Ciri Burung Jalak Suren Malaysia/Kalimantan

Burung jalak termasuk juga salah satu type burung kicau yang banyak dicari oleh beberapa penggemar burung. Ada beberapa jenis type burung jalak, serta salah satunya yang mempunyai nada indah dan berkarakter yakni burung jalak suren. Jalak suren bisa disebutkan menjadi salah satunya type yang cukuplah disukai diantara type burung jalak-jalak yang lainnya. Suaranya memang terdengar merdu serta mempunyai kicauan yang ciri khas, oleh karena itu burung ini dikasih harga yang tinggi.

 

 

Burung yang badannya memiliki ukuran tengah serta ciri cirinya umumnya berwarna hitam serta putih dengan sentuhan dikit warna kuning yang ada di bagian matanya. Burung ini pula pandai karena bisa dilatih sampai dapat menirukan nada manusia seperti dalam burung beo. Keterampilan yang dipunyai oleh jalak suren berikut yang membuatnya begitu disukai beberapa penggemar burung.

Baca Juga  : Ciri-Ciri Burung Ciblek Sawah

Sekurang-kurangnya ada tiga type burung Jalak Suren yang telah populer, salah satunya ialah burung Jalak Suren Jawa atau biasa dijuluki dengan Jalak Uren. Setelah itu ada pula Jalak Suren Sumatera serta Jalak Suren Malaysia. Nah, untuk Jalak Suren Malaysia, burung ini dapat juga didapati di Pulau Kalimantan.

Untuk sisi warna bulunya memang tidak sebagus burung Jalak yang datang dari Jawa. Jalak suren Malaysia/kalimantan (Gracupica contra floweri) memang lain halnya dengan burung jalak suren jawa. Type burung ini condong berkicau memakai nada aslinya. Beberapa penggemar burung kicauan ikut sering jadikan nada asli itu untuk memaster burung kicauan di dalam rumah. Sedang untuk burung jalak suren jawa lebih menguasai dengan beberapa suara isian / masterannya. Oleh karenanya, Anda bisa menjaga jalak suren kalimantan untuk jadikan menjadi burung master. Meskipun mesti ada usaha penjinakan lebih dulu karena mengingat karakter serta ciri-khasnya yang liar atau ciri-khasnya yang giras.

Ciri Ciri Jalak Suren Malaysia

Selintas bila disaksikan, ciri-ciri jalak suren Malaysia ini serupa dengan jalak suren jawa. Ketidaksamaan pentingnya ada di bagian atas kepalanya. Karena ada bulu-bulu berwarna putih dengan corak garis putih yang diketahui cukuplah rapat dengan pangkal sampai dengan sisi tengah paruhnya yang berwarna oranye cukup kemerahan. Walau memiliki nama yang sama, namun Jalak Suren yang datang dari Jawa serta Jalak Suren yang datang dari Malaysia memiliki beberapa ketidaksamaan.

Untuk ciri-ciri jalak suren Malaysia ini yakni mempunyai corak berwarna putih yang ada dibagian kepala, tidak seperti burung jalan Jawa yang rata-rata mempunyai kepala berwarna hitam polos. Diluar itu ciri ciri jalak suren Malaysia dapat juga dilihat dari warna bulu burung jalak suren Malaysia. Yang manakah saat dewasa bulunya tidak sebersih atau sebaik dengan bulu yang dipunyai oleh Jalak Suren dari Jawa. Begitupun bila disaksikan dari suaranya. Burung Jalak Suren yang datang dari Malaysia ini didapati kurang pintar menirukan beberapa suara master seperti dalam burung yang datang dari Jawa. Jika dibedakan menurut sifatnya, burung yang datang dari Jawa ini biasanya lebih gampang untuk dijinakkan bila dibanding dengan burung yang datang dari Malaysia.

Keunggulan Burung Jalak Suren Malaysia

Walau burung ini tidak memiliki macam nada yang bermacam, akan tetapi burung Jalak Suren yang aslinya dari Malaysia ini memiliki karakter yang cukuplah gacor. Lalu ikut condong rajin berkicau setiap waktu. Ditambah lagi bila ada orang yang mendekatinya. Dengan begitu, burung Jalak Suren Malaysia ini lebih diambil untuk mengawasi rumah jadi alternatif anjing.

Semoga Bermanfaat. Salam Gacor Mania.

Baca Juga : Ciri-Ciri Burung Ciblek Tambak

Ciri Burung Jalak Suren Malaysia/Kalimantan | admin | 4.5