Pakan Burung Kenari

 

Berikut jenis-jenis pakan burung kenari beserta sedikit informasi fungsinya yang harus wajib diketahui oleh kenari loverz,  langsung saja di simak ;

BIJI SELADA (Lactuca Satipa)

Biji ini yaitu biji dari pohon selada. Warnanya hitam, memiliki bentuk kecil gepeng agak memanjang. Biji ini bisa memmengaruhi warna bulu jadi kehijauan, karenanya baik untuk kenari yang berbulu hijau. Only Registered Users Can See Links BIJI SAWI (Brassica Rugosa) : yakni biji dari pohon sawi. Warnanya hitam, memiliki bentuk bundar sebesar biji jewawut, kulitnya tidak tebal serta sedikit susah dikupas. rasa-rasanya agak pahit. khasiatnya baik untuk Kenari karna banyak terkandung Vit A

(baca juga : cacing membawa penyakit burung kenari)

 

BIJI LOBAK (Raphanus Satipas)

Biji lobak yakni biji dari pohon lobak, warnanya merah coklat, kulitnya tidak tebal serta gampang dikupas. Rasa-rasanya pahit pedas serta memiliki kandungan banyak minyak. Burung kenari begitu menyukainya. Sangat baik untuk kenari yagn tengah meloloh anak serta jadi makanan kenari muda, karna gampang diolah.

 

MILLET (Gierst/Panicum Miliaceum)

Warnanya ada yang putih serta coklat. Kandungannya yaitu protein 11, 3% lemak 4, 2% serta hidrat arang 60, 5%. Baik untuk menggemukan burung yang kurus serta kurang sehat.

 

JEWAWUT (Panikum Viride)

Jewawut atau kunyit atau Otek. Khasiatnya tidak diragukan sekali lagi karna zat yang terdapat didalamnya nyaris sama juga dengan beras serta jagung. Bahkan juga dapatlah disebutkan jadi “Havernya Indonesia” Kandungannya yaitu 9, 8% protein, 75% hidrat arang serta cukup banyak terkandung zat kapur yang begitu diperlukan burung terlebih ketika bertelur. Begitu baik untuk menguatkan badan. Kulitnya begitu keras, jadi kenari muda juga akan kesusahan untuk menelannya (dapat diberi lewat cara ditumbuk untuk melepas kulitnya) namun untuk kenari dewasa, kulit keras dibutuhkan untuk menumpulkan ujung-ujung paruhnya yang sangat runcing.

 

KENARI SEED (Kanarium Memmum)

Kenari seed atau biji kenari, besarnya lebih kurang sebesar beras, memiliki bentuk gepeng serta ujung-ujungnya agak runcing. Kulitnya licin serta keras namun gampang sekali lepas. Yang berkwalitas baik yakni yang tua, kering bersih serta tidak berbau serta berwarna kuning muda mengkilat, yang lunak serta berwarna putih yaitu biji yang masih tetap muda serta tidak baik untuk burung. Rasa-rasanya enak serta gurih karenanya burung kenari begitu menyukainya. Kandungannya yaitu : 14, 4% protein, 6, 4% lemak serta 55, 3% hidrat arang. Terkecuali rasa-rasanya enak khasiatnya juga besar, kulitnya gampang dikupas serta gampang diolah, bisa beri kesegaran badan, menaikkan spirit burung yg lemah serta melakukan perbaikan nada (terlebih untuk burung yg bertemura serak serta malas). Sangat banyak menelan Kenari Seed bisa mengakibatkan bisa mengakibatkan kegemukan.

 

LINSEED / lijnsaad (Linim Usitatissimum)

Kandungannya yaitu 21, 9% protein, 34, 6% lemak serta 24, 6% hidrat arang. Sukai diberi setiap saat saja terlebih dimusim hujan atau di mana udara begitu dingin

 

 

FUMAYIN / biji hennep (Cannabis Sativa)

Termasuk juga dalam keluarga ganja karna memiliki kandungan candu. Memiliki bentuk seperti merica cuma kulitnya keras serta licin berwarna putih gading. Karna kerasnya kenari tidak dapat memecahkan kulitnya dengan hal tersebut butuh kita pecahkan terlebih dulu sebelumnya diberi untuk kenari (pada kenari besar seperti YS, bisa memecahkannya sendiri). Rasa-rasanya enak serta gurih dan memiliki kandungan banyak lemak maka dari itu kenari cepat gemuk jika sangat banyak mengonsumsinya. Baik diberi untuk menghidupkan birahi kenari (untuk ternak ataupun untuk lomba) karna memiliki kandungan zat perangsang/candu/doping.

 

HAVER (Avena Sativa)

Haver yakni tumbuhan seperti jewawut. Kareana kulitnya keras baik untuk menumpulkan ujung paruh yang sangat runcing, apabil ditumbuk juga akan gampang diolah oleh kenari serta adalah obat sakit perut/baik untuk pencernaan. Kandungannya yaitu 11, 3% proyein, 5, 6% lemak serta 56, 9% hidrat arang

 

NIGER

Biji niger berwarna hitam, rapuh serta gampang patah. Miliki manfaat menghangatkan tubuh karenanya pas diberi waktu musim hujan, diluar itu disenangi anakan karna gampang diloloh. Biji niger memiliki kandungan banyak lemak yang dibutuhkan untuk pelihara kesehatan kenari sekalian membuatnya lebih kuat.

 

TIMUN

Buah timun dapat mengurangi kegemukan pada kenari dan terdapat berbagai macam vitamin didalam buah timun.

 

SAWI / SOSIN

Dapat membuat bulu kenari anda tampak bersih serta bercahaya sesuai sama warna basic kenari anda dan apabila berlebihan dapat meyebabkan burung kenari birahi.

 

WORTEL

Bila warna kenari anda berwarna basic orange, supaya warna orange nya terlihat tegas pemberian wortel baiknya saat kenari orange itu masih tetap anak sampai dewasa, karna ketika dewasa kenari itu juga akan berwarna orange tegas akan tidak bias/samar nanti karna didalam wortel terdapat zat untuk mempertebal pigmen warna pada bulu burung

 

OYONG

Untuk memancing nada kenari supaya ingin mengoceh ngeriwik (bila masih tetap anak) serta untuk buat kenari dewasa rajin berbunyi.

 

DAUN MENGKUDU

Sama bagusnya supaya nada kenari jadi kristal serta buang lendir pada kenari.

Pakan Burung Kenari | admin | 4.5