Habitat Asli dan Karakteristik Burung Jalak Brahmana

Salah satunya type burung kicauan yang sangat banyak dijaga oleh beberapa penggemar burung kicauan yang berada di beberapa lokasi yakni burung jalak. Burung jalak nyatanya mempunyai sangat banyak type dengan keunikan yang berlainan. Salah satunya type burung jalak yang dijaga oleh beberapa penggemar burung kicauan yakni burung jalak Brahmana.

 

 

Burung jalak brahmana ikut seringkali dimaksud dengan brahminy starling. Keunikan burung jalak brahmana yakni mempunyai jambul panjang serupa dengan jalak bali. Daerah persebaran burung jalak brahmana ini yakni ada di lokasi Asia Barat daya, terpenting di timur laut Afghanistan. Diluar itu ada juga di sejumlah negara di Asia Selatan seperti Nepal, India, Pakistan, serta Srilanka.

Baca Juga : Manfaat Cabai Untuk Burung Kenari

Habitat Burung Jalak Brahmana

Di habitat aslinya, brahminy starling sering terlihat dalam koloni kecil di lokasi rimba kering, perkebunan. Serta bahkan juga di lokasi candi, kuil, atau pagoda di Asia Selatan. Dengan begitu, ada pula yang menyebutkan burung ini menjadi jalak pagoda.

Jalak brahmana (Sturnia pagodarum) ikut merujuk pada rutinitas hidupnya yang sering tampil di pagoda-pagoda. Sedang untuk brahminy, atau brahmana ini sebab burung ini jambul burung ini yang serupa dengan rambut tradisionil seseorang brahmana atau seseorang pendeta di India.

Makanan Burung Jalak Brahmana 

Di India, sangat banyak orang yang menangkarkan burung ini, karena kekuatan pasarnya bagus. Tidak cuma mempunyai fisik yang cantik, kan tapi brahminy starling ikut mempunyai nada kicauan merdu. Bahkan juga, burung ini juga di-export ke Eropa serta beberapa negara di Asia, termasuk juga Indonesia.

Makanan burung jalak brahmana ini sama seperti seperti dalam burung dari keluarga jalak-jalakan (Sturnidae). Karena jalak brahmana termasuk juga type burung pemakan semuanya alias omnivora. Karenanya, dalam perawatan harian, mereka dapat dikasihkan pakan buah-buahan serta serangga seperti kroto serta ulat hongkong atau ulat jerman. Hingga, buat anda yang memeliharanya, anda dapat memberi extra fooding (EF) yang berbentuk ulat hongkong serta Kroto.

Makanan burung jalak brahmana tidak hanya ke-2 type pakan itu, nyatanya suka juga dengan nektar dari tanaman bunga. Dengan begitu, jika anda pelihara burung ini, anda bisa berusaha untuk memberikannya nektar bikinan.  Beberapa pemelihara jalak ini pula mengaku, brahminy starling memang lebih selektif untuk pilih pakan. Burung ini tidak demikian senang dengan pisang kepok, pakan burung jalak brahmana yang sangat disenangi yakni buah-buahan manis seperti pepaya.

Baca Juga : Anis Merah Birahi

Perawatan Burung Jalak Brahmana

Burung jalak brahmana di kesehariannya memang kurang menyesuaikan dengan buah-buahan lokal. Jika dalam perawatannya anda memberi pisang kepok, burung ini tidak ingin menyantapnya. Akan tetapi bila pakan telah habis, serta tidak ada EF kembali, baru pisang ingin dikonsumsi. Semuanya adalah persoalan rutinitas dan pembiasaan.

Dalam perawatannya anda mesti dapat tahu manakah yang disebut makanan burung jalak brahmana yang disenangi serta tidak disenangi. Pemakaian nektar bikinan dapat juga anda untuk jadikan pengaman burung ini dari resiko kematian karena tidak ingin makan. Contohnya saja waktu anda susah memperoleh kroto serta ulat hongkong, lantas burung masih belumlah ingin makan pisang serta jangkrik. Supaya bisa perpanjang umurnya, anda bisa memberi nektar dahulu, sampai anda bisa mendapatkan EF yang disenangi oleh brahminy starling.

Nada Jalak Brahmana

Untuk kicauan yang dikeluarkan oleh burung jalak brahmana / brahminy starling terdengar lebih serupa dengan jalak suren. Namun, untuk volumenya tidaklah terlalu kencang.

Suitan-suitan ciri khas jalak dapat juga seringkali terdengar, dan nada ngeriwik yang cukuplah panjang. Diluar itu ikut diselingi pergerakan kepalanya yang terlihat ngejambul.

Itulah beberapa ciri, karakteristik serta habitat asli dari burung jalak brahmana. Terimakasih. Semoga Bermanfaat.

Baca Juga : Download Gratis Suara Burung Kenari Terbaru

Incoming search terms:

  • gambar burung cucak ijo muda jantan dan betina
Habitat Asli dan Karakteristik Burung Jalak Brahmana | admin | 4.5