Perawatan Burung Kenari Musim Hujan

Siapa yg tidak mengetahui burung kenari, burung kecil berwarna kuning ini begitu populer. Burung ini populer dengan nada kicauannya, seringkali beberapa burung ini diperlombakan. Masuk musim penghujan, kalian beberapa peternak ataupun pemelihara burung kenari mesti lebih waspada. Karna cuaca hujan kadang-kadang ekstrim serta dapat buat burung kenari rawan pada penyakit bahkan juga dapat wafat. Pasti kalian tidak mau nika burung kenari kalian sakit bahkan juga wafat ketika musim hujan bukan? Tersebut 10 langkah menjaga burung kenari pada musim hujan.

1. Jauhi Terserang Air Hujan Langsung

Butuh kalian cermati ketika menggantung sangkarnya. Apakah kalian menggantungnya di dalam ruang atau diluar. Bila pada musim kemarau dan waktu matahari bercahaya, bukanlah problem bila kalian menggantungnya diluar. Meskipun kalian tetaplah mesti memerhatikannya agat sangkar tidak terserang angin segera. Seperti meletakannya pada jendela, dimuka kipas angin, bahkan juga dimuka lubang udara. Terlebih bila pada musim penghujan, letakan sangkar pada tempat teduh serta kering

Meskipun simpel, namun hal semacam ini sering diabaikan oleh beberapa orang. Walau sebenarnya air hujan dan cuaca yang dingin dapat menyebabkan fatal untuk burung kenari. Karna dengan kaliam membiarkan sangkar kenari ada pada ruang yang dapat terserang hujan dan angin kencang dapat buat burung kenari jadi rawan beragam penyakit yang beresiko.

(baca juga : kesalahan perawatan kenari yorkshire)

2. Jauhi Angin Dingin langsung

Siapa katakan angin dingin cuma dapat buat manusia sakit. Hal semacam ini juga berlaku pada burung ataupun hewan yang lain. Meskipun mereka mempunyai bulu, tapi belum juga pasti bulu mereka dapat buat mereka tetaplah hangat. Karenanya, begitu perlu untuk melindungi supaya sangkar tidak terserang angin dingin dengan segera. Kalian dapat memakai lilin apakah tempat itu terserang embusan angin dingin segera. Hingga burung kenari juga akan terlepas dari kematian yang dikarenakan cuaca yang yang sangat dingin.

 

3. Jemur Pada Waktu Matahari Bersinar

Karema ketika musim penghujan tidak sering dapat rasakan hangatnya matahari. Demikian cuaca tengah cerah tak ada kelirunya untuk menjemur burung kenari diluar ruang. Tapi jangan pernah burung kenari terserang segera cahaya matahari. Karna mungkin mendadak matahari mendadak bercahaya terik. Karna hal semacam ini dapat menyebabkan fatal, bahkan juga mengakibatkan kematian karena serangan heat stroke. Tapi bila alur penjemuran kalian sewaktu saat yang cocok, juga akan memberi banyak faedah buat burung kenari.

Saat yang paling dianjurkan untuk menjemur burung kenari, yakni ketika matahari terbit pada pagi hari dan ketika matahari tenggelam di sore hari.

 

4. Mengawasi tersedianya Air Minum

Satu diantara yang paling kalian cermati waktu musim hujan yaitu keadaan air minum burung kenari. Mengingat burung kenari memiliki metabolisme tinggi hingga mereka dapat mati bila kekurangan air lebih dari 24 jam. Hak ini dapat menyebabkan fatal, karenanya kalian mesti teratur memberi air bersih sehari-harinya. Janganlah lupa untuk buang air yang masih tetap tersisa, karna mungkin air itu telah terkontaminasi. Janganlah juga kalian memberi air yang datang dari keran maupun ledeng, karna memiliki kandungan kaporit. Hingga begitu dianjurkan untuk memberi air mineral berkemasan atau bermerek. Kalian dapat juga memberi mereka air isi ulang, karna telah melalui sistem penyaringan.

 

5. Cermati Ketersedian Pakan Bijian

Makanan paling utama kenari sendiri adalah biji-bijian, karna pas dengan bentuk paruh burung kenari. Hingga kalian mesti memerhatikan ketersediaan biji-bijian sebagai pakan burung kenari. Kalian mesti senantiasa menyediakannya dalam yang jumlah cukup. Jangab lupa untuk ganti biji-bijian pada musim hujan. Karna mungkin pakan bijian yang lama sudab terkontaminasi. Pakan bijian yang baik untuk kenari yaitu canary seed, sniger seed, dan miller. Semakin lebih baik bila kalian memberi pakan bijian dengan mencampurkan ke-3 type bijian itu.

 

6. Memberi Pakan Tambahan

Cuaca yang dingin juga akan buat burung kenari memerlukan makanan yang cukup banyak dibanding waktu cuaca tengah normal. Berlainan perihal lewat cara budidaya burung anis merah. Bila telah begini kalian dapat menaikkan menu makanannya. Tapi janganlah lupa untuk tetaplah melindungi nutrisi pada makanan burung kenari. Jadi beri makanan penambahan yang tetaplah bergizi seperti egg food. Makanan ini begitu kaya protein, yang paling diperlukan oleh burung kenari ketika masa reproduksi dan perkembangan. Janganlah lupa untuk memberi mereka sayuran hijau seperti selada, wortel, brokoli, dan buah-buahan.

 

7. Pemberian Suplemen Vitamin

Ketika kalian memberi burung kenari pakan seperti biji-bijian, egg food, sayuran hijau, dan buah. Pastinya sama juga dengan kalian memberi mereka vitamin yang diperlukan oleh kenari. Tapi pastinya kalian jadi sulit agar bisa mengukur kandungan vitamin yang ada pada makanan.

Sama seperti vitamin, burung kenari juga memerlukan mineral. Ada banyak berbagai macam mineral dari mulai zat besi, kalsium, kalium, magnesium, dan banyak yang lain. Ketika burung kenari kekurangan mineral, burung kenari juga akan alami yang namanya efisiensi mineral menurut macamnya. Bila burung peliharaan kalian kekurangan dua type mineral, burung peliharaan kalian akan alami defisiensi mineral pada dua type mineral itu.

 

8. Melindungi Kebersihan Kandang

Satu diantara 10 langkah menjaga burung kenari pada musim hujan yakni dengan melindungi kebersihan kandang. Kebersihan kandang burung kenari yaitu satu diantara prasyarat perlu bila inginkan burung kenari senantiasa selalu sehat. Yakinkan untuk buang kotoran burung sehari-hari. Yakinkan untuk melindungi wadah pakan dan air minum ketika musim hujan.

Janganlah lupa untuk bersihkan tenggeran burung tiap-tiap satu minggu sekali. Mengingat tenggeran jadi tempat berdasar burung, seringkali kotoran dan sisa pakan turut melekat pada tempat tenggeran.

 

9. Cermati Serangan Kutu atau Tungau

Berhati-hatilah senantiasa dengan serangan parasit, karna dapat menyebabkan fatal bila sampa populer. Terlebih ketika musim penghujan, kandang semakin lebih lembab dari umumnya. Serangan parasit berbentuk membunuh perlahan, baik parasit dari pada badan maupun yang datang dari luar badan. Bahkan juga burung kenari dapat juga terserang tungau kaki. Meskipun tidak sering mengakibatkan kematian, tetaplah saja tungau pada kaki burung kenari dapat buat burung jadi cacat.

Untuk menghindar serta menyembuhkan serangan parasit yang datang dari luar, kalian dapat menggunakan obat seperti Fresh Aves.

 

10. Teratur Membereskan Kuku

Mungkin saja terlihat sepele, tapi kebersihan kuku jugalah perlu. Salah nya ialah teratur membereskan kuku burung kenari yang sudah berumur setahun. Terlebih buat kalian yang punya niat jadi penangkar, tambah baik untuk memotong kuku burung kenari. Supaya tidak menyakiti lawan macamnya ketika sistem pengawinan.

Perawatan Burung Kenari Musim Hujan | admin | 4.5