Penyebab Burung Kenari Tidak Berjodo

menjodohkan burung kenari dapat jadi sangat gampang serta tidak lama jika kita sudah tahu langkah,trick serta rahasianya. Sedang menjodohkan burung kenari akan merasa susah serta menjemukan jika kita belumlah tahu kunci sukses serta rahasianya. Terpenting bila kita bisa pastikan jika ke-2 burung kenari kita jantan serta betina, tapi demikian lama tidak ingin jodoh juga alias tidak kawin-kawin juga. Ada apakah nih?Apakah ada “suatu” yang kurang?

Ada dikit deskripsi jika burung kenari bukan seperti hewan mammalia berkaki empat yang jika pada musim kawin akan selekasnya lakukan proses reproduksi tanpa pandang bulu.Sang pejantan akan mengawini betina manakah saja tanpa pilah pilih yang terpenting perasaan hewaniahnya tercukupi.

Ada banyak hal sebagai pertimbangan buat burung kenari untuk melakukan proses reproduksi,tapi ini tidak tentu/mutlak.Hal seperti ini bergantung semasing burung kenari, karena tiap-tiap individu memiliki rutinitas, kegemaran serta karakter yang berlainan. Ketidaksamaan itu yang mengakibatkan peternak supaya lebih cermat serta jeli dalam menghadapi masalah menjodohkan burung kenari. Lebih kenal rutinitas,karakter, perilaku serta karakter burung kenari akan menolong mempercepat waktu perjodohan serta sukses mengembangbiakkan burung kenari.

Berikut beberapa pemicu burung kenari susah/tidak jodoh :

1. Ketidaksamaan Umur yang Sangat Jauh

Pejantan umur dewasa/tua kurang lebih berusia 2-3 tahun dijodohkan dengan betina muda berusia 8-10 bulan. Bukannya tentu tidak berhasil jodoh karena ada pula sich yang sukses menjodohkan, akan tetapi beberapa masalah tidak berhasil jodoh seringkali diperkirakan karena ketidaksamaan umur yang sangat jauh.

Betina umur dewasa/tua misalnya berusia 2 tahun dijodohkan dengan pejantan muda berusia 8 – 10 bulan. Bisa jadi sang pejantan ciut nyalinya menjadi tidak berani ngawin. Yang betina telah ngejar-ngejar mohon kawin sang pejantan muda justru lari menghindar terus-terusan.

2. Ketidaksamaan Type Burung Kenari

Pejantan Lokal dijodohkan dengan Betina F1 atau demikian sebaliknya. Juga bisa pejantan YS dijodohkan dengan betina lokal. Karena ketidaksamaan type burung kenari berikut seringkali memperlama/menyulitkan proses perjodohan. Pejantan Lokal dijodohkan dengan betina AF atau demikian sebaliknya. Tidak semua perjodohan antar type burung kenari tentu tidak berhasil jodoh, beberapa peternak ada pula yang sempat sukses.

3. Ketidaksamaan Ras Burung Kenari

Pejantan York Sire dijodohkan dengan betina Gloster atau WaterSlagger, Pejantan American Singer dijodohkan dengan Spanish Timbrado. Ketidaksamaan ras burung kenari ini pasti memerlukan ketelitian serta pengalaman kita dalam mnjodohkan karena semasing ras mempunyai karakter sendiri yang unik serta berlainan.

4. Ketidaksamaan Warna Bulu Burung Kenari

Jika cocok bisa burung kenari pemilih, wah repotnya mohon ampun. Betina warna kuning dijodohkan dengan pejantan warna merah (red intensive) Betina warna putih dijodohkan dengan pejantan Starblue
Terkadang betina pemilih ini mesti digonta-ganti pasangan sampai seringkali supaya temukan yang pas di hatinya. Pejantan yang sewarna cuma salah satunya langkah saja supaya cepat jodoh.  Beberapa peternak banyak pula yang sukses mengawinsilangkan burung kenari dengan warna yang berlainan.

5. Ketidaksamaan Kisah Perkawinan

Betina pernah produk (bertelur/beranak) dijodohkan dengan pejantan perjaka alias tidak pernah ngawin, atau demikian sebaliknya. Umumnya agak alami kesusahan, lebih gampang menjodohkan betina pernah produksi dijodohkan dengan pejantan pernah ngawin. Betina siap tembean (tidak pernah produk) dijodohkan dengan pejantan muda (tidak pernah ngawin). Ini dapat perlu kesabaran kita dalam menjodohkan.

6. Salah Satu atau Ke-2 Burung Kenari Menanggung derita Sakit

Burung kenari menanggung derita sakit demam/influenza, tipus, ashma/paru-paru, sakit tulang, lumpuh, sakit mata, serta penyakit serius yang lain. Beberapa penyakit ini jelas akan begitu mengganggu/menghalangi proses perjodohan. Lha, bagaimana mereka ingin kawin jika tubuh saja susah digerakkan. Boro-boro ingin kawin, sebatas ingin makan/minum saja sulitnya mohon ampun.

7. Salah Satu atau Ke-2 Burung Kenari Menanggung derita Kelainan

Misalnya burung kenari kita menanggung derita kelainan hormonal, seperti tidak alami birahi atau kelainan jaringan indung telur semenjak piyik (aspek karakter). Burung kenari alami kelainan genetik, misalnya betina tapi dapat ngriwik seperti jantan. Atau pejantan tapi senang mendekam di sarang seperti ingin bertelur, dll.

Burung kenari menanggung derita masalah jiwa(psikopat), misalnya betina yang menyukai mengoyak-oyak pasangannya/kanibalisme atau demikian sebaliknya pejantan yang menyukai membunuh pasangannya.

Beberpa Solusi Yang Mungkin Dapat Membantu Proses Penjodohan kenari Dapat berlangsung Dengan Cepat :

  • Upayakan ketidaksamaan usia ke-2 pasangan hampir sama.Juga kita jauhi berusia sama. Yang sangat afdol ialah usia pejantan dikit lebih tua dari si betina.
  • Kita jodohkan burung kenari yang sejenis sama. Misalnya Betina Lokal dengan pejantan Lokal, betina AF dengan pejantan AF, betina F1 dengan pejantan F1,dll.
  • Lebih gampang menjodohkan burung kenari betina YS dengan pejantan YS, betina gloster dengan pejantan gloster,dll.
  • Spesial betina/pejantan pemilih wajar dicoba dijodohkan dengan betina/pejantan yang warna bulunya sama.
  • Bertambah cepat proses perjodohan pada pejantan sempat ngawin dengan betina pernah produk(bertelur).
  • Supaya perjodohan berjalan lebih lancar yakinkan kesehatan ke-2 pasangan burung kenari.
  • Burung kenari yang menanggung derita kelainan genetika, kelainan jiwa atau kelainan hormonal bila masih tetap dapat dirawat/sembuh masih tetap wajar dijaga. Tapi yang telah babak kronis/kronis lebih baik di gantikan dengan calon indukan yang baru.

Semoga bermanfaat. Baca lagi : ciri kenari birahi dan ciri kenari siap dikawinkan

Penyebab Burung Kenari Tidak Berjodo | admin | 4.5