Khasiat Niger Seed Untuk Burung Kenari

Niger seed adalah biji yang dibuat dari poohon niger serta seringkali digunakan untuk pakan ternak dalam beternak burung kenari/burung finch lainnya. Niger seed sendiri pada awalnya dibudidayakan di negara Ethiopia serta Malawi, lalu merambat ke negara tetangga, Eropa, dan sampai juga ke Indonesia.

Baca juga :  menjinakan burung kenari dengan hand feeding

Faedah biji niger/niger seed sendiri bukan sekedar untuk pakan/makanan burung kenari saja, akan tetapi seringkali juga digunakan menjadi obat kulit, serta masuk angin. Di sejumlah negara Asia selatan mirip India seringkali juga manfaatkan biji niger/niger seed menjadi kombinasi bumbu masakan. Diluar itu masih tetap ada faedah lainnya yang dihasilkanya, mirip alternatif minyak zaitun, untuk kepentingan industri mirip pembuatan sabun, cat, serta persiapan beberapa type emulsi.
Kandungan pada biji niger/niger seed.

 

 

Seperti yang sudah disampaikan di atas jika biji niger/niger seed bisa dipakai menjadi alternatif minyak zaitun, menjadi dengan demikian kita bisa menyimpulkan jika kandungan terbesarnya adalah minyak. Ya memang benar jika kandungan/komponen paling besar adalah minyak yang sampai 30% – 40%, sesudah itu protein 10% – 25%, gula larut 12% – 18%, serat garang 10% – 20%, serta air 10% – 11%.

Tidak hanya menjadi pakan utama untuk burung burung kenari nyatanya ada faedah yang dapat dihasilkanya, serta di bawah ini dikit informasi faedah biji niger/niger seed untuk kenari.

1. Menjadi sumber energi

Daya berasal/dibuat dari konsumsi pakan/makanan yang memiliki kandungan karbohidrat, lemak, serta protein. Biji niger sendiri memiliki kandungan protein serta serat garang yang berperan untuk membuahkan daya serta tenaga.

2. Percepat proses mabung

Pada saat kenari alami proses/babak mabung beberapa hal yang butuh kita lihat, dari mulai perawatan ataupun support pakanya. Perawatan yang baik contohnya tidak menjemur sehari-hari, tidak memandikan serta tidak selalu mengkrodong, sedang untuk support pakan yang baik diantaranya adalah niger seed, alasannya adalah memiliki kandungan banyak protein serta serat kasar/karbohidrat untuk membuahkan daya.

3. Menjadi penghangat tubuh kenari

Faedah niger seed/biji niger untuk burung kenari yang taerakhir adalah menjadi penghangat pada saat ekspresi menguasai penghujan atau ekspresi menguasai dingin. Menurut beberapa peternak biji niger begitu berguna untuk menghangatkan badan, alasannya adalah memiliki perasaan yang dikit pedas serta manis. Makara jika hawa atau lingkungan daerah kita pelihara kenari dingin, karena itu dapat kita beri biji niger agar kenari itu dapat terasa lebih hangat.

Baca juga :  tips merawat dan menghindari kenari stress

Pemberian niger seed begitu bagus untuk kenari yang tengah mabung (molting) untuk menolong percepat pemulihan perubahan bulu. Untuk penggunaan harian dicampurkan pada pakan bijian lainnya.

Itu sedikit manfaat yang dapat dibuat dari niger seed/biji niger untuk kenari atau untuk burung finch lainnya. Serta butuh diingat, saat memberikanya kita harus juga mencampurkannya dengan biji-biji lainnya mirip biji sawi, canary seed, serta biji lainnya.

Incoming search terms:

  • manfaat niger seed buat ternak kenari
Khasiat Niger Seed Untuk Burung Kenari | admin | 4.5