Kenari Yorkshire

Kenari mania di Indonesia termasuk cukuplah banyak. Nyaris semuanya type Kenari baik yang lokal ataupun import jadi burung peliharaan terfavorit orang-orang. Satu diantaranya adalah Kenari Yorkshire. Type burung dari keluarga Fringilidae yang satu ini memanglah memiliki semua sisi yang begitu menarik. Terkecuali nada nyayiannya terdengar lebih beragam serta merdu, warna dan bentuk badannya juga tampak lebih indah bila dibanding dengan semacamnya. Tubuhnya tampak lebih gagah serta kekar. Bahkan juga beberapa penghobi di Tanah Air banyak memiliki pendapat, kalau saat berdiri bentuk tubuhnya nyaris mirip sayur Wortel yang terbalik dengan tempat kaki yang jingkring.

(baca juga : kesalahan perawatan kenari yorkshire)

Kenari Yorkshire sendiri adalah burung import yang datang dari negara-negara Eropa seperti Itali (Ring FOI), Jerman (DKB) serta Inggris (Ring IOA) dsb. Asal mula Kenari Yorkshire sendiri adalah burung yang lahir dari hasil perkawinan silang pada Kenari lancashire serta Kenari Belgia. Cuma saja sesungguhnya type Kenari yang satu ini bukanlah termasuk juga kelompok Kenari Penyanyi, tetapi type Kenari Postur. Tetapi dari sisi kicauan tidak kalah istimewa dengan type burung Kenari yang lain. Mungkin saja dari argumen berikut kenapa, harga Kenari Yorkshire jantan ataupun betina yang berada di market sendiri sangat berkompetisi. Bahkan juga harga yang dibanderol beberapa entrepreneur atau pembudidaya burung Kenari relatif lebih mahal dibanding dengan type burung Fringilidae yang lain.

Lepas dari itu semuanya asumsi tentang burung Kenari lebih hebat daripada type burung kenari lokal yang lain, rasa-rasanya kurang pas. Di mana banyak beberapa penghobi yang memiliki pendapat, kalau Kenari Yorkshire cuma unggul dari sisi segi spesifik. Lebih persisnya, burung yang lebih di kenal oleh orang-orang barat dengan nama The Guardsman serta Gentleman of the Fancy itu cuma memiliki kelebihan dari sisi postur ataupun warna badan. Tetapi bila telah bicara masalah kicauan ataupun mental, pasti hal itu bukanlah satu tolak ukur yang cocok. Sebab, semuanya juga bergantung semasing yang memiliki dalam pelihara ataupun melatihnya. Bila perawatan serta perawatan harian kurang dikerjakan secara teratur, jadi Kenari Yorkshire dapat juga Ngedrop dengan kata lain tidak ingin berkicau.

Cuma saja pilih serta pelihara burung Kenari Yorkshire memanglah bukan perkejaan yang gampang. Memanglah dibutuhkan ketelatenan yang lebih ekstra bila dibanding dengan type Kenari lokal umum biasanya. Ditambah lagi ukuran badannya juga relatif semakin besar, automatis baik pakan ataupun kebersihan sangkar memanglah cukup menguji kesabaran. Terkecuali di pengaruhi oleh pemberian pakan ataupun media pemasteran, cepat atau tidaknya memiliki Kenari Yorkshire yang master atau rajin bunyi di pengaruhi oleh aspek usia serta type kelamin. Banyak penghobi yang memiliki pendapat, bila Kenari Yorkshire telah berusia jadi lebih gampang dalam melatih serta merawatnya. Diluar itu Kenari Yorkshire Kelamin Jantan juga dinilai lebih cepat berkembang karna lebih memiliki mental yang kuat dari pada Kenari Yorkshire Betina.

Ciri Kenari Yorkshire


Burung Kenari Yorkshire memiliki tanda-tanda mata yang tajam. Posturnya tidak cuma besar, tetapi juga tampak begitu gagah serta memiliki dada yang bagian. Bodinya tampak seperti bentuk Wortel yang terbalik. Kakinya cukup panjang dan bulunya begitu rapat serta mengkilap dan sisi kloakanya cukup bersih nyaris tak ada kotoran sekalipun. Diluar itu, suaranya terdengar begitu keras serta type kenari yang satu ini termasuk juga burung agresif yang senantiasa aktif bergerak. Oleh karenanya, dianjurkan beberapa pemelihara menggunakan sangkar yang terbuat dari beberapa bahan kuat supaya tidak gampang rusak saat ia bergerak kesana ke mari saat didalam sangkar.

 

Perawatan Harian Kenari Yorkshire


Burung Kenari Yorkshire benar-benar sangat berlainan dari sisi ukuran badan bila dibanding dengan type Kenari lokal biasanya. Oleh karenanya, penentuan ukuran sangkar juga harus di perhatikan. Alahkah tambah baik pilih sangkar yang semakin besar serta terbuat dari beberapa bahan yang cukup kuat. Tetapi bila telah menyinggung tentang perawatan ataupun setelan harian, pada intinya masih tetap termasuk sama juga dengan type burung Kenari yang lain. Cuma saja yang terutama bagimana mengkondisikan supaya burung tetaplah sehat dan rajin bunyi, tetapi dengan catatan tidak terlalu berlebih dalam menjaga serta melatihnya. Baik itu ketika pemberian makanan, pemandian, penjemuran, pengerodongan ataupun pemasteran.

Seperti dengan semacamnya, Kenari Yorkshire juga memerlukan konsumsi vitamin serta nutrisi untuk mendukung semua pertumbuhannya. Berdasar pada cuplikan dari omkicau. com, makanan paling utama yang sangat cocok untuk burung kenari berbentuk biji-bijian, yaitu Canary Seed. Diluar itu, ia juga suka pada pakan buah-buahan serta bermacam sayuran seperti daun sawi, gambas, mentimun, paprica, wortel, buah apel, buah pir serta jagung muda. Beberapa pemelihara dapat juga memberi pakan asinan berbentuk tulang sotong untuk lebih menolong keperluan kalsiumnya. Selain begitu suka pada beragam makanan diatas, Kenari Yorkshire sangat suka pada roti kering. Tetapi dengan catatan, roti kering yang didapatkan tidak mempunyai kandungan gula serta garam yang tinggi.

Kenari Yorkshire | admin | 4.5