Karakteristik Jalak Kebo Dan Perawatannya

Hoby pelihara burung sudah jadi viral semenjak beberapa waktu terakhir. Tentunya terdapat beberapa type jenis burung dijaga diantaranya berjenis jalak kebo. Mungkin banyak penggemar burung terasa asing dengan nama jalak kebo, namun dari type burung satu ini mempunyai kelebihan yang tidak berada di type burung jalak yang lain.

 

 

Jalak kebo nyatanya mempunyai kelebihan dari habitatnya yaitu di seputar punggung kerbau yang umumnya konsumsi serangga, lalat, serta kutu. Beberapa orang menyampaikan langkah hidup dari jalak kebo berpedoman skema simbiosis mutualisme, hingga banyak orang memberikan nama dengan jalak penyu.

Mungkin ada penggemar burung yang tertarik pelihara jalak kebo, namun sebelum langsung terjun ke pemeliharaan semestinya ketahui dulu seperti apakah karakter jalak kebo. Sangat terpenting untuk tahu dengan mendalam bagaimana karakter hewan peliharaan supaya lebih gampang dalam perawatannya.

Baca Juga : 10 Karakter Burung Kenari

Asal Usul Jalak Kebo

Type jalak kebo memang sama dengan daerah rawa atau padang terbuka, hingga tidak dikit orang memandangnya di daerah persawahan. Kehidupan dari jalak kebo condong berkelompok sampai 5 -8 ekor jalak. Sampai saat ini habitat sangat banyak dari jalak kebo ada di Bali, Sumatera, Kalimantan, serta Pulau Jawa.

Karakter jalak kebo nyatanya terdapat beberapa macam yang dibagi jadi 2 yaitu jalak kebo mata putih serta kuning. Dari setiap type mempunyai nada berlainan, untuk type jalak kebo bermata putih tidak pandai dalam memproses nada namun banyak penggemar burung memandang nada jalak kebo bermata putih begitu unik, kadang dari type mata putih dapat menirukan nada manusia seperti burung beo. Dari bagian ukuran ikut semakin besar dibanding mata kuning.

Untuk type jalak kebo bermata kuning memiliki ukuran lebih kecil akan tetapi dapat memproses nada lebih baik di banding mata putih. Kadang jalak kebo bermata kuning dapat menirukan nada di sekelilingnya dengan pintar. Jadi tidak heran jika jalak kebo bermata kuning semakin banyak dicari dibanding mata putih.

Karakter Burung Jalak Kebo

Bukan sekedar dari potensi bersuara saja, jalak kebo jantan serta betina ikut memiliki ciri semasing. Pada type jalak kebo jantan memiliki keunikan yaitu ukuran kepala yang semakin besar dibanding betina. Dari bagian bentuk ikut berlainan, untuk type jalak kebo jantan memiliki buli kepala lebih rapi dan mempunyai jambul di dekat paruh depan.

Sedang untuk bagian nada jalak kebo jantan mempunyai macam semakin banyak dibanding betina, tidak cuma itu sebab warna bulu ikut mempunyai ketidaksamaan yaitu dari type jantan memiliki warna lebih hitam mengkilap serta pekat dibanding jalak kebo betina.

Karakter jalak kebo dapat juga disaksikan dari postur tubuhnya di mana untuk jantan tampak lebih kurus serta panjang, sedang jalak kebo betina lebih gemuk atau tampak pendek. Ada satu karakter unik dari jalak kebo jantan di mana waktu berkicau sisi kepala akan mengangguk-angguk hingga seringkali jadi pembeda pada jantan serta betina.

Bila disaksikan lebih detil nyatanya sisi ekor ikut jadi pembeda di mana jalak kebo jantan akan tampak menyatu dibagian ekor, sedang betinanya akan tampak lebih mengembang. Type jalak kebo memang masih tetap sedikit dijaga sebab sampai saat ini cukuplah susah untuk didapat. Akan tetapi ada dua langkah memperbedakan manakah jalak kebo betina serta jantan salah satunya:

  • Dari sisi kloaka jalak kebo jantan tampak lebih menonjol ditambah memiliki bentuk tampak seperti kerucut dengan sedikit bulu.
  • Kloaka betina akan tampak lebih bundar datar dengan penambahan bulu-bulu panjang di sekelilingnya.

Baca Juga : karakter burung kenari berdasarkan bulu

PERAWATAN BURUNG JALAK KEBO

Memandikan Burung Jalak Kebo

Proses memandikan jalak kebo mesti waspada jangan pernah sangat basah. Pakai perlengkapan spray ditambah cepuk untuk memberikan keleluasaan burung waktu dimandikan. Waktu memandikan harus juga pas yaitu pada jam 7 sampai 8 pagi atau juga bisa lebih siang bila keadaan cuaca tengah hujan.

Kekhasan dari jalak kebo dalam proses pemandian sebetulnya tidak butuh semrpotan, cukuplah menyiapkan bak memiliki ukuran kecil berdiameter 20-25cm dengan tinggi air seputar 9cm untuk memberikan sarana mandi buat si jalak kebo.

Penjemuran

Step perawatan sesudah dimandikan ialah penjemuran yang perlu perhatian lebih detil. Proses penjemuran tidak bisa lebih dari 1 jam, lalu dari intensitas sinar matahari ikut lebih rata terpenting waktu cuaca tengah cerah. Karakter jalak kebo masih tetap dapat bertahan pada panas matahari, setelah 1 jam dapat ditempatkan pada ruangan yang teduh atau diangin-anginkan saja.

Pemberian Pakan

Proses pemberian pakan tampak lebih susah terutamanya buat pemula. Jalak kebo dapat konsumsi buah-buahan dari mulai papaya, pisang kapok, serta yang lain. Akan tetapi lihat kandungan gizinya sedapat mungkin ada vitamin, protein, dan zat yang lain. Jika memang perlu imbuhkan Exstra Fooding atau EF berbentuk jangkrik sekitar 2-3 ekor tiap-tiap sore atau dapat ditambahkan ulat hongkon sekitar 1 sendok makan 2-3 hari. Menu semut kroto dapat juga jadi makanan favorite jalak kebo yang kandungan proteinnya tambah tinggi.

Pemeliharaan Nada

Jalak kebo mempunyai nada kicauan yang ciri khas, hingga butuh dilatih untuk memberikan ciri-ciri lebih unik. Untuk umur jalak kebo lebih gampang butuh perawatan seperti memberikan nada burung berbentuk MP3 untuk melatih nada jalak kebo Bila mempunyai jalak kebo lebih dari satu jadi cukuplah dekatkan saja kandangnya hingga akan mulai terlatih melatih nada tiada bersusah payah melatihnya.

Lingkungan

Tidak hanya pemeliharaan berbentuk makanan dan pemandingan, satu perihal tidak kalah terpenting dari perawatan jalak kebo ialah situasi keadaan. Lihat situasi seputar rumah apa ramah akan burung ataukah tidak. Aspek nada bising atau ciri-ciri orang di lingkungan begitu memengaruhi mental jalak kebo. Sedapat mungkin jauhkan burung dari beberapa orang iseng yang menyukai merayu. Bila si jalak kebo ditempatkan dalam lingkungan sangat ramai atau sangat bising jadi mental atau psikologis burung dapat tidak konstan.

Perlu untuk diketahui jika karakter jalak kebo ialah hewan alam liar yang hidup di ruang persawahan hingga begitu nyaman tinggal di daerah minim nada atau minim hubungan antar orang. Banyak masalah jalak kebo mati sebab dari aspek psikis membuat stress berlebihan hingga tidak nafsu makan bahkan juga tidak ingin berkicau.

Pelihara burung jalak kebo memang susah-susah gampang, namun semuanya bergantung dari kemauan. Jadi sebelum betul-betul terjun ke dunia burung terutamanya jalak kebo lihat dulu seluk-beluknya dari karakter, pemeliharaan, situasi keadaan, sampai pemandiannya. Penjelasan tentang karakter jalak kebo diatas bisa saja deskripsi buat penggemar burung yang ingin pelihara jalak kebo supaya lebih gacor seperti type jalak yang lain.

Semoga Bermanfaat.

Baca Juga : karakter burung kenari untuk berternak

Karakteristik Jalak Kebo Dan Perawatannya | admin | 4.5