Menjinakan Burung Kenari Dengan Hand Feeding

Hand feeding, suatu istiah yang biasa dipakai dalam dunia penangkaran burung. Hand feeding berarti memberi makanan anakan burung (piyik) dengan pertolongan tangan manusia (bukan indukan burung). Sebelumnya Hand feeding cuma dikerjakan untuk anakan burung yang didapat hasil dari penetasan dengan mesin penetas, atau dikerjakan pada burung yang ditelantarkan oleh induknya di sarang.

baca juga : kesalahan perawatan kenari yorkshire

Nyatanya hand feeding dapatlah dipakai menjadi tehnik untuk melulutkan burung, dengan hand feeding akan didapat burung yang jinak serta lebih gampang dalam pemeliharaan, serta membuat burung lebih dekat dengan sang pemilik.

Setiap penangkar mempunyai langkah serta ketentuan sendiri dalam lakukan hand feeding. Hand feeding bisa dikerjakan pada burung kenari yang berusia 3 minggu . Keadaan fisik anakan kenari pada usia itu umumnya cukuplah kuat karena sudah mempunyai konsumsi nutrisi serta imunisasi dari indukan serta telah keluar bulu-bulu jarumnya.

Ada banyak ketentuan baku yang perlu dikerjakan dalam hand feeding. Pertimbangan utama yang perlu di kerjakan sebelum akan memutus untuk lakukan hand feeding ialah ketersediaan waktu untuk lakukan hand feeding pada jam-jam spesifik dengan kontiyu.

Aspek lainnya yang butuh untuk diperhitungkan ialah tingkat kesabaran yang cukuplah tinggi. Lakukan hand feeding bukan pekerjaan yang mudah seperti yang tampak, akan tetapi dengan berjalannya waktu beberapa masalah akan teraatsi dengan gampang.

Buat persiapan perlengkapan yang diperlukan untuk lakukan hand feeding. Alat-alat yang mutlak diperlukan ialah:

  1. Alat suntik tanpa jarum
  2. Karet angin
  3. Sendok plastik
  4. Mangkok kecil
  5. Kertas tissue
  6. Gelas plastik
  7. Beberapa bahan untuk adonan bubur bayi kenari
  8. Kotak inkubator

Keterangan :

  • Alat suntik tanpa jarum Alat ini dipakai menjadi alternatif tembolok induk. Berperan menjadi penyimpanan bahan makanan yang akan disuapkan ke anakan-anakan kenari.
  • Karet angin bermanfaat untuk mengalirkan adonan dari tabung jarum ke tembolok anakan kenari. Dengan sifatnya yang kenyal serta lentur, karet angin tidak beresiko walau masuk ke kerongkongan anakan burung.
  • Sendok plastik Sendok diperlukan untuk mencampurkan serta mengaduk adonan yang akan dikasihkan pada anakan-anakan kenari.
  • Mangkok kecil Mangkok bermanfaat untuk mencampurkan adonan. Pakai ukuran mangkok kecil, sama dengan jumlah adonan yang akan dibikin. Lebih baik membuat 1x gunakan adonan, dibanding menaruh bekas adonan.
  • Kertas tissue diperlukan menjadi alas tempat anakan-anakan burung yang akan disuap serta sekaligus juga pembersih adonan suapan yang tercecer pada tempat itu.
  • Pakai gelas plastik atau seperti wadah dengan ukuran tengah untuk mencuci alat-alat yang sudah tuntas dipakai. Bahan adonan Bahan adonan untuk anakan kenari tersedia banyak di beberapa toko bahan makanan burung atau makanan bayi. Pilih bahan adonan yang termudah Anda temukan. Menu bubuk makanan untuk anakan burung atau bubur bayi adalah menu yang termudah didapat. Check tanggal kadaluwarsa pada bungkusnya.
  • Kotak inkubator berperan menjadi tempat anakan burung sesudah mereka diambil dari sarang. Kotak inkubator bisa dibikin sendiri dengan bahan box plastik (sama dengan gambar di bawah), kotak ini diperlengkapi dengan lampu memiliki ukuran 5 watt serta beberapa bahan sarang. Beberapa bahan sarang mesti dengan teratur ditukar dengan yang baru untuk mengawasi kebersihan kotak inkubator. Suhu didalan inkubatot seputar 32 oC.

Selamat Mencoba.

Menjinakan Burung Kenari Dengan Hand Feeding | admin | 4.5