Manfaat Terapi Sauna Untuk Burung

Terapi mandi sauna yang sekarang ramai diperbincangkan di media sosial, sebenarnya telah diketahui gacormania semenjak beberapa waktu waktu lalu. Akan tetapi terapi ini cuma dikasihkan pada keadaan darurat saja, contohnya waktu burung alami waktu mabung atau macet mabung. Saat seseorang tidak temukan ruang hangat serta lembab untuk menyimpan burungnya itu, therapy mandi sauna ini lalu diaplikasikan.

Mandi sauna makin popular sesudah beberapa orang yang mengerjakannya untuk arah supaya burung yang mereka memelihara itu dapat makin bertambah gacor. Akhirnya juga cukuplah bermacam, ada yang mengakui sukses dengan terapi itu, bahkan juga tidak dikit juga merintih jika burungnya justru
ngedrop bahkan juga berhenti berkicau sesudah dikasihkan therapy itu. Karena itu, butuh pandangan dari beberapa gacormania  tentang efek baik dan jelek therapy mandi sauna untuk burung peliharaan.

 

Baca juga : download suara burung perenjak atau ciang-ciang

Bagi beberapa orang, therapy mandi sauna dipandang seperti therapy yang ekstrim, sebab menjemur burung dibawah panas matahari dalam kondisi sangkar dikerodong. Ditambah lagi uap panas yang berputar-putar di dalam sangkarnya itu akan membuat burung di dalamnya gampang alami dehidrasi. Karenanya, sebelum lakukan terapi mandi sauna ini, berharap perhatikan beberapa keadaan sebagai berikut :

  1. Burung yang akan diterapi sedang tidak dalam kondisi sakit.
  2. Tidak mengerjakannya pada tengah hari bolong atau waktu matahari cemerlang dengan begitu terik.
  3. Mengawasi tersedianya air minum yang bersih di dalam sangkarnya.
  4. Tidak memaksakan untuk mengerjakannya pada burung-burung kecil atau type burung yang tidak tahan panas.

4 Jenis Terapi Sauna Burung Beserta Manfaatnya

Pada umumnya ada 4 jenis atau langkah therapy jemur kerodong (mandi sauna) yang umum dikerjakan, serta dari ke empat type cara itu mempunyai manfaat semasing. Oleh karenanya sebelum anda lakukan terapi jemur kerodong, sebaiknya anda tahu serta mengerti ke empat langkah yang akan saya bahas berikut ini, hingga anda akan tidak salah dalam mengerjakannya.

1. Jemur kerodong kering serta burung kering

Terapi jemur kerodong yang satu ini dipakai untuk burung yang kurang birahi, jadi fungsinya ialah untuk meningkatkan birahi. Jadi bila burung anda dalam kondisi birahi normal atau over birahi, semestinya hindari terapi jemur kerodong kering burung kering ini, sebab bisa-bisa birahi burung anda akan makin menjadi-jadi.

Tidak hanya untuk meningkatkan birahi, therapy sauna kering ini dapat diakui dapat tingkatkan volume suara. Langkah aplikasinya cukuplah gampang, yakni jemur burung yang telah dimandikan tetapi bulunya telah kering dengan memakai kerodong yang kering juga. Proses penjemuran itu semestinya janganlah kelamaan, cukuplah 10-30 menit saja, sebab bila kelamaan dikuatirkan burung akan mati.

Anda dapat melakukkanya secara bertahap, misalkan untuk hari pertama mungkin dapat dikerjakan dengan waktu 5 menit saja, baru dihari-hari setelah itu ditingkankan durasinya dikit demi sedikit sampai burung terlatih dengan cara jemur kerodong itu.

2. Jemur kerodong basah serta burung basah

Terapi ini ialah kebalikannya dari terapi di atas, di mana burung yang dijemur ialah dalam kondisi basah sesudah dimandikan. Kerodong yang dipakai juga mesti dalam kondisi basah. Terapi mandi sauna ini diakui dapat menyetabilkan birahi burung, menjinakan burung yang giras, serta menjinakan urung yang galak serta nakal.

Waktu terapi mandi sauna ini hampir sama dengan terapi kering, yakni cukuplah 10 menit sampai 30 menit sehari-harinya, yang terpenting teratur dan bertahap sampai tampak pergantian yang cukuplah berarti pada burung yang paling disayangi anda.

3. Jemur kerodong kering serta burung basah

Terapi yang nomer 3 ini yang biasa dipakai oleh beberapa gacor mania untuk menolong percepat proses rontok bulu pada burung yang tengah alami waktu mabung, atau dapat juga dikerjakan pada burung yang macet mabung.

Karena terapi ini bermanfaat untuk buka pori-pori burung hingga bisa merangsang proses rontoknya bulu. Tidak hanya untuk percepat mabung, terapi ini dapat bermanfaat untuk melangsingkan burung yang kegemukan, sebab terapi ini bisa membakar lemak burung, seperti dalam terapi sauna yang dikerjakan oleh manusia untuk membakar timbunan lemak pada badan dan membuat burung menjadi kondisi prima.

Perlu diingatkan kembali untuk melakukan terapi mandi ini lakukan durasi waktu penjemuran secara bertahap jangan secara tiba-tiba, sangat dikuatirkan apabila burung menjadi sakit strees dan mati.

Baca juga : tips memilih burung kenari untuk lomba

4. Jemur kerodong basah serta burung kering

Terapi mandi sauna yang paling akhir ini berguna untuk tingkatkan waktu berkicau serta membuat burung jadi lebih gacor alisa rajin berkicau. Langkah aplikasinya yaitu dengan memandikan burung anda terlebih dulu, lalu biarlah bulu-bulunya jadi kering. Sesudah bulu kering, lalu basahi kerodong dengan memakai air bersih, lantas jemur burung anda lalu sangkar ditutup dengan memakai kerodong basah.

Tetap pantau serta janganlah ditinggal kemana saja supaya tidak lupa, saat kerodong telah mulai kering, basahi kembali lewat cara menyemprotnya dengan setelan embun. Melakukan terapi sauna ini saat 10 menit sampai 30 menit saja.

 

 

CATATAN:

Saat lakukan terapi mandi sauna, yakinkan anda telah mencabut/ ambil pakan serta minum burung. Pantau selalu serta janganlah ditinggal kemana saja untuk pastikan keadaan burung dalam kondisi baik-baik saja. Karena bila anda tinggal-tinggal, takutnya malah kelupaan serta membiarkan burung dijemur kelamaan, walau sebenarnya dalam kondisi dikerodong (jemur kerodong). Sebab banyak burung yang dijemur kerodong kelamaan malah justru mati sebab pemiliknya lupa atau ceroboh.

Proses therapy jemur sauna semestinya dikerjakan di bawah, berarti burung cukuplah ditempatkan dilantai, tak perlu digantung (digantang) seperti yang terlihat pada gambar contoh di atas. Karena penjemuran burung yang baik memang ditempatkan di bawah, bukan digantung (dicantelkan).

Demikian dikit penjelasan tentang langkah mandi sauna serta manfaat dari terapi jemur kerodong (mandi sauna) yang bisa saya berikan. Hati-hatilah dalam menjaga burung yang paling disayangi anda, cintai, sayangi, serta perlakukan burung peliharaan layaknya seperti anda memperlakukan keluarga atau diri anda sendiri.

Manfaat Terapi Sauna Untuk Burung | admin | 4.5