Karakter Burung Kenari Untuk Berternak

 

Beternak Kenari mempunyai prospek baik dari sisi finansial. Pasalnya, kenari mempunyai market share yang cukup bagus. Hal itu tampak dari ketekunan serta banyak orang yang menginginkan mempunyai kenari jadi burung peliharaan dirumah.

Terkecuali karna kicauannya yang merdu serta warnanya yang indah, di bawah ini yaitu sebagian argumen orang pilih kenari jadi burung peliharaan.

 

1. Berbentuk Petarung

Pada intinya, kenari adalah burung petarung. Di alam bebas, kenari punya kebiasaan agresif untuk menjawab kicauan burung yang lain. Oleh karenanya, kenari begitu gampang dirangsang untuk berkicau waktu lomba.

 

2. Gampang Beradaptasi
Karna telah di kenal mulai sejak lama jadi burung peliharaan, umumnya Anda juga akan memperoleh kenari yang terlebih dulu juga dijaga oleh peternak beda. Untungnya, kenari cepat beradaptasi ditempat yang baru hingga tidaklah heran banyak pencinta burung yang menyenanginya.

Kenari juga cepat mengetahui pemiliknya. Bila berjumpa pemiliknya, kenari juga akan berkicau dengan nada melengking. Karakter itu memerlihatkan begitu mudahnya kenari menyesuaikan dengan yang memiliki barunya. Tersebut penyebabnya kenari import gampang dijaga di sebagian negara.

(baca juga : perbedaan burung kenari jantan dan burung kenari betina)

 

3. Tidak Gampang Stres

Walau sangkarnya dipindah berulang-kali, kenari tidak lalu stres. Hal itu berlainan dengan type burung yang lain. Sebagian burung sangat terpaksa di jual sepaket dengan sangkarnya karna alami stres dengan tempat baru. Nah, hal semacam ini tidak sering berlangsung pada kenari. Anda bisa menjualnya per ekor tanpa ada sangkar atau mungkin dengan sangkar.

 

4. Gampang Dibedakan Type Kelaminnya
Kenari mempunyai tanda-tanda type kelamin yang pasti. Hal semacam ini pasti begitu mempermudah beberapa peternak kenari dalam membedakannya. Beberapa konsumen kenari juga gampang lakukan pengecekan. Kenari jantan diikuti dengan bentuk telur lonjong, badan tinggi ramping, dubur menonjol ke atas, dan seringkali mengoceh pada usia 1 bln.. Kenari betina mempunyai telur bulat, bentuk badan lebih diisi, dan kurang banyak kicauan pada usia 1 bln.

Dengan modal terbatas, Anda bisa lakukan modifikasi type kenari. Langkahnya dengan lakukan kawin silang diantara sebagian type kenari. Kawin silang ini adalah perjodohan kenari import dengan lokal supaya hasilkan anak yang unggul. Umumnya yang jantan yaitu kenari import, sedang yang betina yaitu kenari lokal.

Hasil persilangannya juga akan dikawinkan dengan kenari import sekali lagi, hingga pada akhirnya kenari lokal serta lokal yang dikawinkan. Akhirnya yaitu kenari yang berkwalitas bagus, namun harga nya bisa dijangkau banyaknya pencinta kenari.

Lantas, mana yang lebih untungkan, beternak kenari import atau lokal? Sesungguhnya, semuanya kenari awalannya yaitu import. Walau demikian, sebagian kenari sudah dikawinsilangkan hingga jadi kenari lokal. Pada akhirnya, kenari mempunyai banyak type serta warna. Hal itu jadi kekhasan sendiri.

Sebenarnya, beternak kenari import serta lokal mempunyai persentase keuntungan sama. Umpamanya Anda beli kenari lokal jantan serta betina untuk dikembangbiakkan. Anda juga akan jual anakannya dengan harga lokal. Modal yang di keluarkan tidaklah terlalu besar, demikian halnya dengan keuntungan yang didapat.

Bila Anda beternak kenari import yang dibeli dengan harga tinggi, anakannya dapat juga di jual dengan harga tinggi. Dengan kasat mata, keuntungannya tampak semakin besar. Walau demikian, bila dibanding dengan modalnya, persentase keuntungan juga akan sama juga dengan beternak kenari lokal.

Diluar itu, Anda juga butuh memperhitungkan market share serta perawatan sepanjang beternak kenari. Dengan harga lebih ekonomis, kenari lokal umumnya memerlukan perawatan yang umum saja, memiliki peminat semakin banyak hingga resiko dagang yang di ambil juga relatif aman. Disamping itu, kenari import memerlukan perawatan ekstra serta lebih susah memasarkannya, namun keuntungannya dapat juga berlipat-lipat. Jadi, silahkan Anda pikirkan mana yang paling baik!

Karakter Burung Kenari Untuk Berternak | admin | 4.5