Manfaat Fumayin Burung Kenari

Pemberian fumayin (Hemp Seed) pada kenari memang tunjukkan penambahan perform yang mempesona pada kenari. Burung jadi lebih gacor serta ngotot, tetapi mesti diingat, pemberian fumayin yang terlalu berlebih bisa mengakibatkan ketergantungan. Untuk kurangi dampak ketergantungan semestinya fumayin dikasihkan cuma saat krnari disiapkan mendekati lomba saja, hingga tidak membuat kenari ketagihan serta akan membuat performnya ngedrop saat tidak dikasihkan doping.

Faedah fumayin sebetulnya ialah untuk tingkatkan birahi burung serta meningkatkan stamina burung waktu lomba dan jadikan burung lebih gacor serta ngotot. Dengan catatan, bagian pemberiannya mesti sama dengan ukuran yang pas.

 

 

Fumayin nyatanya memiliki kandungan omega-6 serta omega-3 yakni asam lemak terpenting yang bermanfaat untuk kesehatan jantung serta menahan peradangan. Menjadi dengan ilmiah, fumayin dapat dibuktikan begitu berguna untuk burung bahkan juga untuk manusia. Sebenarnya fumayin tidak memunculkan dampak ketagihan seperti rumor yang berkembang sampai kini. Rumor itu menyengaja disebarkan supaya tidak kebanyakan orang memakai fumayin untuk burung mereka. Fumayin aman dipakai asal pemakaiannya tidak melewati batas.

Menjadi bukti jika fumayin aman serta direferensikan buat burung lomba atau ternak, bisa kita lihat pada formasi pakan burung produk impor, mereka mencampurkan 10-15% biji fumayin dengan biji-bijian yang lain pada produk pakan burung mereka.

Fumayin memang dapat meningkatkan semangat tempur burung lomba, tetapi dampaknya akan hilang saat burung tidak konsumsi fumayin lagi, karena itu saat burung yang sebelumnya dikasih fumayin lalu tidak dikasihkan lagi, karena itu burung akan tampak resah. Akan tetapi kegelisahan itu akan tidak membuat burung alami ketagihan ditambah lagi membuat burung terasa kesakitan. Dampak semacam itu cuma berjalan 2-3 hari saja, sesudah itu burung akan normal kembali.

Baca juga : burung kenari norwich

Dampak fumayin akan jadikan kenari lebih gacor serta lebih hilang ingatan dalam berperang di atas gantangan, hingga membuatnya selalu bunyi dari pertama digantang sampai akhir gantangan. Tetapi butuh dilihat (untuk kenari yang menggunakan doping fumayin) sesudah tuntas lomba atau esok harinya sesudah ikuti lomba, fumayin masih dikasihkan pada kenari, tapi dikit demi sedikit bagian pemberiannya dikurangi. Misalnya kenari akan ikuti lomba pada hati minggu: H-1 (sabtu) mendekati lomba pada sore harinya dikasihkan 5-10 butir biji fumayin. Saat ingin turun lomba (minggu), kenari dapat dikasihkan sampai 20 butir biji fumayin. Dampaknya akan membuat kenari bertahan lama ngedurnya serta kuat untuk turun sampai beberapa session.

Esok harinya sesudah kenari tuntas ikuti lomba (senin), bagian fumayin dikurangi jadi 5 butir. Diteruskan lusanya (selasa) jadi 2 butir saja. Serta esok harinya (rabu) pemberian fumayin dapat dihentikan. Hal seperti ini dikerjakan untuk menahan kenari jadi ngedrop/macet bunyi jika pemberian fumayin langsung dihentikan sesudah ikuti lomba.

Pemberian fumayin harus juga memprrhatikan keadaan cuaca. Waktu cuaca panas waktu butuh diperhatikan porsinya janganlah kebanyakan, sebab dampak fumayin juga untuk menghangatkan badan kenari. Pemberian Fumayin yang terlalu berlebih akan mengakibatkan over birahi, hal seperti ini bisa disaksikan dari tingkah laku kenari yang condong seringkali menggigit jeruji sangkar serta bahkan juga sampai mematuki kakinya sendiri.

Pemakaian Fumayin Untuk Burung Kenari:

1. Pada 5 hari mendekati lomba sampai hari lomba, sehari-hari dikasih fumayin sekitar 6-10 butir.
2. Saat 2 hari beruntun sesudah lomba ( hari lomba plus 1 serta 2 ) masih beri fumayin sekitar 4-6 butir (jadikan tepung).
3. Pada 2 hari selanjutnya (hari lomba plus 3 serta plus 4) beri sekitar 2-3 butir.
4. Setelah itu, di hari lomba plus 5-6 beri sekitar 1 butir saja.
5. Hari selanjutnya, tidak dikasih fumayin.

 

Pemakaian Fumayin Pada Lomba Kontes Burung Kenari Di Lapangan :

Dampak fumayin akan jadikan Kenari lebih gacor serta lebih ngotot waktu berperang di atas gantangan serta membuatnya selalu berkicau dari pertama digantang sampai akhir gantangan.

Tetapi butuh dilihat, sesudah tuntas lomba atau esok harinya sesudah ikuti lomba, fumayin masih dikasihkan pada Kenari, tapi dikit demi sedikit bagian pemberiannya dikurangi. Contohnya:

• Bila Kenari akan ikuti lomba di hari minggu, karena itu H-1 (sabtu) mendekati lomba pada sore harinya dikasihkan 5-10 butir biji fumayin.

• Di hari H (minggu) waktu ingin turun lomba, Kenari dapat dikasihkan sampai 20 butir biji fumayin. Dampak dari pemberian doping fumayin itu akan membuat Kenari ngedur dengan waktu serta power optimal, dan kuat untuk turun sampai beberapa session.

• Pada esok harinya sesudah Kenari tuntas ikuti lomba (senin), bagian fumayin dikurangi jadi 5 butir.

• Lusanya (selasa) porsinya dikurangi jadi 2 butir saja.

• Serta esok harinya (rabu) pemberian fumayin dapat dihentikan.

Hal seperti ini dikerjakan untuk menahan Kenari jadi ngedrop/macet bunyi jika pemberian fumayin langsung dihentikan sesudah tuntas ikuti lomba.

Baca juga : ciri kenari birahi dan ciri kenari siap dikawinkan

Pemberian fumayin harus juga memerhatikan keadaan cuaca. Saat cuaca panas porsinya janganlah kebanyakan, sebab dampak fumayin dapat juga menghangatkan badan Kenari.

Pemberian fumayin yang terlalu berlebih akan mengakibatkan over birahi, hal seperti ini bisa disaksikan dari tingkah laku Kenari yang condong nakal seperti menggigit jeruji sangkar serta bahkan juga sampai mematuki kakinya sendiri.

Manfaat Fumayin Burung Kenari | admin | 4.5