Perawatan Kenari Menjelang Lomba Agar Tampil Maksimal

Terkadang kita seringkali bingung untuk perawatan burung kenari kita untuk lomba,karena terkadang kita telah mencontoh serta mengikuti rawatan serta menu pada burung2 kenari yg telah moncer,tetap harus jalan keluar itu tidak berhasil….. saya ingin bertukan pengalaman dengan rekan2 kicaumania mengenai perawatan burung sebelum serta akan lomba burung kenari…. Sebetul nya kesulitan itu menurut saya karena setiap personal kenari membutuh kan perawatan yg berlainan,karena berlainan juga ciri-ciri karakter dari kenari tsb. hanya ada banyak yg hampir serupa (tetapi masih saja berlainan dalam persiapan/perawatannya).

erta yg terpenting menurut saya hafali lah dahulu karakter serta ciri-ciri burung kenari momongan kita. (umumnya yang memiliki karakter fighter semakin bagus yakni pada kenari berwarna hijau serta kuning,tetapi tidak tertutup peluang warna2 lainnya bagus juga).

langkah perawatan kenari yang akan di lombakan :

1.mengerti dahulu karakter burung tsb.

2.tes burung tsb dengan rawatan harian.

3.sesudah tahu eksperimen dengan rawatan harian,akan di kenali hasil nya bagaimana….selalu perkiraan kita apakah yg mesti di lebih serta yg mesti di kurangi (fooding).

baca juga : cara merawat kenari yorkshire import dan lokal agar cepat gacor

Itu untuk basic nya, kemudian dikit banyak kita tau mengenai karakter kenari kita karena itu yg akan di buat persiapan lagi ialah :

1.kenali kapan kira2 kenari kita birahi (karena memastikan mental tarung kenari tsb)

2.menahan birahi kenari tsb apa dengan memakai betina atau mungkin dengan seringkali dimandikan atau di drop dengan pakan.

Nah sesudah tau itu baru saya lakukan untuk harian serta akan lomba :

1.setiap pagi kenari di semprot ngembun sampai basah resmi (terkecuali cuaca mendung atau hujan tidak saya kerjakan)

2.jemur kenari tsb sampai kering serta semaksimal ketahanan kenari tsb (setiap kenari berlainan ketahanan badan nya pada cahaya matahari)

3.sekalian di jemur saya tidak memberi pakan cuma air saja.

4.untuk sayuran serta buah saya beri setiap hari (selada/cai sim serta apel)

5.untuk telur saya beri 1 minggu 2x sampai 3x (unutk menahan gemuk serta menahan cepat birahi)

6.hari sabtu,saya tidak menyemprot sampai basah resmi,tapi cukuplah terkena air saja serta di angin2 (tidak di jemur) tetapi jng di simpan ditempat yg dingin.Burung di geser sangkar lomba,menu saya lebih dengan kroto putih dikit saja serta apel/selada.Serta ada yg diberi CEDE ada yg tidak bergantung burung,bgt dengan juga telur ada yg diberi ada yg tidak.

7.hari minggu pagi sebelum pergi lomba,beri apel/selada serta kroto putih dikit saja.

Untuk setting di lapangan :

1.semprot kenari itu ,untuk kebasahan penyemprotan saya lihat birahi kenari tsb,jika agak birahi saya semprot agak basah,jika tidak saya semprot dikit saja (serta lihat cuaca).

2.jemur kenari itu,lantas angin2 kan

3.krodong kenari itu.

4.cabut pakan serta minum kenari sebelum 1/2 season jadwal kenari kita untuk turun ke lomba.

5.untuk penggantangan lihat karakter kenari,menjadi kita dapat tahu apakah ini mesti di gantang diawal atau tengah/akhir.

Nah mungkin saja itu cara2 saya dalam menjaga kenari untuk lomba mudah-mudahan bisa menolong kita dalam menjaga gacoan kenari kita untuk lomba. Jika ada yg salah atau berlainan minta di imbuhkan serta masukan. Baca juga ; berapa lama kenari mabung ??

Perawatan Kenari Menjelang Lomba Agar Tampil Maksimal | admin | 4.5