Perawatan Ternak Burung Kenari Norwich

Kenari Norwich atau Serinus Canaria Domesticus termasuk juga salah satunya kenari import yang cukuplah disukai beberapa pengagum kicaumania. Burung yang aslinya dari kota Norwich di Inggris ini memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya mempunyai harga jual yang tinggi di market. Meski begitu, harga nya yang tinggi tidak menurunkan kemauan orang yang suka pada kicau Burung Kenari untuk berburu di pasar burung yang berada di kota besar.

Burung Kenari Norwich mempunyai kelebihan salah satunya postur tubuhnya bulat serta tebal, panjang seputar 15 – 16 cm, selintas terlihat serupa dengan kenari type Gloster. Warna menguasai umumnya hijau atau kuning. Akan tetapi sekarang banyak warna merah, orange, coklat serta putih. Burung ini dapat memiliki paruh, sayap serta ekor yang termasuk juga kelompok pendek, sedang sisi punggung terlihat lebar serta pendek. Untuk kenari type ini terdiri 2 type yakni kenari jambul serta kenari polos (standard).

Pemberian makanan serta minuman

Burung Kenari suka pada makanan biji-bijian seperti biji kenari serta rape seed. Diluar itu burung ini suka pada type sayuran serta buah-buahan. Type sayuran serta buah-buahan salah satunya seperti wortel, sawi, jagung manis, mentimun, cabe dan lain-lain.

Diluar itu butuh pemberian berbentuk kroto tiap-tiap beberapa waktu sekali. Kadang-kadang dikasihkan telur puyuh yang di rebus yanh juga dikasihkan tiap-tiap beberapa waktu sekali. Bila terlalau seringkali karena itu dapat menyebabkan kegemukan.

Perawatan Burung Kenari Norwich

Burung type ini termasuk juga suka pada sangkar yang lega dengan jumlahnya tangkringan yang tinggi serta ukuran yang berlainan. Ditambah lagi type burung ini suka berkicau pada tangkringan yang tinggi. Begitu pas jika dibuatkan tangkringan yang tinggi.

Ketika kita menempatkan sangkar, sangkar itu diupayakan janganlah diletakkan bersisihan burung berkicau yang lain karena ciri-ciri burung ini pemalu. Burung Kenari jantan jika ditempatkan dalam kandang yang luas dapat dilempatkan dengan type burung yang lain seperti Burung Kutilang dan lain-lain. Akan tetapi diupayakan pada sebuah kandang cuma ada satu ekor burung kenari Norwich. Bila ada 2 pejantan norwich pada sebuah kandang, mereka dapat berkelahi.

Bagaimana prasyarat untuk mengawinkan Burung Kenari Norwich?

Prasyarat mengawinkan Burung Kenari Norwich salah satunya dengan:

  1. Terdapatnya pakan yang cukuplah serta berkualitas
  2. Lingkungan yang tenang serta aman dari predator pengganggu
  3. Mesti di dukung dengan pencahayaan yang cukup
  4. Terdapatnya sangkar spesial perkawinan

Waktu yang baik untuk perkawinan burung saat pagi hari sesudah musim kawin buat burung lainnya berlalu. Burung lainnya masuk bulan kawin pada bulan Desember – April. Biasanya Burung Kenari betina dapat bertelur 3 – 6 butir pada sebuah waktu produksi. Biasanya mereka bertelur satu butir /hari. Sayangnya, mereka tidak termasuk juga burung yang dapat mengerami telurnya sendiri dengan baik. Beberapa penangkar umumnya menitipkan telurnya pada burung type yang lain. Burung yang biasa dititipi umumnya type Burung Kenari Amerika Singer atau Kenari warna Bred.

Semoga bermanfaat, baca juga : macam macam penyakit burung kenari

Perawatan Ternak Burung Kenari Norwich | admin | 4.5