Karakteristik Dan Ciri Burung Jalak Nias

Beternak burung jalak memang dapat meningkatkan pemasukan keluarga bahkan juga dapat jadi sumber pendapatan. Saat beberapa waktu terakhir banyak orang berubah pelihara jalak sekedar untuk hiburan atau meningkatkan pemasukan. Nyatanya burung jalak masuk dalam kelompok burung beo hingga ada banyak type jalak yang dilatih untuk bicara. Bila disaksikan dengan selintas, memang benar ada keserupaan pada burung beo dengan jalak, namun dari bagian type burung jalak begitu bermacam. Mungkin sampai saat ini ada banyak orang pelihara burung jalak untuk dilatih suaranya serupa seorang manusia atau menjadi hewan peliharaan saja.

 

 

Salah satunya type jalak yaitu jalak nias seringkali dibicarakan di publik sebab dari bagian kepintaran menirukan nada yang termasuk bagus. Tidak heran jika type jalak nias jadi primadona di Indonesia sebab kepintarannya. Jalak nias mempunyai nama lainnya yaitu Achridotheres Tristis yang sampai saat ini masih tetap dicari beberapa penggemar burung.

Karakter jalak nias termasuk unik sebab begitu bermacam dari semua anggota badan sampai warna bulunya. Bila Anda ingin tahu tentang karakter burung jalak nias, di bawah ini ada penjelasannya dengan komplet.

Baca Juga : 10 Karakter Burung Kenari

CIRI-CIRI BURUNG JALAK NIAS

Ciri dari burung jalak nias dapat dilihat dengan detail terpenting dari dominasi bulu berwarna coklat di sekujur badan. Akan tetapi bukan sekedar berwarna cokelat saja, kadang ada bagian-bagian badan yang mempunyai warna bulu hitam, kuning, serta putih. Jadi Anda mesti lebih cermat dalam memastikan type burung satu ini.

Satu karakter jalak nias selanjutnya terdapat dibagian paruh serta kulit mata yang tampak tidak ada bulu berwarna kuning seperti type jalak yang lain. Bukan sekedar sisi paruh saja, dibagian kaki ikut tidak ada bulu berwarna kuning. Penggemar burung jalak dapat lihat sisi kepala sampai tenggorokan jalak nias yang mempunyai corak atau warna abu-abu cukup kehitaman. Nyatanya tidak cuma di bagian tenggorokan saja, dibagian ekor dan ujung sayap ikut mempunyai warna abu-abu kehitaman.

Anda dapat memerhatikan sisi bawah perut dan pantat jalak nias di mana condong berwarna putih dan memiliki panjang badan yaitu 23 sampai 25cm. Sesudah memerhatikan beberapa ciri jalak nias, selanjutnya kita akan lihat seperti apakah beberapa ciri dari jalak jantan serta betina yang tentunya berlainan.

Ciri Jalak Nias Jantan Dan Betina

Karakter jalak nias jantan tampak dari sisi kepala berupa sedikit pipih persegi ditambah terdapatnya sedikit jambul. Ciri pertama memang gampang dilihat sebab tampak langsung di luar, namun sebagian orang masih tetap salah pilih jalak nias jantan sebab bentuk kepala hampir serupa.

Ciri ke-2 dapat tampak dari suaranya yang lebih gacor atau lebih agresif dibanding jalak nias betina. Buat penggemar burung yang ingin mempunyai jalak nias dengan nada lebih variasi dapat pilih type kelamin jantan. Waktu berkicau, jalak nias jantan akan menganggung-anggukan kepalanya dibarengi sisi jambul sedikit akan mengembang. Sedang dari warna bulunya ikut tampak lebih bercahaya dibanding jalak nias betina.

Karakter jalak nias betina sangat unik di mana sisi kepalanya condong lebih lonjong supaya bundar. Sisi kepala dari jalak betina memang dikit lebih bundar hingga lebih gampang dibedakan. Penggemar burung jalak nias dapat dengar nada jalak nias betina yang lebih monoton tidak banyak macam nada.

Ada persamaan pada jalak nias betina serta jantan yaitu waktu bersuara akan mengangguk-anggukan kepala, namun sisi jambul tidak mengembang. Dari bagian warna bulu tampak lebih kusam ataukah tidak mengkilap dibanding jalak nias jantan.

Ada beberapa asumsi di mana jalak nias jantan memiliki paruh berwarna kuning gelap dibanding jalak betina, namun hal itu belumlah dapat jadikan tolak ukur sebab warna paruh dapat dibedakan menurut umur jalak. Bahkan juga banyak penggemar burung berasumsi jika karakter jalak nias betina ataupun jantan dapat disaksikan dari rakusnya konsumsi makanan. Namun kembali lagi hal itu tidak jadi patokan tentu sebab kadang nafsu makan tiap-tiap burung dapat berlainan.

Semoga Bermanfaat.

Baca juga : Tips Ampuh Merawat Burung Prenjak

Karakteristik Dan Ciri Burung Jalak Nias | admin | 4.5