Khasiat Buah Gambas Atau Oyong Untuk Burung Kenari

Sebelum membaca artikel ini perlu ditegaskan lagi bahwa kenari termasuk burung pemakan sayuran. Oyong atau gambas (Luffa acutungula) termasuk makanan faforit burung kenari adalah tanaman sayuran, sisi daging buahnya seringkali di proses jadi sayuran yang dapat memberi kesegaran. Di tangan beberapa gacormania, oyong dapat juga digunakan menjadi salah satunya pakan penambahan / extra fooding (EF) buat kenari serta burung pemakan bijian yang lain. Walau oyong termasuk juga type buah, ada banyak orang menganggap menjadi sayuran. Buah berkulit keras dan berwarna hijau ini diakui mempunyai segudang faedah serta manfaat untuk kesehatan manusia. Rasa-rasanya yang lezat membuat oyong banyak digunakan menjadi bahan sayuran. Tidak hanya dikonsumsi manusia, oyong banyak juga digunakan beberapa kicaumania menjadi EF untuk burung pemakan bijian seperti kenari, finch, parkit, serta lovebird. Kandungan gizinya begitu baik untuk dikonsumsi burung, seperti tampak pada tabel di bawah ini:

 

Atau lebih jelasnya kandungan yang terdapat pada gambas / oyong adalah :

  • Mengandung 5,6 vitamin A,
  • Vitamin 7 mg vitamin C,
  • 1,6 mg besi,
  • 17 mg calsium dan
  • 1.09 protein setiap 100 gramnya.

Pada umumnya, oyong semakin banyak digunakan kicaumania menjadi pakan penambahan untuk kenari, terpenting yang sering dilombakan. Pemberian oyong bisa menolong tingkatkan birahi burung hingga lebih rajin berkicau.

Diluar itu, oyong dapat juga dipakai dalam penangkaran burung, terpenting burung indukan yang tengah menjaga anak-anaknya. Kandungan nutrisinya bisa menolong perubahan serta perkembangan anakan burung sampai dewasa.

Baca juga ; khasiat telur puyuh untuk burung kenari

Ada banyak faedah lainnya dari buah oyong untuk burung peliharaan, yaitu:

Menjadi antioksidan

Kandungan vitamin C yang ada dalam oyong bisa jadi anti-oksidan yang berguna mengawasi badan dari serangan beberapa jenis penyakit karena radikal bebas.

Menolong menangani masalah / radang tenggorokan

Oyong dapat juga menolong menangani permasalahan burung yang mengalam masalah / radang tenggorokan.

Menajamkan pandangan burung

Oyong bisa tingkatkan atau menajamkan pandangan burung, sebab kaya kandungan vitamin A.

Obat cacingan

Bukan sekedar itu, oyong juga memiliki kandungan senyawa yang dapat menangani cacing yang bersarang pada aliran / organ pencernaan burung.

Menangani kegemukan

Kegemukan dapat mengakibatkan burung kurang aktif serta malas berkicau. Pemberian oyong dengan teratur dapat jadi therapy penurunan berat tubuh pada burung yang alami obesitas / kegemukan.

Menangani masalah pernafasan

Masalah pernapasan yang dihadapi burung juga bisa sembuh dengan teratur konsumsi buah ini sehari-hari.

 

 

Bahkan oyong dapat juga memberikan manfaat lainnya pada burung kicauan seperti di bawah ini:

1. Tingkatkan skema kebal badan.

2. Tingkatkan stamina serta jadi sumber tenaga untuk badan.

3. Menolong menyehatkan kulit serta bulu dari dalam.

4. Menolong menyehatkan organ pencernaan.

5. Faedah serta manfaat oyong sudah lama dibuktikan beberapa kicaumania yang teratur melombakan burung kesayangannya.

Walau demikian, pemberian oyong semestinya masih sesuai dengan keperluannya. Bila sekedar hanya untuk jadikan burung lebih rajin bunyi, karena itu pemberian oyong semestinya dibatasi ataukah tidak terlalu berlebih.

Baca juga : resep bergizi untuk pakan kenari sehat

Langkah penyajian gambas / oyon untuk burung kenari kesayangan gacormania :

Sebelum diberikan pada burung, semestinya oyong dibikin bersih lebih dulu dengan air bersih. Sesudah dipotong dalam ukuran kecil, lalu digantung dalam sangkarnya. Walau sisi kulit luarnya cukuplah keras, akan tetapi daging buahnya yang berwarna putih itu cukuplah lembut hingga gampang diolah oleh burung. Simpel kan? Semoga artikel ini dapat bermanfaat sebagaimana mestinya.

Khasiat Buah Gambas Atau Oyong Untuk Burung Kenari | admin | 4.5