Perbedaan Burung Jalak Kebo Dan Jalak Nias

Burung Jalak kerbau termasuk juga burung favorite ikut tidak hanya Jalak Suren, Jalak bali atau Jalak nias. Akan tetapi di market, burung jalak kerbau termasuk juga burung sangat murah dibanding dengan type burung jalak yang lain. Akan Jalak kerbau biasa di jual dalam kandang ombyokan di harga yang dapat dijangkau yakni seputar 100 s/d 125 ribu rupiah saja. Umumnya pilih burung jalak kerbau dalam kandang ombyokan kita butuh ikut memperbedakan type kelamin burung, apa sejenis kelamin jantan atau betina. Akan tetapi umumnya yang suka kicau burung semakin lebih pilih burung dalam type kelamin jantan.

Ciri-Ciri Fisik Jalak Kebo

 

 

  • Kepala, ekor berwarna abu-abu kehitaman
  • Sayap berwatna hitam serta beberapa helai bulu sayapnya berwarna putih
  • Kaki berwatna kuning, Paruh berwarna kuning, lingkaran matanya berwarna putih kekuning-kuningan.

Baca Juga : Cacing Membawa Penyakit Burung Kenari

Perbedaan Burung Jalak Kebo Jantan dan Betina

Di bawah ini panduan memperbedakan type kelamin burung jalak kerbau. Memperbedakan type kelamin jantan atau betina pada burung jalak dapat diawali dengan lihat beberapa ciri fisik burung jalak kerbau, salah satunya seperti berikut :

  • Jalak kerbau jantan umumnya mempunyai ciri fisik tubuh semakin besar dibanding dengan jalak kerbau betina.
  • Pada jalak kerbau betina kepalanya berupa bundar, sedang kelamin jantan kepalanya condong kotak.
  • Sisi paruh jalak jantan semakin besar serta kuat, sedang betina paruhnya tipis serta pendek.
  • Seperti burung yang lain ikut, pada jalak kerbau jantan ekornya umumnya mengumpul di dalam sedang jalak betina lebih menebar/ngipas.
  • Bila didengarkan kicaunya, jalak kerbau jantan lebih ploong serta cerewet dibanding jalak betina yang kicaunya lebih merdu serta bersuara lebih dalam.
  • Bila beberapa gacormania masih tetap ragu-ragu memastikan type kelamin burung jalak kerbau apa jantan atau betina, jalan keluar yang lebih tepat dapat di kerjakan dengan menggenggam burung serta mengecek sisi kloaka burung jalak kerbau itu.
  • Kloaka burung jalan kerbau jantan umumnya lebih menonjol bila kita raba seperti mengkerucut, bulu-bulu di bagian kloaka ikut lebih sedikit.
  • Sedang ciri kloaka jalak kerbau betina lebih bundar serta bulu-bulu seputar kloaka lebih panjang.

JALAK NIAS

 

 

Jalak Nias kadang juga dikenal menjadi Jalak Tengahan. Perihal ini sebab popularitasnya di antara dua burung. Burung ini lebih popular dibanding dengan Jalak Kebo akan tetapi masih tetap kalah popular dibanding dengan Jalak Suren. Walau mempunyai nama Jalak Nias, akan tetapi asal burung ini tidak dari Nias. Burung Jalak type ini mempunyai persebaran rata di lokasi Asia Tenggara, Afrika, serta Amerika. Di Indonesia sendiri, Jalak Nias suka pada habitat dengan ketinggian seputar 3.000 mdpl di lokasi pegunungan.

Burung type ini dialam bebas termasuk mempunyai potensi reproduksi yang tidaklah terlalu tinggi. Perihal ini sebab Jalak Nias berbentuk monogami atau yang cuma mempunyai 1 pasangan saja. Dengan begitu jika salah satunya mati atau tertangkap dengan automatis reproduksi akan berhenti.
Di alam bebas, jika sudah datang waktu reproduksi, jadi Jalak Nias akan mencari ceruk atau lubang pada pohon besar. Hal tersebut sebab lubang pada pohon besar dipandang lebih aman dari predator. Akan tetapi, dengan ramainya penangkaran jadi berlangsung pergantian gaya hidup.

Baca Juga : Karakter Burung Kenari Berdasarkan Bulu

Ciri-Ciri Burung Jalak Nias

Ciri dari burung jalak nias dapat dilihat dengan detail terpenting dari dominasi bulu berwarna coklat di sekujur badan. Akan tetapi bukan sekedar berwarna cokelat saja, kadang ada bagian-bagian badan yang mempunyai warna bulu hitam, kuning, serta putih. Jadi Anda mesti lebih cermat dalam memastikan type burung satu ini.

Satu karakter jalak nias selanjutnya terdapat dibagian paruh serta kulit mata yang tampak tidak ada bulu berwarna kuning seperti type jalak yang lain. Bukan sekedar sisi paruh saja, dibagian kaki ikut tidak ada bulu berwarna kuning. Penggemar burung jalak dapat lihat sisi kepala sampai tenggorokan jalak nias yang mempunyai corak atau warna abu-abu cukup kehitaman. Nyatanya tidak cuma di bagian tenggorokan saja, dibagian ekor dan ujung sayap ikut mempunyai warna abu-abu kehitaman.

Anda dapat memerhatikan sisi bawah perut dan pantat jalak nias di mana condong berwarna putih dan memiliki panjang badan sampai 23 sampai 25cm. Sesudah memerhatikan beberapa ciri jalak nias, selanjutnya kita akan lihat seperti apakah beberapa ciri dari jalak jantan serta betina yang tentunya berlainan.

Perbedaan Burung Jalak Nias Jantan dan Betina

Karakter jalak nias jantan tampak dari sisi kepala berupa dikit pipih persegi ditambah terdapatnya dikit jambul. Ciri pertama memang gampang dilihat sebab tampak langsung di luar, namun sebagian orang masih tetap salah pilih jalak nias jantan sebab bentuk kepala hampir serupa.

Ciri ke-2 dapat tampak dari suaranya yang lebih gacor atau lebih agresif dibanding jalak nias betina. Buat penggemar burung yang ingin mempunyai jalak nias dengan nada lebih variasi dapat pilih type kelamin jantan. Waktu berkicau, jalak nias jantan akan menganggung-anggukan kepalanya dibarengi sisi jambul sedikit akan mengembang. Sedang dari warna bulunya ikut tampak lebih bercahaya dibanding jalak nias betina.

Karakter jalak nias betina sangat unik di mana sisi kepalanya condong lebih lonjong supaya bundar. Sisi kepala dari jalak betina memang dikit lebih bundar hingga lebih gampang dibedakan. Penggemar burung jalak nias dapat dengar nada jalak nias betina yang lebih monoton tiada banyak macam nada.

Semoga Bermanfaat. Salam Gacor Mania.

Baca Juga : Macam-Macam Penyakit Burung Kenari

Perbedaan Burung Jalak Kebo Dan Jalak Nias | admin | 4.5