asia Tenggara, Asia Timur, dan daerah kepulauan dibagian barat Indonesia.

Jalak kebo termasuk juga burung yang pandai sebab dia dapat diajari atau dilatih untuk berkicau dan menirukan beberapa kata yang disampaikan oleh manusia. Oleh karenanya nada jalak kebo yang sudah terbiasa seringkali dijadikan nada masteran buat burung lainnya. Baik dengan cara langsung atau dengan merekamnya terlebih dulu pada perekam nada.

Jalak kebo yang banyak dijaga ialah yang berkelamin jantan sebab bentuk tubuhnya yang tampak lebih tegap serta terpenting sekali sebab suaranya yang lebih beragam hingga lebih enak didengarkan. Beberapa orang lebih pilih jalak kebo jantan yang masih tetap muda sebab memperhitungkan fisiknya yang masih tetap bugar dan sehat, bulunya yang masih tetap kinclong, dan tentunya harga nya yang tambah murah sebab belumlah terbiasa. Berlainan dengan jalak kebo yang telah jadi serta rajin berkicau yang umumnya di jual dengan harga tambah mahal.

Baca Juga : karakter burung kenari untuk berternak

CIRI JALAK KEBO JANTAN YANG MASIH MUDA

Bila anda merencanakan pelihara jalak kebo terutamanya yang jantan serta masih tetap muda, dibawah ini beberapa ciri jalak kebo jantan serta masih tetap muda hingga anda bisa membedakannya dari yang betina dan yang telah tua. Perihal ini dibutuhkan bila anda beli burung dengan ombyokan di mana pada sebuah kandang ada beberapa burung yang bercampur baik jantan ataupun betina. Diluar itu ikut untuk menahan tingkah penjual burung nakal yang membohongi konsumen dengan menyampaikan burung yang telah tua menjadi burung yang masih tetap muda.

1. Bentuk badan bundar panjang

Jalak kebo jantan mempunyai bentuk badan semakin besar serta panjang hingga saat dipegang akan berasa lebih berat serta berisi. Berlainan dengan jalan kebo betina yang tubuhnya lebih pendek.

2. Kloaka sedikit lebih menonjol

Jalak kebo jantan mempunyai kloaka atau aliran pembuangan urin serta feses yang merasa lebih menonjol dibanding yang betina. Benjolan ini berupa seperti mengkrucut serta di daerah kloakanya ada lebih dikit bulu dibanding dengan betina.

3. Bentuk kepala tampak dikit lebih kotak

Ciri lainnya yang dapat dilihat untuk memperbedakan jalak kebo jantan serta betina ialah dari bentuk kepalanya. Kepala jalak kebo jantan tampak lebih kotak dibanding betina yang tampak membulat.

4. Paruh lebih panjang, tebal, serta kuat

Jalak kebo jantan dapat juga dikenali dari bentuk paruh yang lebih panjang, tebal, serta kuat. Berlainan dengan jalak kebo betina yang paruhnya tampak lebih pendek serta tipis.

5. Lebih aktif berjalan serta bersuara

Gerakan jalak kebo jantan ikut lebih aktif dibanding betina. Demikian juga dalam soal bersuara atau berkicau di mana jalak kebo jantan lebih aktif bersuara dibanding yang betina. Sesudah kita bisa memperbedakan jalak kebo jantan serta betina jadi bukan bermakna pekerjaan kita telah tuntas. Buat anda yang ingin memperoleh jalak kebo jantan yang masih tetap muda jadi ada banyak ciri tersebut yang perlu dilihat hingga dapat memperoleh hewan peliharaan sama dengan yang diharapkan.

6. Kaki tidak bersisik

Jalak kebo jantan yang masih tetap muda bisa dikenali dari kakinya yang masih tetap bersih alias belumlah belum bersisik. Sisik ini tumbuh umumnya pada jalak kebo yang telah dewasa.

7. Warna kaki muda serta tampak basah

Tidak hanya tidak bersisik kaki jalak kebo jantan yang masih tetap muda ikut berwarna muda atau cerah serta tampak basah. Bila penjual burung mengklaim jalak kebo jantan yang dia jual masih tetap muda akan tetapi keadaan kakinya tidak tampak basah jadi anda pantas berhati-hati, bisa jadi si penjual tengah membohongi anda.

Baca Juga : cara menjodohkan burung kenari

8. Corak kaki bersih

Saat beli jalak kebo anda dapat juga memerhatikan corak pada kakinya apa masih tetap bersih ataukah tidak. Bila coraknya bersih jadi kemungkinan jalak kebo jantan itu masih tetap muda.

9. Kuku pendek

Hal-hal lain yang bisa anda lihat waktu beli jalak kebo ialah kuku kakinya. Jalak kebo jantan yang masih tetap muda umumnya mempunyai kuku kaki yang pendek walau perihal ini tidak berbentuk mutlak sebab jalak kebo jantan yang telah dewasa dapat juga mempunyai kuku yang pendek bila rajin dipotong oleh pemiliknya.

10. Paruh di bagian pangkal mulut tampak basah

Kita dapat juga memerhatikan anggota badan yang lainnya yakni paruhnya di mana jalak kebo jantan muda mempunyai paruh yang tampak basah terpenting di bagian pangkal mulut.

11. Paruh berwarna muda

Paruh jalak kebo jantan yang masih tetap muda ikut tampak berwarna muda hingga bisa jadikan patokan waktu beli jalak kebo. Jangan pernah anda salah beli hingga mendapatkan jalak kebo jantan yang telah dewasa. Ditambah lagi yang keadaan kesehatannnya telah alami penurunan.

12. Belumlah sangat liar hingga masih tetap gampang dijinakkan

Ini laku buat jalak kebo yang besar di rimba. Bila masih tetap muda jadi jalak kebo itu semakin lebih gampang dijinakkan. Sesaat jalak kebo yang didapatkan di rimba waktu telah dewasa lebih liar hingga lebih susah dinakkan serta dilatih.

13. Warna badan lebih coklat, iris mata berwarna jingga, dan paruh serta kaki berwarna kuning

Jalak kebo diketahui dengan bulunya yang berwarna hitam dengan dikit garis putih di tubuhnya. Akan tetapi jalak kebo yang masih tetap muda mempunyai warna bulu yang lebih coklat dibanding dengan yang telah dewasa. Diluar itu irisnya tampak berwarna jingga dan paruh serta kakinya berwarna kuning.

14. Sikap serta postur badan

Jalak kebo jantan yang masih tetap muda dan punya potensi jadi jalak dewasa yang baik serta mempunyai mental yang bagus dapat juga disaksikan dari sikap serta postur tubuhnya saat muda. Jalak kebo ini tampak berdiri tegap serta bertengadah dengan baik hingga wajar buat anda beli.

15. Belumlah dapat berkicau

Jalak kebo jantan yang masih tetap muda umumnya belumlah dapat berkicau. Lalu bagaimana pastikan apa dia berpotensi menjadi burung pengicau yang baik? Anda bisa memerhatikan nada yang dia mengeluarkan. Walau jalak kebo jantan yang masih tetap muda belumlah dapat berkicau akan tetapi dia bisa keluarkan nada ‘crek’ saat ke-2 kakinya dipegang serta tubuhnya digerak-gerakkan. Bila bunyi ‘crek’ itu terdengar tebal jadi kemungkinan jalak kebo muda itu bisa dilatih untuk berkicau dengan baik hingga jadi jalak pengicau yang baik waktu dewasa.

Itulah di antara beberapa ciri jalak kebo jantan yang masih muda yang bisa menjadi patokan buat anda saat membeli jalak kebo. Dengan memerhatikan beberapa ciri ini, anda tidak akan salah beli serta dapat memperoleh jalak kebo jantan yang betul-betul masih tetap muda serta berpotensi hingga lebih gampang dijinakkan serta dilatih dan bukan sekedar habiskan pakan saja.

Semoga Bermanfaat.

Baca Juga : cara perawatan burung kenari untuk lomba

Ciri Burung Jalak Kebo Jantan Yang Masih Muda | admin | 4.5