Manfaat Mandi Sauna Burung

Mungkin masih tetap ada yang belumlah tahu apakah pengertian mandi sauna pada burung kicauan. Pengertiannya di sini yaitu burung dimandikan dengan cara unik. Dalam hal seperti ini, kain kerodong dibasahi dengan air, lalu dipasang pada sangkar dimana burung berada di dalamnya. Setelah itu, sangkar bersama burungnya dijemur.

Beberapa sahabat gacormania sempat lakukan cara ini pada burung dengan maksud supaya piarannya jadi lebih rajin berkicau. Beberapa mengakui telah rasakan faedahnya, tapi beberapa lagi belumlah mendapatkan hasil yang berarti.

Baca juga : 5 cara membuat burung cepat mabung

Pokok dari aplikasi mandi sauna pada burung kicauan ialah bagaimana membuat situasi di dalam sangkar jadi lembab. Ini memang dapat didapat saat ada media basah yang melingkupi burung serta dalam keadaan terserang cahaya / sinar matahari.

Keadaan lembab biasanya begitu disenangi oleh beberapa macam burung kicauan, terpenting anis merah, anis kembang, cucak hijau, dan lain-lain. Ini sama dengan habitat sejumlah besar burung kicauan yang mempunyai lokasi persebaran lokal (di Indonesia), yang di alam liar hidup di rimba tropis yang lembab.

Saat mereka menempati di pohon-pohon lebat, itu sebetulnya serupa dengan situasi dikerodong. Daun-daun lebat itu yang berperan menjadi kerodong, yang dengan berkala diguyur hujan serta didera sinar matahari. Suasananya lembab, tetapi burung masih tetap dapat rasakan kehangatan.

Akan tetapi minta diingat, ada ketidaksamaan riil pada cara mandi sauna serta habitat burung di alam liar. Karena di alam liar, burung dapat mengatur dianya saat berlangsung pergantian mendadak yang membuatnya tidak nyaman.

 

 

Contohnya saat hujan tidak turun, serta situasi panas berlangsung lumayan lama, burung akan terbang serta mencari perlindungan ke tempat yang membuatnya bertambah nyaman. Demikian sebaliknya, saat burung terasa panasnya kurang, dia akan menempati pada media yang tidak terlindung apa pun, termasuk juga nongkrong di kabel listrik serta kabel telephone.

Nah, pada cara mandi sauna, burung dapat apakah saat alami pergantian tidak menyenangkan? Dia cuma dapat pasrah bongkokan pada pemilik atau perawatnya.

Pada cara mandi sauna, sangkar yang ditutup kerodong basah akan terus-terusan terserang panas. Suhu lembab di dalam sangkar akan menjadi panas, sebab air yang membasahi kerodong tentu menguap.

Mengakibatkan suhu di dalam sangkar akan beralih dengan mencolok (mendadak) : dari keadaan lembab jadi panas. Pergantian suhu mendadak ini dapat menyebabkan atau merangsang burung masuk dalam keadaan mabung. Jadwal mabung yang harusnya 1-3 bulan lagi dapat hadir demikian cepat, sebab ini mabung paksa alias tidak normal.

Baca juga : cara alami mengatasi bulu tidak tumbuh botak

Tidak cuma itu, sangkar yang dijemur sekalian dikerodong dapat juga membuat burung cepat alami dehidrasi. Ditambah lagi bila waktu penjemuran terlalu berlebih, contohnya lebih dari 2 jam dalam keadaan sangkar masih tetap dikerodong.

Dalam beberapa masalah, burung dapat alami heat stress seperti sempat dikupas Om Kicau di sini. Bila kondisinya semakin kronis, burung dapat alami heat stroke, langsung ngedrop baik stamina serta keadaan kesehatannya.

Referensi :

Apa mandi sauna dilarang untuk burung kicauan? Gacormania tidak berani membuat kesimpulan semacam itu. Masalahnya ada yang mengakui mendapatkan faedah, walau banyak pula yang rasakan tidak ada ketidaksamaan riil sesudah memberi mandi sauna pada burung piaraannya.

Akan tetapi berdasarkan pada beberapa argumen logis seperti diterangkan diatas, Gacormania cuma dapat memberi referensi seperti berikut :

  • Seperti sempat dijelaskan di sini, menjemur burung dalam keadaan sangkar dikerodong umumnya dikerjakan pada burung-burung yang sulit mabung atau macet mabung. Menjadi, saat burung pada akhirnya mabung, arah lakukan mandi sauna terwujud.
  • Bila burung barusan mabung, atau jadwal mabungnya masih tetap lama, jadi Anda mesti siap terima resiko terburuk, dimana burung akan alami mabung dipercepat yang sebetulnya tidak normal.
  • Pada burung cucak hijau akan, therapy mandi sauna dapat percepat proses mabungnya, sekaligus juga percepat tumbuhnya bulu–bulu hitam atau topengnya, bila burung akan itu jantan.
  • Pada spesies burung kicauan yang lain, mabung yang hadir bertambah cepat malah akan tunda burung rajin bunyi. Lho, tidakkah burung mabung semestinya diistirahatkan serta dikasih perawatan spesial mabung? Jadi, untuk sesaat mesti melupakan perawatan harian supaya burung rajin berbunyi.

Bila Anda masih ingin coba cara mandi sauna, lihat juga waktu penjemuran. Janganlah menjemur kelamaan atau terlalu berlebih dalam keadaan sangkar dikerodong, sebab semakin banyak mudharat dibanding faedahnya. Lebih baik penjemuran tidak langsung dibawah sinar matahari, ditambah lagi bila cuaca begitu terik. Sangkar cukuplah digantang di teras rumah, dengan kerodong kadang-kadang disemprot memakai sprayer, untuk ganti air yang menguap.

Baca juga : makanan tambahan untuk burung kenari gacor

Ingat, tidak semua type burung kicauan dapat diperlakukan dengan cara mandi sauna. Bila Anda ingin burung rajin berbunyi, beberapa macam burung kecil justru akan kehilangan nada atau bahkan juga mati bila mandi sauna diaplikasikan padanya.  Diluar itu, tidak semua burung mempunyai ciri-ciri yang sama, walau type burungnya sama. Ini bergantung dari waktu lantas burung saat hidup di rimba (bila burung hasil tangkapan rimba), aspek genetik / turunan, serta rutinitas Anda dalam menjemurnya sampai kini. Itu banyak hal terpenting yang butuh dilihat saat ingin mengaplikasikan mandi sauna pada burung kicauan. Gacormania cuma dapat memberikan pendapat, selebihnya terserah kepercayaan Anda sendiri. Semoga bermanfaat.

Manfaat Mandi Sauna Burung | admin | 4.5